KuliahProspek Kerja

10 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan

5 Mins read

Kuliah merupakan salah satu momen yang paling penting dalam hidup. Karena begitu pentingnya masa kuliah, hampir semua calon mahasiswa selalu hati-hati dalam memilih jurusan. Karena memilih jurusan tidak hanya berarti hanya memilih bidang keilmuan yang ingin didalami selama masa perkuliahan. Tapi lebih jauh dari itu, memilih jurusan secara tidak langsung juga berarti memilih peluang yang ingin didapatkan ketika lulus kuliah. Dan buat kalian yang ingin punya banyak kesempatan selepas lulus kuliah, berikut ini 10 jurusan paling menjanjikan di masa depan.

10. Jurusan Sastra Inggris

Jurusan dengan Prospek Paling Menjanjikan: 10. Sastra Inggris

Jurusan sastra inggris adalah salah satu jurusan yang sepi peminat tapi memiliki prospek yang cukup menjanjikan di masa depan. Karena penguasaan bahasa asing merupakan salah satu kunci di era globalisasi seperti sekarang ini. Ada banyak sekali peluang yang bisa kita dapatkan dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik.

Dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik, kalian bisa berkesempatan untuk menjadi penulis atau penerjemah, tour guide, tenaga pengajar, ekspor-impor, atau bisa juga menjadi staf di kedutaan. Selain itu, dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik kalian bisa berkesempatan untuk mengikuti student exchange, international forum, atau bisa juga berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri.

Atau jika kalian sudah ahli bahasa Inggris dan ingin mendalami bahasa lain, tidak ada salahnya juga untuk memilih Sastra Perancis, Sastra Jerman, Sastra Cina, Sastra Rusia, Sastra Jepang, maupun Korea.

Kelebihan jurusan sastra ini dibandingkan jurusan lain adalah kalian juga bisa membuat konten seputar bahasa yang kalian pelajari. Sehingga memungkinkan kalian untuk mendapatkan uang saku tambahan sejak masih di bangku perkuliahan.

9. Jurusan Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri

Secara umum, jurusan Teknik Industri merupakan jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk mengolah sebuah industri agar bisa beroperasi secara produktif, efektif dan efisien. Jadi di jurusan Teknik Industri kalian tidak hanya mempelajari ilmu teknik saja, tetapi juga ilmu manajemen dan pemasaran.

Mengingat begitu lengkapnya keilmuan yang dipelajari, tidak mengherankan kalau peluang kerja lulusan Teknik Industri sangat luas. Lulusan Teknik Industri sangat mampu untuk bekerja hampir di semua bidang. Baik itu industri produksi maupun jasa. Karena semua industri membutuhkan quality control dan manajemen. Jadi, buat kalian yang ingin punya prospek yang menjanjikan di masa depan, kuliah di jurusan Teknik Industri adalah salah satu jalannya.

8. Jurusan Teknik Sipil

Jurusan dengan Prospek Paling Menjanjikan: 8. Teknik Sipil

Teknik sipil merupakan salah satu jurusan kuliah dengan prospek yang menjanjikan dari masa ke masa. Selama ada pembangunan, selama itu pula lulusan jurusan Teknik Sipil akan terus dibutuhkan. Karena di Teknik Sipil kalian akan mempelajari bagaimana membuat struktur sebuah bangunan yang kokoh, ekonomis dan efisien. Ruang lingkup tugas teknik sipil juga mengawasi aktivitas dan kinerja keseluruhan dari orang-orang yang terlibat dalam proses pengerjaan proyek pembangunan.

Pembangunan merupakan bidang yang akan terus ada sepanjang sejarah manusia. Karena kebutuhan tempat tinggal, tempat industri, infrastruktur transportasi, akan selalu ada dari zaman ke zaman. Dan semakin meningkat kesejahteraan suatu bangsa, maka pembangunannya pun juga akan mengalami peningkatan. Jadi, kalian tidak perlu khawatir tidak punya lapangan kerja sebagai seorang lulusan teknik sipil.

7. Jurusan Arsitektur

Jurusan dengan Prospek Paling Menjanjikan: 7. Arsitektur

Secara umum, peluang dan prospek kerja lulusan Arsitektur tidak jauh berbeda dengan lulusan Teknik Sipil. Yang membedakan hanya pada implementasinya. Jika lulusan Teknik Sipil lebih fokus pada grand design sebuah bangunan, maka lulusan Aristektur yang akan fokus pada detail dan estetika dari bangunan itu sendiri.

Kabar baiknya, ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Begitupun dengan pendapatan per kapita masyarakatnya. Dan ini adalah peluang bagi para arsitek. Karena semakin banyak kebutuhan tempat tinggal yang estetis dan desain interior yang unik. Baik untuk hunian, restoran, hotel, maupun perkantoran.

6. Jurusan Psikologi

Jurusan dengan Prospek Paling Menjanjikan: 6. Psikologi

Psikologi adalah salah satu jurusan paling populer di Indonesia. Dalam beberapa edisi SNMPTN dan SBMPTN 3 tahun terakhir, peminat jurusan ini selalu mengalami peningkatan. Fokus dari jurusan psikologi adalah mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia. Yang kemudian dalam implementasinya bisa diaplikasikan ke dalam berbagai macam bidang.

Banyak yang beranggapan bahwa jurusan psikologi hanya membawamu menjadi seorang psikolog saja. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena dengan bekal ilmunya untuk mempelajari kepribadian dan interaksi antar manusia, lulusan psikologi sangat cocok untuk menjadi pegawai di bidang sumber daya manusia, HRD (Human Resources Development), konsultan pendidikan, RND (Research and Development), maupun sebagai psikolog. Selama ada interaksi antar manusia dalam perusahaan, selama itu pula peran seorang psikolog akan tetap dibutuhkan.

5. Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang akan selalu dibutuhkan dari masa ke masa. Karena tidak ada satupun perusahaan yang tidak membutuhkan laporan keuangan. Apalagi di zaman seperti sekarang ketika pemerintah semakin menggalakkan pajak bagi para pelaku industri. Sehingga peran seorang akuntan menjadi semakin vital. Karena dengan kemampuannya, para lulusan akuntansi sangat mampu untuk menjadi konsultan pajak bagi perusahaan.

Tanpa perencaan dan manajemen keuangan yang baik, sebuah perusahaan tidak akan bisa bertahan lama. Maka dari itu, buat kalian yang berminat untuk kuliah di jurusan dengan masa depan yang cerah, maka jurusan Akuntansi adalah salah satunya. Karena akuntansi dibutuhkan oleh semua bidang perusahaan.

Selain itu, biasanya lulusan akuntansi akan ditempatkan di bagian keuangan perusahaan. Jadi, seringkali gajinya juga lebih tinggi dibandingkan yang bekerja di bagian lain. Karena tanggung jawab untuk mengurusi keuangan itu sangat besar. Karena menyangkut hidup matinya sebuah perusahaan.

4. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan hukum merupakan salah satu jurusan yang selalu menjadi daftar teratas sebagai jurusan paling diminati di Indonesia. Salah satu alasan kenapa jurusan yang satu ini peminatnya selalu banyak adalah peluang dan prospek lulusannya yang sangat luas. Karena semua perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidang legal formal yang menyangkut kerjasama antara perusahaan dengan pihak lain.

Selain bekerja sebagai tenaga ahli di perusahaan, peluang bagi lulusan Ilmu Hukum juga sangat terbuka lebar di luar perusahaan. Karena ada banyak sekali lembaga hukum di Indonesia. Baik itu berupa pengadilan maupun kejaksaan. Belum lagi ditambah peluang untuk menjadi seorang pengacara, maupun tenaga ahli di berbagai macam institusi negara. Karena selama ada masalah hukum, maka peluang bagi para lulusan Ilmu Hukum akan terus ada.

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan yang secara keilmuan dan peluang kerja paling luas. Karena komunikasi itu bisa bermacam-macam bentuk dengan menggunakan bermacam-macam medium.

Salah satu alasan kenapa jurusan Ilmu Komunikasi banyak dibutuhkan adalah karena semakin berkembangnya media. Kalau dulu media hanya dikuasai oleh media cetak dan media layar kaca, kini media semakin beragam bentuknya.

Selain itu, pada prakteknya Ilmu Komunikasi dapat diimplementasikan dalam berbagai macam bidang. Tidak hanya terbatas pada media saja. Dengan kemampuan dan keilmuannya, seorang lulusan Ilmu Komunikasi bisa saja menjadi seorang copywriter, penulis, penulis naskah, penulis skenario, desainer grafis, fotografer, videografer, content creator, dan lain sebagainya.

2. Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran

Bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang akan terus ada seiring dengan perkembangan kehidupan manusia. Maka dari itu, jurusan kedokteran akan menjadi salah satu jurusan yang tidak akan pernah kehabisan peluang kerja dan akan selalu menjadi jurusan kuliah dengan prospek yang menjanjikan dari masa ke masa.

Apalagi ditambah dengan perkembangan teknologi alat kesehatan yang terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Sehingga menjadikan ilmu kedokteran selalu mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Untuk kuliah di kedokteran sendiri, kalian harus rajin membaca. Karena untuk menjadi seorang dokter yang baik, kalian harus menguasai teori kedokteran yang sebagian besar berasal dari buku dan jurnal hasil penelitian para dokter sebelumnya. Selain itu, kalian juga harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Karena para dokter terikat dengan sumpah profesi.

Meskipun tanggung jawabnya begitu besar, kabar baiknya sampai saat ini belum pernah ada lulusan kedokteran menjadi pengangguran. Bahkan lebih dari itu, jarang sekali ada dokter yang hidupnya secara ekonomi kekurangan. Itulah alasan mengapa kedokteran dianggap sebagai salah satu jurusan kuliah terbaik dengan prospek yang cemerlang. Mulai dari dulu, sekarang, bahkan sampai masa mendatang.

1. Ilmu Komputer / Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika

Perkembangan teknologi yang sangat pesat selama 2 dekade terakhir melahirkan banyak sekali peluang. Mulai dari pembuatan website, pembuatan aplikasi, pembuatan game, keamanan jaringan, kecerdasan buatan, dan masih banyak lagi peluang lain yang lahir oleh perkembangan teknologi informasi.

Meskipun harus diakui di Indonesia sendiri, lulusan teknik informatika atau ilmu komputer masih kurang dihargai. Salah satunya karena di teknologi informasi di Indonesia masih menjadi supporting system, bukan menjadi core business.

Tapi meskipun begitu, kalian tidak perlu khawatir. Karena di Indonesia sekarang sudah mulai ada banyak startup yang sangat menghargai lulusan teknik informatika. Meskipun jumlahnya masih terbatas. Selain itu, kalian juga bisa berkarya dengan membuat aplikasi atau game untuk kalian pasarkan sendiri sebagai intelectual property kalian.

Dan jika itu juga belum cukup, ada banyak sekali peluang kerja lepas (freelance) sebagai app developer. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Jadi sebagai lulusan teknik informatika atau ilmu komputer kalian tidak perlu khawatir masalah kerja. Kuncinya satu, skill yang mumpuni.

Itu tadi daftar 10 jurusan kuliah dengan prospek menjanjikan di masa depan. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.

107 posts

About author
Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.
Articles

Leave a Reply

%d bloggers like this: