10 Alasan Kuliah di Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan teknik paling tua di Indonesia. Selain Teknik Sipil dan juga Teknik Mesin. Bidang teknik elektro merupakan salah satu bidang yang paling penting dalam perkembangan teknologi dan peradaban manusia dalam 1 abad terakhir. Karena dengan adanya bidang teknik elektro kita jadi bisa punya radio, televisi, satelit, dan yang kemudian berkembang terus menjadi teknologi informasi yanag perkembangannya sangat masif selama 20 tahun terakhir.

Mengingat begitu besarnya peran keilmuan di bidang elektro dalam perkembangan peradaban manusia, tidak mengherankan kalau Teknik Elektro akan terus dibutuhkan. Dan karena itu, Teknik Elektro akan terus diminati.

Dan berikut ini adalah beberapa alasan umum ketika masuk Teknik Elektro.

Ingin Bekerja di BUMN

Alasan Kuliah di Teknik Elektro: Kerja di BUMN
© Istimewa

Sudah bukan rahasia lagi kalau sebagian besar lulusan teknik dari kampus negeri merupakan pegawai BUMN. Khusus untuk lulusan teknik elektro, biasanya BUMN yang menjadi favorit bagi lulusannya adalah PLN dan Telkom. Karena dari segi keilmuan, PLN dan Telkom merupakan yang paling dekat dengan bidang Teknik Elektro.

Selain PLN dan Telkom, lulusan Teknik Elektro juga bisa mengisi berbagai pos yang ada di berbagai BUMN. Khususnya di bidang kelistrikan, kontrol, dan juga telekomunikasi. Karena hampir semua perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidang tersebut untuk menjamin proses bisnis di perusahaan berjalan lancar.

Ingin Mengembangkan Minat dan Bakat di Bidang Fisika

Suka Fisika
© www.clemson.edu

Alasan lain dari mahasiswa Teknik Elektro biasanya adalah karena semasa sekolah lumayan suka Fisika. Memang tidak semua anak Teknik Elektro suka Fisika. Tapi yang suka Fisika biasanya tertarik masuk Teknik Elektro. Sama seperti anak yang suka komputer dan pemrograman pasti tertarik ke Teknik Informatika.

Karena memang sebagian besar materi kuliah di Teknik Elektro itu tidak jauh-jauh dari pengembangan dan penerapan ilmu Matematika dan Fisika. Lalu apakah dengan begitu yang tidak jago fisika tidak boleh masuk Teknik Elektro? boleh saja. Tapi tidak direkomendasikan karena dikhawatirkan tidak cocok dan merasa terbebani selama menjalani perkuliahan.

Pilihan Konsentrasinya Luas

Pilihan Konsentrasi Teknik Elektro
© www.itweb.co.za

Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan yang bidang keilmuannya sangat luas. Mulai dari kelistrikan, sistem kendali, telekomunikasi, elektronika, robotika, bahkan sampai teknik komputer semuanya dipelajari di Teknik Elektro. Jadi, buat kalian yang masih belum punya tujuan yang spesifik, masuk Teknik Elektro bisa jadi pilihan yang pas. Karena kalian baru akan diwajibkan untuk memilih konsentrasi di tahun ketiga kuliah. Kecuali di ITB, biasanya penjurusan dilakukan di tahun kedua. Sementara di tahun pertama materi perkuliahan semuanya sama pada level fakultas.

Lapangan Kerjanya Luas

Alasan Kuliah di Teknik Elektro: Lapangan Kerja Luas
© gooduniversities.com.au

Karena konsentrasi Teknik Elektro memang sangat luas, tidak mengherankan kalau kemudian lapangan kerjanya juga sangat luas. Mulai dari pegawai BUMN, pegawai perusahaan multinasional, peneliti, dosen, PNS, bahkan jadi entrpreneur di bidang teknologi bisa dilakukan oleh lulusan Teknik Elektro. Maka dari itu, jika kesempatan kerja setelah lulus merupakan salah satu hal yang penting buat kalian, tidak ada salahnya untuk kuliah di Teknik Elektro.

Gaji yang Lumayan Besar

Alasan Kuliah di Teknik Elektro: Gaji yang Besar
© www.forbes.com

Untuk masalah gaji, hampir semua lulusan Teknik Elektro itu mempunyai gaji yang lumayan besar. Setidaknya jauh di atas UMK/UMR. Karena gaji seringkali berbanding lurus dengan besarnya tanggung jawab dan kompetensi. Dan seperti yang kita tahu, lulusan Teknik Elektro di perusahaan biasanya memegang peran yang sangat vital. Yakni di bidang rekayasa kelistrikan, kontrol, dan telekomunikasi perusahaan.

Baca Juga: 10 Alasan Kuliah di Jurusan Arsitektur

Ingin Belajar Robotika

Alasan Kuliah di Teknik Elektro: Ingin Belajar Robotika
© www.its.ac.id

Robotika merupakan salah satu teknologi yang baru berkembang pesat sejak 10 tahun terakhir. Meskipun di beberapa kampus, robotika seringkali disandingkan dengan jurusan teknik instrumentasi atau berdiri sebagai jurusan sendiri, robotika sebenarnya sangat dekat dengan jurusan Teknik Elektro. Karena dalam robot ada beberapa instrumen seperti listrik, sistem kontrol, dan juga telekomunikasi. Yang semuanya merupakan materi-materi yang dipelajari di jurusan Teknik Elektro.

Ingin Mengembangkan Internet of Things

Internet of Things
© velocityglobal.com

Internet of Things merupakan kombinasi antara keilmuan di bidang teknik elektro dan informatika. Karena Internet of things terdiri dari 2 instrumen utama. Perangkat lunak dan perangkat keras. Perangkat lunak di IoT biasanya dikembangkan oleh anak Teknik Informatika. Sementara untuk perangkat kerasnya biasanya dikembangkan oleh anak Teknik Elektro. Jadi, buat kalian yang tertarik mempelajari IoT, tidak ada salahnya memilih jurusan Teknik Elektro. Selain Teknik Informatika tentunya.

Ingin Mengembangkan Energi Ramah Lingkungan

Mengembangkan Energi Ramah Lingkungan
© www.powergenadvancement.com

Salah satu keilmuan yang dipelajari ketika kuliah di Teknik Elektro adalah kelistrikan. Electric Power Generation, Transmission and Distribution, Power Electronics, Power Quality, Power Economic, FACTS, Renewable Energy, Electric Traction, Electromagnetic Compatibility, Electrical Engineering Materials, High Voltage Insulation Technologies, High Voltage Apparatuses, Lightning Detection and Protection, Power System Analysis, SCADA, Electrical Measurements adalah beberapa istilah yang akan kalian temukan ketika mengambil konsentrasi kelistrikan. Dan karena pengetahuannya seputar tenaga listrik sangat mendalam, lulusan Teknik Elektro berpotensi untuk mengembangkan sumber energi listrik yang lebih ramah lingkungan.

Ingin Menjadi Peneliti/Ilmuwan

Peneliti/Ilmuwan Teknik Elektro
© www.forbes.com

Kalau kalian tidak asing dengan profil ilmuwan-ilmuwan terkemuka di dunia seperti Thomas Alfa Edison, Nikola Tesla, Heinrich Hertz berarti kalian memang punya ketertarikan kepada dunia Elektro. Dan jika kalian sangat terinspirasi oleh cerita kehidupan mereka dan ingin mengikuti jejak mereka menjadi penemu di bidang Elektro, maka jalan terbaiknya adalah dengan mengambil studi di jurusan Teknik Elektro.

Kesempatan Melanjutkan Pendidikan ke Jepang, Amerika, dan Eropa

S2 Teknik Elektro di Jepang, Eropa, atau Amerika
© robohub.org

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah impian banyak orang. Karena ada banyak sekali kesempatan dan pengalaman yang akan kita dapatkan ketika menempuh pendidikan di luar negeri. Dari banyaknya negara tujuan pendidikan ke luar negeri, Jepang, Eropa, dan Amerika adalah tujuan yang paling umum. Jika kalian punya impian untuk menempuh pendidikan di Jepang, Eropa, dan Amerika, ada banyak sekali kampus yang menawarkan program S2 dan S3 di bidang Teknik Elektro. Dan karena itu, salah satu cara paling efektif untuk bisa diterima adalah dengan menempuh pendidikan S1 di bidang yang sama.

Ahsan

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back to top
%d bloggers like this: