);

10 Jurusan Paling Diminati di UI pada SBMPTN 2018

Seperti yang kita ketahui, UI merupakan salah satu kampus idaman semua calon mahasiswa. Hampir semua calon mahasiswa pasti berminat untuk masuk UI kalau memang punya kesempatan. Sejarah dan prestasi para lulusan UI menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon mahasiswa untuk bisa kuliah di sana. Di tahun 2018 kemarin, setidaknya ada lebih dari 97.000 orang yang bersaing untuk masuk UI melalui jalur SBMPTN. Belum lagi yang bersaing melalui jalur-jalur lain, bisa dipastikan ada lebih darai 100.000 orang yang ingin masuk UI pada tahun 2018.

Dari dulu sampai sekarang, UI memang selalu menjadi salah satu kampus favorit di Indonesia. Bahkan mungkin yang terfavorit. Maka dari itu, buat kalian yang ingin masuk UI melalui jalur SBMPTN, kalian harus tahu secara detail peta persaingan yang ada. Bagi kita yang sudah pernah mengikuti SBMPTN tentu akan sangat paham bahwa mengetahui tingkat persaingan adalah salah satu strategi untuk lolos SBMPTN. Karena tentu saja tidak ingin mencoba masuk jurusan yang sudah jelas-jelas jauh dari jangkauan kita. Oleh karenanya, penting mempertimbangkan jumlah peminat jurusan yang akan kita pilih sebelum memutuskan untuk memilih kampus dan jurusan.

Meskipun di saat yang sama kita tidak bisa mengetahui jumlah pasti peserta SBMPTN di masing-masing jurusan sampai pelaksanaan SBMPTN berakhir, tapi setidaknya kita bisa melihat jumlah peminat jurusan di tahun sebelumnya sebagai bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah 10 jurusan atau program studi (prodi) di Universitas Indonesia yang paling banyak diminati pada SBMPTN 2018 kemarin.

 1. Ilmu Hukum

Di peringkat pertama jurusan paling banyak diminati di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Ilmu Hukum. Kalau melihat prospek kerjanya yang bagus, tidak mengherankan jika jurusan Ilmu Hukum UI banyak diminati oleh peserta SBMPTN 2018. Apalagi jika melihat fenomena Hotman Paris dengan gaya hidupnya yang begitu mewah, tentu semakin banyak orang yang akan tertarik untuk mengikuti jejaknya sebagai praktisi hukum.
Kampus Fakultas Hukum Universitas Indonesiasumber gambar: http://law.ui.ac.id/v3/profil/

Jumlah Peminat Jurusan Ilmu Hukum UI pada SBMPTN 2018

Peminat Ilmu Hukum UI pada SBMPTN 2018 total ada 4.568 orang. Meningkat sekitar 271 orang dibanding tahun 2017. Dan buat kalian yang belum tahu, peminat Ilmu Hukum UI ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jadi, buat kalian yang memang berminat untuk masuk Ilmu Hukum UI melalui jalur SBMPTN, persiapkan semuanya dengan baik. Karena saya yakin di tahun ini pun kalian harus bersaing dengan lebih dari 4.500 orang untuk masuk Ilmu Hukum UI.

2. Ilmu Psikologi

Jujur, saya sendiri kaget ketika melihat jurusan Ilmu Psikologi menempati posisi kedua sebagai jurusan yang paling diminati di UI pada SBMPTN 2018. Karena selama ini, yang kami tahu jurusan favorit itu tidak jauh-jauh dari jurusan Akuntansi, Hukum, Kedokteran, dan Teknik. Karena secara peluang kerja, jurusan-jurusan tersebut peluang kerjanya lebih luas dibandingkan jurusan Ilmu Psikologi. Tentu ini bisa menjadi sebuah kajian yang menarik bagi kalian yang nanti kuliah di jurusan Ilmu Psikologi. Kira-kira apa yang melatarbelakangi banyaknya peminat jurusan yang satu ini.

Jumlah Peminat Jurusan Ilmu Psikologi UI pada SBMPTN 2018

Peminat jurusan Ilmu Psikologi UI pada SBMPTN 2018 ada 4.271 orang. Mengalami peningkatan dari tahun 2017 yang berjumlah 3.843 orang. Meneruskan tren peningkatan jumlah peminat dari tahun 2016. Jadi, buat kalian yang berminat untuk masuk Ilmu Psikologi UI pada SBMPTN 2018, kalian harus memastikan bahwa kalian benar-benar siap untuk bersaing dengan lebih dari 4.000 orang.

3. Manajemen

Di tempat ketiga jurusan yang paling banyak diminati di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Manajemen. Buat kita yang sering mengamati proses seleksi mahasiswa baru, tentu tidak kaget jika melihat jurusan yang satu ini masuk dalam 10 besar. Karena sejak sepuluh tahun yang lalu pun jurusan ini berada di 10 besar dengan jurusan-jurusan favorit yang lain seperti Pendidikan Dokter, Akuntansi, dan Teknik.

Jumlah Peminat Jurusan Manajemen UI pada SBMPTN 2018

Peminat jurusan Manajemen UI pada SBMPTN 2018 sendiri ada 3.965 orang. Lebih sedikit jika dibandingkan peminat di tahun sebelumnya yang berjumlah 4.159 orang. Secara umum, jurusan Manajemen UI memang mengalami fluktuasi jumlah peminat. Tapi mengingat jumlah peminatnya masih lebih dari 3.000 orang, jadi alangkah baiknya buat kalian yang memang berminat masuk Manajemen UI melalui SBMPTN mempersiapkan semuanya dengan sebaik mungkin.

4. Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter UI yang merupakan salah satu jurusan favorit sepanjang masa ada di peringkat 4  jurusan dengan peminat paling banyak pada SBMPTN 2018. Meskipun saat ini jumlah dokter di Jawa sudah hampir lebih dari cukup, ternyata peminat jurusan yang satu ini masih sangat banyak. Satu hal yang perlu kalian ketahui, karena jumlah dokter yang semakin banyak ini, bukan tidak mungkin kalian yang baru masuk kuliah di tahun ini ketika lulus nanti akan ditugaskan di daerah-daerah di luar Jawa yang masih kekurangan tenaga medis, khususnya dokter. Jadi, ada baiknya kalian juga mempertimbangkan hal ini sebelum memutuskan masuk di jurusan pendidikan dokter.

Jumlah Peminat Jurusan Pendidikan Dokter UI pada SBMPTN 2018

Di tahun 2018 kemarin, peminat jurusan Pendidikan Dokter UI pada SBMPTN ada 3.955 orang. Lebih sedikit dibandingkan jumlah peminatnya di tahun 2017 yang berjumlah 4.041 orang. Tapi selisihnya tidak banyak. Masih di kisaran seratusan. Jauh jika dibandingkan peminatnya di tahun 2016 yang berjumlah 2.940 orang. Oleh karenanya, meskipun pada tahun kemarin mengalami penurunan, bukan tidak mungkin jumlah peminatnya di tahun ini mengalami peningkatan lagi. Karena seperti yang kita tahu, jurusan Pendidikan Dokter adalah salah satu jurusan favorit di semua kampus di Indonesia.

5. Ilmu Komunikasi

Di peringkat kelima jurusan dengan peminat paling banyak di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Ilmu Komunikasi. Jurusan yang sering disalahpahami dengan jurusan Ilmu Komputer ini memang menjadi salah satu jurusan favorit hampir di semua kampus yang ada jurusan ini. Apalagi dengan semakin berkembangnya internet dan social media yang memungkinkan adanya lapangan pekerjaan baru untuk lulusan jurusan yang satu ini.
Program Studi Ilmu Komunikasi UI

sumber gambar: http://commdept.fisip.ui.ac.id/

Jumlah Peminat Jurusan Ilmu Komunikasi UI pada SBMPTN 2018

Jumlah peminat jurusan Ilmu Komunikasi UI pada 2018 sendiri ada 3.698 orang. Berkurang 102 orang jika dibandingkan peminatnya di tahun 2017. Mengingat penurunan peminat yang sangat sedikit ini, kalian yang berminat untuk masuk jurusan ini harus tetap fokus mempersiapkan tes dengan sebaik mungkin. Karena jika melihat tren yang ada, besar kemungkinan peminat jurusan Ilmu Komunikasi UI pada SBMPTN 2019 ini akan mengalami peningkatan.

6. Akuntansi

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, jurusan yang satu ini merupakan salah satu jurusan favorit di hampir semua kampus di Indonesia. Setidaknya dalam 10 tahun terakhir ini. Dan selama dunia bisnis dan perkantoran masih ada, selama itu pula jurusan ini akan tetap menjadi salah satu jurusan paling diminati di Indonesia.

Jumlah Peminat Jurusan Akuntansi UI pada SBMPTN 2018

Secara umum, peminat jurusan Akuntansi UI pada SBMPTN 2018 ada 3.265 orang. Mengalami penurunan yang cukup lumayan jika dibandingkan peminat di tahun 2017 yang berjumlah 3.563 orang. Tapi yang jelas, persaingan untuk masuk Akuntansi UI melalui SBMPTN akan tetap ketat. Karena jumlah peminatnya saya yakin masih di atas 3.000 orang di tahun ini.

7. Ilmu Hubungan Internasional

Selanjutnya di peringkat ketujuh jurusan yang paling banyak diminati di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Kalau dibandingkan dengan jurusan favorit yang lain, jurusan Ilmu Hubungan Internasional ini sebenarnya baru menjadi favorit beberapa tahun terakhir ini. Persis seperti Ilmu Psikologi.

Jumlah Peminat Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UI pada SBMPTN 2018

Total ada 2.766 orang yang memilih jurusan Ilmu Hubungan Internasional UI pada SBMPTN 2018. Itu artinya jumlah peminatnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari peminat di tahun 2017 yang berjumlah 2.588 orang. Secara umum, jurusan yang identik dengan diplomat, negarawan, duta besar, konsulat jenderal ini memang mengalami peningkatan peminat dari tahun ke tahun. Jadi, buat kalian yang berminat masuk di jurusan Ilmu Hubungan Internasional, persiapkan sebaik mungkin. Karena tren jumlah peminatnya terus mengalami peningkatan. Prediksi saya di tahun ini pun tetap akan naik.

8. Kriminologi

Di peringkat kedelapan jurusan paling banyak diminati di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Kriminologi. Dalam 3 tahun terakhir, jurusan ini mengalami peningkatan jumlah peminat lebih dari 900 orang. Saya sendiri kurang paham apa yang melatarbelakangi lulusan SMA yang semakin berminat untuk belajar kriminologi. Karena setahu saya, lapangan pekerjaannya pun tidak seluas jurusan favorit yang lain.

Jumlah Peminat Jurusan Kriminologi UI pada SBMPTN 2018

Pada tahun 2018 kemarin, tidak kurang dari 2.514 orang memilih jurusan Kriminologi UI ketika SBMPTN. Itu artinya jurusan yang satu ini mengalami peningkatan jumlah peminat yang sangat signifikan. Karena di tahun 2017, jumlah peminat jurusan Kriminologi UI pada SBMPTN masih di bawah 2.000 orang. Jadi, buat kalian yang berminat masuk jurusan ini, persiapkan sebaik mungkin. Karena besar kemungkinan jumlah peminat Kriminologi UI di tahun 2019 ini masih tetap di atas 2.500 orang.

9. Sistem Informasi

Menyusul di peringkat 9 jurusan dengan jumlah peminat paling banyak di UI pada SBMPTN 2019 ada jurusan Sistem Informasi. Secara mengejutkan, jurusan yang satu ini mempunyai peminat yang lebih banyak dibandingkan saudaranya yakni Ilmu Komputer. Tentu ini sebuah fenomena yang sangat menarik. Bisa jadi karena semakin banyak yang paham bahwa secara gelar akademik, lulusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, dan Teknik Informatika itu sama semua, S.Kom. Jadi, daripada susah-susah kuliah di Ilmu Komputer atau Teknik Informatika mending ambil Sistem Informasi. Karena di jurusan Sistem Informasi juga ada materi manajemen.
Fasilkom Universitas Indonesiasumber gambar: http://www.cs.ui.ac.id/index.php/sejarah.html

Jumlah Peminat Jurusan Sistem Informasi UI pada SBMPTN 2018

Peminat jurusan Sistem Informasi UI pada SBMPTN 2018 sendiri ada 2.467 orang. Lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah peminat jurusan yang sama di tahun sebelumnya yang berjumlah 2.254 orang. Meskipun secara umum peminat jurusan Sistem Informasi tidak sebanyak jurusan-jurusan favorit lain yang bisa sampai lebih dari 3.500 peminat, perlu diingat kalau Sistem Informasi itu masuk dalam bidang Saintek. Jadi, materi yang diujikan tentu lebih sulit dibandingkan materi ujian Soshum karena tidak bisa dikerjakan hanya dengan mengandalkan hafalan.

10. Ilmu Komputer

Di peringkat terakhir dalam 10 jurusan paling banyak diminati di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Ilmu Komputer. Kalau lapangan kerja adalah salah satu faktor utama kalian dalam menentukan pilihan jurusan, silakan pilih jurusan yang satu ini. Karena dibandingkan jurusan-jurusan favorit yang lain, lulusan Ilmu Komputer merupakan yang paling luas lapangan kerjanya. Karena hampir semua bidang pekerjaan pasti membutuhkan tenaga ahli di bidang IT.

Jumlah Peminat Jurusan Ilmu Komputer UI pada SBMPTN 2018

Di tahun 2018, peminat jurusan Ilmu Komputer UI melalui jalur SBMPTN ada sebanyak 2.403 orang. Mengalami peningkatan lebih dari 300 orang dibandingkan tahun 2017. Dan besar kemungkinan di tahun ini pun akan mengalami kenaikan yang sama. Karena jika melihat tren jumlah peminat jurusan ini dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Apalagi di zaman sekarang ketika lapangan pekerjaan buat lulusan Ilmu Komputer sangat terbuka lebar. Jadi, buat kalian yang memang berminat untuk masuk jurusan ini, persiapkan diri kalian. Karena kalian akan bersaing dengan sekitar 2.500 orang untuk bisa masuk jurusan ini melalui SBMPTN.

Itu tadi 10 jurusan di Universitas Indonesia yang memiliki jumlah peminat paling banyak pada SBMPTN 2018. Apakah ada di antaranya jurusan yang kamu idam-idamkan? Jika iya, persiapkan semuanya sebaik mungkin, Sob. Karena kalian harus berjuang untuk bisa menjadi salah satu yang terbaik dari ribuan peminat yang ada.

Sekian yang bisa saya sampaikan tentang 10 jurusan di UI yang paling banyak diminati pada SBMPTN 2018. Semoga bermanfaat

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact. Thank you.

3 Comments

  1. […] sebelumnya kita sudah membahas 10 jurusan yang paling banyak diminati di UI pada SBMPTN 2018, kali ini kita akan membahas 10 jurusan yang paling jarang diminati di […]

    Reply
  2. […] sebelumnya saya membahas 10 jurusan dengan jumlah peminat paling banyak dan paling sedikit di UI pada SBMPTN 2018, kali ini saya akan membahas 10 jurusan dengan peluang […]

    Reply
  3. […] sebelumnya saya menuliskan jurusan dengan jumlah peminat paling sedikit, paling banyak, dan jurusan dengan peluang masuk paling besar di UI, kali ini saya akan menuliskan daya tampung, […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *