10 Alasan Kenapa Kalian Harus Kuliah di ITS

Buat kalian yang ingin kuliah di jurusan saintek tapi masih bingung ingin kuliah di mana, ada baiknya kalian mempertimbangkan untuk kuliah di ITS. Karena ITS merupakan salah satu institut teknologi terbaik di Indonesia, selain ITB.

Sebagai salah satu kampus teknologi tertua di Indonesia, tidak mengherankan kalau ITS merupakan salah satu kampus yang banyak diidamkan oleh para calon mahasiswa. Meskipun peminatnya dari tahun ke tahun tidak sebanyaka peminat Unesa maupun Unair, itu tidak menutupi fakta bahwa ITS merupakan salah satu kampus dengan persaingan paling ketat.

Terbukti, pada SBMPTN 2019 ITS menempati posisi keempat di antara kampus dengan rata-rata nilai peserta SBMPTN tertinggi pada bidang Saintek maupun Soshum. Di bidang Saintek, rata-rata nilai peserta SBMPTN yang diterima di ITS adalah 653,13. Hanya kalah dari ITB (689,75), UI (679,96), dan UGM (659,06). Sementara di bidang Soshum, rata-rata nilai peserta SBMPTN yang diterima di ITS adalah 632,98. Di belakang UI (662,83), ITB (662,64), dan UGM (659,06).

Buat kalian yang masih ragu dan bimbang, berikut ini adalah beberapa alasan kalian wajib memilih ITS sebagai kampus tujuan.

ITS Termasuk 7 Kampus Terbaik di Indonesia

Jika dilihat dari kualitas input, ITS merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Bersaing dengan ITB, UI, dan UGM. Tapi bagaimana dengan penilaian lembaga internasional terhadap ITS? apakah sama baiknya?

Dan jika mengacu pada data dari QS Ranking, ITS merupakan salah satu dari 7 kampus terbaik di Indonesia. Bersama UI, ITB, UGM, IPB, Unair, dan Unpad.

Persaingan Masuk ITS Relatif Lebih Mudah daripada ITB

Diakui atau tidak, ini merupakan salah satu alasan sebagian mahasiswa ITS. Khususnya yang berasal dari Jawa Timur dan sekitarnya. Karena mengingat kualitas ITB dan ITS tidak jauh berbeda, kenapa tidak memilih kampus yang lebih dekat dari rumah saja? Biar bisa lebih sering pulkam di akhir pekan.

Selain anak Jawa Timur, yang beralasan seperti ini biasanya merupakan anak-anak di wilayah Barat (Jabodetabek dan Sumatera) yang ingin kuliah di jurusan teknik, tapi tidak cukup percaya diri untuk bersaing masuk ITB. Akhirnya memilih aman saja dengan memilih ITS yang persaingannya relatif lebih mudah.

Kampus Terbaik di Bidang Perkapalan

Kuliah di ITS
sumber gambar: its.ac.id

Dari sekian banyak kampus negeri dan swasta di Indonesia, ITS merupakan salah satu yang terdepan di bidang perkapalan. Hal itu bisa dilihat dari sebagian besar pekerja di PT. PAL yang merupakan lulusan ITS.

Dan meskipun kini sudah ada banyak kampus negeri yang menyediakan jurusan teknik perkapalan, itu tidak menutupi fakta bahwa ITS merupakan yang pertama kali memiliki jurusan perkapalan. Yakni pada tahun 1960. Ketika pertama kali ITS diresmikan.

Kampus Terbaik di Bidang Robotika

Kuliah di ITS
sumber gambar: its.ac.id

ITS merupakan salah satu kampus yang paling mendominasi pada KRI (Kompetisi Robot Indonesia) dari tahun ke tahun. Terakhir di tahun 2019 ITS berhasil mempertahankan gelar juara umum KRI . Itu membuktikan bahwa kualitas teknik elektro, khususnya robotika di ITS merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Maka dari itu, buat kalian yang berminat mempelajari robotika, wajib hukumnya menjadikan ITS sebagai salah satu kampus tujuan.

Salah Satu Kampus Terbaik di Bidang Permesinan

sumber gambar: its.ac.id

Tidak hanya di bidang perkapalan dan robotika, ITS juga merupakan salah satu kampus yang unggul di bidang permesinan. Terbukti, mobil Sapu Angin yang pertama kali diluncurkan sejak 2009, selalu mampu bersaing di level internasional. Bahkan tahun 2018 kemarin, Sapu Angin kembali menjadi juara di London.

Memiliki Akreditasi A

Kuliah di ITS
sumber gambar: its.ac.id

Akreditasi merupakan salah satu parameter paling mudah untuk menentukan kualitas kampus. Karena ada banyak sekali aspek yang dinilai dalam proses akreditasi kampus. Mulai dari kualitas sarana pra sarana, kualitas dosen, kualitas kurikulum, kualitas manajemen, dan kualitas alumni.

Kuliah di kampus dengan akreditasi A merupakan salah satu modal berharga untuk menghadapi ketatnya persaingan di dunia kerja. Karena tidak jarang ada perusahaan yang sangat selektif dalam memilih karyawan. Dan hanya menerima calon karyawan dari kampus dengan akreditasi A. Untuk lebih yakin lagi, silakan cek sendiri akreditasi ITS di situs resmi BAN-PT.

Gratis Lisensi Resmi Windows Asli, Microsoft Office, Matlab selama Kuliah

Seperti yang kita tahu, windows resmi dan aplikasi office yang resmi itu tidak murah. Office 365 saja jika kita langganan setahun biayanya lebih dari satu juta. Belum lagi windows resmi yang harganya juga jutaan. Belum lagi jika menggunakan aplikasi-aplikasi microsoft yang lain seperti Microsoft Visio. Tentu kita akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli semua lisensi produk tersebut.

Maka dari itu, ITS menjalin kerjasama dengan Microsoft agar para civitas akademia yang ada di ITS bisa menggunakan aplikasi Microsoft tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Dan ini tentu menjadi kabar gembira bagi mahasiswa-mahasiswa yang dananya sangat terbatas. Selengkapnya bisa dibaca di sini dan di sini.

Biaya Hidup yang Terjangkau

Dibandingkan dengan kota besar lain di Indonesia, biaya hidup di Surabaya relatif masih sangat terjangkau. Apalagi di sekitar ITS. Kita akan dengan mudah menemukan warung makan yang menyediakan menu makanan di bawah 10 ribu. Itu pun sudah sekalian minum.

Begitupun dengan biaya hidup lain seperti biaya kos dan biaya laundry. Semuanya masih sangat terjangkau. Kalau kita benar-benar ingin hemat, mencari kos dengan harga di bawah 500 ribu di sekitar ITS masih sangat mungkin. Tapi kalau mau kos yang agak mewah seperti halnya di daerah Jabodetabek pun ada.

Jaringan Alumni yang Kuat

Diakui atau tidak, jaringan alumni merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan di dunia kerja. Khususnya di Indonesia. Sampai sekarang budaya nepotisme dalam dunia kerja itu bukan hanya isapan jempol belaka.

Kita tentu akan lebih nyaman bekerja dengan orang-orang yang sudah kita kenal rekam jejaknya. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau di banyak perusahaan, alumni dari kampus-kampus negeri mendapat tempat khusus. Karena punya kenalan orang dalam itu lebih mudah untuk mendapatkan kesempatan.

Jaringan Kerjasama dengan Kampus Luar Negeri

Salah satu alasan lain kenapa kalian harus kuliah di ITS adalah karena ITS juga menjalin kerja sama campus to campus dengan banyak kampus di luar negeri. Dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa ITS berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri secara khusus dari ITS.

Dan tidak hanya itu, ITS juga membuka kesempatan bagi mahasiswanya untuk double degree dengan kuliah di ITS dan di kampus luar negeri dalam waktu bersamaan. Jadi ini kabar gembira buat kalian yang ingin meraih 2 gelar dalam waktu bersamaan tanpa harus kuliah 8 tahun.

Penutup

Itu tadi beberapa alasan kenapa kalian harus kuliah di ITS. Semoga bisa menjadi sedikit pencerah buat kalian yang sedang bingung mau kuliah di mana. Khususnya yang sudah kelas XII di tahun 2019 ini. Terima kasih sudah berkunjung. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Ahsan

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back to top
%d bloggers like this: