10 Jurusan yang Paling Jarang Diminati di UI pada SBMPTN 2018

Setelah sebelumnya kita sudah membahas 10 jurusan yang paling banyak diminati di UI pada SBMPTN 2018, kali ini kita akan membahas 10 jurusan yang paling jarang diminati di UI.

Sebagai kampus negeri di Ibukota, daya tarik UI memang tidak perlu diragukan lagi. Setiap tahun ada ratusan ribu lebih calon mahasiswa yang bersaing untuk memperebutkan kursi di sana. UI merupakan salah satu di antara sedikit kampus yang mahasiswanya berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Tidak hanya berasal dari daerah-daerah sekitar lokasi kampus seperti kampus-kampus lain pada umumnya. Daya tarik UI menjadi terlihat lebih jelas ketika kita melihat jumlah peminat jurusan yang ada di UI.

Sebagai gambaran awal, jurusan yang paling tidak diminati di UI pada SBMPTN tahun 2018 jumlah peminatnya masih sejumlah 330 orang. Sedangkan daya tampung yang disediakan untuk jurusan tersebut melalui SBMPTN cuma 20. Artinya, di jurusan yang peminatnya paling sedikit pun, peluang untuk masuknya masih 6%. Artinya dari semua pendaftar SBMPTN di jurusan dengan peminat paling sedikit, sekitar 94% sisanya ditolak. Itu di jurusan paling sedikit peminatnya lho. Jadi, bisa dibayangkan sendiri bagaimana ketatnya persaingan untuk masuk UI.

Tapi meskipun begitu kalian tidak perlu khawatir. Karena jurusan-jurusan yang sepi peminat ini biasanya memang bukan jurusan favorit. Jadi persaingan masuknya pun tidak seketat jurusan-jurusan favorit. Maka dari itu, jika kuliah di jurusan apapun tidak masalah buat kalian, kalian bisa mempertimbangkan jurusan-jurusan dengan jumlah peminat paling minim di UI pada SBMPTN 2018 berikut ini untuk kalian pilih.

#10. Geofisika

Di peringkat kesepuluh jurusan dengan jumlah peminat paling sedikit di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Geofisika. Geofisika yang merupakan bagian dari ilmu bumi yang mempelajari bumi menggunakan kaidah atau prinsip-prinsip fisika. Di dalamnya termasuk juga meteorologi, elektrisitas atmosferis dan fisika ionosfer.

Secara umum, jurusan geofisika bisa dibilang merupakan kombinasi dari jurusan geologi dan jurusan fisika. Dan tentu saja, karena ada fisika di dalamnya jurusan geofisika termasuk dalam kategori jurusan saintek pada SBMPTN.

Kampus FMIPA Universitas Indonesia
Sumber gambar

Jumlah Peminat Jurusan Geofisika UI pada SBMPTN 2018

Pada SBMPTN 2018, jurusan Geofisika diminati oleh 656 orang. Menurun cukup drastis dibandingkan peminat di tahun sebelumnya yang mencapai 802 orang. Buat kalian yang berminat masuk UI melalui SBMPTN, kalian bisa mempertimbangkan jurusan yang satu ini. Karena meskipun peminatnya tidak banyak sebenarnya peluang kerja lulusan Geofisika cukup besar.

#9. Sastra Rusia

Selanjutnya di peringkat kesembilan jurusan yang paling jarang diminati di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Sastra Rusia. Sebagai sebuah negara, Rusia sebenarnya menawarkan banyak kesempatan buat warga asing untuk bisa kuliah dan kerja di sana. Jadi sebenarnya ini kesempatan yang sangat bagus buat kalian yang ingin kuliah sekaligus mengembangkan kemampuan bahasa asing yang tidak umum seperti bahasa Rusia.

Jumlah Peminat Jurusan Sastra Rusia UI pada SBMPTN 2018

Secara umum, jurusan Sastra Rusia UI diminati oleh 646 orang pada SBMPTN 2018. Meningkat pesat dibandingkan jumlah peminatnya pada tahun 2017 yang hanya berjumlah 365 orang. Bisa jadi ini karena semakin banyak orang yang tahu bahwa Rusia merupakan salah satu destinasi untuk melanjutkan studi yang cukup prospektif. Belum lagi jika kita memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin, bukan tidak mungkin kita bisa membuat channel Youtube tentang pengalaman kita selama tinggal dan belajar di Rusia

#8. Arkeologi Indonesia

Di peringkat kedelapan jurusan dengan jumlah peminat paling sedikit di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Arkeologi Indonesia. Secara umum, sangat mengejutkan ternyata jurusan yang fokus mempelajari fosil dan peninggalan sejarah Indonesia ini tidak berada di antara 3 jurusan dengan jumlah peminat paling sedikit. Karena jika melihat prospek dan peluang kerja lulusannya, lapangan kerjanya sangat terbatas.

Jumlah Peminat Jurusan Arkeologi Indonesia pada SBMPTN 2018

Meskipun lapangan kerja lulusannya sangat terbatas, ternyata jurusan Arkeologi Indonesia UI masih diminati oleh 636 orang pada SBMPTN 2018. Meningkat hampir 15% dibandingkan jumlah peminatnya di tahun 2017 yang berjumlah 564. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi kita karena meskipun peluang kerjanya tidak banyak, masih banyak orang yang berminat untuk mempelajari sejarah Indonesia.

#7. Fisika

Selanjutnya di peringkat ketujuh jurusan dengan jumlah peminat paling sedikit di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Fisika. Sebagai salah satu pelajaran yang dianggap sebagai momok oleh sebagian besar siswa SMA, tidak mengherankan jika jurusan Fisika termasuk 10 jurusan yang paling jarang diminati. Meskipun secara umum peluang kerja lulusannya sebenarnya lumayan banyak.

Jumlah Peminat Jurusan Fisika UI pada SBMPTN 2018

Tidak jauh berbeda dengan jurusan Arkeologi Indonesia, jurusan Fisika UI pada SBMPTN 2018 diminati oleh 630 orang. Berkurang 131 orang jika dibandingkan peminat jurusan Fisika UI pada SBMPTN 2017. Berkurangnya minat lulusan SMA pada jurusan Fisika ini sangat mengkhawatirkan. Karena salah satu kunci untuk memajukan sebuat negara adalah dengan memajukan Sains dan Teknologi. Termasuk fisika di dalamnya. Dan tentu ini PR buat semua pegiat pendidikan. Agar menjadikan fisika tidak lagi dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan.

#6. Sastra Perancis

Melanjutkan daftar 10 jurusan dengan jumlah peminat paling sedikit di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Sastra Perancis pada peringkat 6. Sama dengan negara eropa lainnya, peluang untuk bisa melanjutkan studi di Perancis sebenarnya sangat besar. Selain itu peluang kerja sebagai translator bahasa Perancis juga lumayan. Karena tentu jumlah translator bahasa Perancis tidaklah sebanyak translator bahasa Inggris. Jadi tingkat persaingannya ketika sudah lulus tidaklah banyak.

Jumlah Peminat Jurusan Sastra Perancis UI pada SBMPTN 2018

Menduduki peringkat keenam sebagai jurusan dengan jumlah peminat paling sedikit di UI pada SBMPTN 2018, jumlah peminat jurusan Sastra Perancis pada SBMPTN 2018 ada 590 orang. Berkurang hanya 4 orang jika dibandingkan dengan jumlah peminat jurusan Sasatra Perancis UI pada SBMPTN 2017. Itu artinya meskipun secara umum peminatnya tidak sebanyak jurusan-jurusan favorit, jumlah peminatnya relatif stagnan dari tahun ke tahun. Bahkan meningkat jika dibandingkan jumlah peminatnya pada tahun 2016 yang berjumlah 424 orang.

#5. Ilmu Filsafat

Sementara itu, yang menempati peringkat kelima jurusan paling jarang diminati di UI pada SBMPTN 2018 adalah jurusan Ilmu Filsafat. Jurusan yang berfokus mengajarkan cara berpikir dan bernalar yang benar ini secara umum peluang kerjanya memang tidaklah banyak. Salah satu alumni filsafat yang terkenal akhir-akhir ini adalah Rocky Gerung. Selain Rocky Gerung, Dian Sastro juga merupakan alumni jurusan yang satu ini.

Literatur Filsafat
Sumber gambar

Jumlah Peminat Jurusan Ilmu Filsafat UI pada SBMPTN 2018

Pada SBMPTN 2018, peminat jurusan Ilmu Filsafat UI ada 587 orang. Meningkat sedikit dibandingkan peminatnya pada SBMPTN 2017 yang berjumlah 572 orang. Dan meningkat pesat dibandingkan peminatnya pada SBMPTN 2016. Pada SBMPTN 2016, jumlah peminat Ilmu Filsafat UI hanya 380 orang. Jadi, meskipun peminatnya tidak sebanyak jurusan-jurusan favorit, kalian yang ingin kuliah di jurusan yang satu ini harus mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Karena jika melihat tren yang ada, jumlah peminat jurusan Ilmu Filsafat UI pada tahun ini kemungkinan besar akan mengalami kenaikan lagi.

#4. Sastra Belanda

Melanjutkan daftar 10 jurusan paling jarang diminati di UI pada SBMPTN 2018, ada jurusan Sasta Belanda di peringkat keempat. Secara umum, kemungkinan untuk melanjutkan studi di Belanda itu sebenarnya jauh lebih besar daripada di Rusia dan di Perancis. Apalagi di Belanda hampir semua kampus di Belanda menyediakan kelas internasional dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Makanya agak mengagetkan jika peminat jurusan ini kalah bayak dibandingkan peminat jurusan Sastra Rusia dan Sastra Perancis.

Jumlah Peminat Jurusan Sastra Belanda pada SBMPTN 2018

Meskipun menduduki peringkat keempat dalam daftar 10 jurusan dengan peminat paling sedikit di UI pada SBMPTN 2018, nyatanya jurusan Sastra Belanda masih diminati oleh 524 orang. Itu artinya persaingan untuk masuknya pun masih cukup ketat. Tapi jika saya boleh menyarankan, mending Sastra Belanda daripada Sastra Perancis atau Sastra Rusia. Selain bahasanya lebih mudah, peluang untuk melanjutkan studi di Belanda itu jauh lebih besar.

#3. Geologi

Sementara itu, yang menempati peringkat ketiga jurusan di UI dengan jumlah peminat paling sedikit pada SBMPTN ada jurusan Geologi. Agak mengagetkan sebenarnya melihat jurusan Saintek bisa menjadi salah satu dari 3 jurusan dengan jumlah peminat paling sedikit di UI. Karena secara umum, peluang kerja bagi lulusan Geologi cukup banyak dibandingkan jurusan-jurusan sosial seperti Sastra Rusia, Sastra Perancis, maupun Sastra Belanda, misalnya.

Jumlah Peminat Jurusan Geologi UI pada SBMPTN 2018

Total peminat jurusan Geologi UI pada SBMPTN 2018 ada 518 orang. Berkurang lebih dari 50% dibandingkan peminat jurusan Geologi UI pada SBMPTN 2017 yang berjumlah 1046 orang. Tapi jika dibandingkan dengan jumlah peminat Geologi UI pada SBMPTN 2016, jumlah peminat Geologi UI pada 2018 masih lebih banyak. Jadi, secara umum, peminat jurusan yang satu ini mengalami tingkat fluktuasi yang sangat tinggi. Jadi, buat kalian yang memang berminat untuk masuk Geologi UI sebaiknya tidak gegabah dan menganggap enteng hanya karena jumlah peminatnya pada tahun kemarin hanya sekitar 500 orang. Karena bukan tidak mungkin jumlah peminatnya meningkat 2 kali lipat seperti peminatnya pada SBMPTN 2017.

#2. Sastra Cina

Di peringkat kedua jurusan paling jarang diminati di UI pada SBMPTN 2018 ada jurusan Sastra Cina. Ini juga cukup mengagetkan. Bagaimana mungkin Cina yang sekarang menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia, ternyata tidak banyak yang ingin belajar bahasa dan kebudayaannya. Apalagi jika melihat fakta bahwa banyak negara-negara maju yang bahkan mewajibkan adanya kurikulum bahasa Cina agar bisa membuka peluang untuk kolaborasi dan kerja sama antara warga negaranya dengan warga Cina maupun antar perusahaan domestik dan perusahaan Cina. Tentu ini merupakan fenomena yang perlu diteliti lebih lanjut kira-kira apa yang menyebabkan rendahnya minat calon mahasiswa pada jurusan Sastra Cina.

Sastra Cina
Sumber gambar

Jumlah Peminat Jurusan Sastra Cina UI pada SBMPTN 2018

Jurusan Sastra Cina merupakan satu di antara dua jurusan di UI dengan jumlah peminat kurang dari 500 orang pada SBMPTN 2018. Total, hanya ada 447 orang yang memilih jurusan Sastra UI ada SBMPTN 2018. Masih lebih banyak jika dibandingkan peminatnya pada SBMPTN 2017 yang berjumlah 438 orang. Secara umum, jurusan Sastra Cina UI terus mengalami peningkatan jumlah peminat tiap tahunnya mulai dari SBMPTN 2016 sampai yang terakhir SBMPTN 2018. Jadi, kalian yang mau memilih jurusan yang satu ini harus belajar lebih keras lagi. Karena persaingannya semakin ketat dari tahun ke tahun.

#1. Sastra Jawa

Meski menyedihkan, saya sama sekali tidak kaget melihat jurusan Sastra Jawa menjadi pemegang rekor sebagai jurusan di UI dengan jumlah peminat paling sedikit pada SBMPTN 2018. Karena memang peluang kerjanya sangat terbatas. Zaman sekarang sudah hampir tidak ada buku, majalah, atau koran yang menggunakan bahasa Jawa. Website berbahasa Jawa juga sangat jarang. Peluang kerja bagi lulusan Sastra Jawa sepertinya cuma menjadi tenaga pengajar, translator, ataupun content creator (youtuber, blogger, dlsb.). Karena lapangan pekerjaannya memang sangat-sangat terbatas.

Tapi meskipun begitu, bukan berarti lulusan Sastra Jawa tidak punya harapan sama sekali. Karena pada akhirnya, tidak semua sarjana bekerja sesuai jurusan yang diambilnya ketika kuliah. Banyak di antaranya bekerja lintas bidang. Dan tidak jarang ada yang lintas bidangnya sangat jauh sehingga tidak ada kaitan sama sekali antara yang dipelajari di kampus dengan yang dikerjakan ketika sudah bekerja.

Jumlah Peminat Jurusan Sastra Jawa UI pada SBMPTN 2019

Meskipun lapangan pekerjaan bagi lulusanya sangat terbatas, ternyata peminat jurusan Sastra Jawa UI pada SBMPTN berjumlah 330 orang. Masih sangat banyak untuk ukuran jurusan sepi peminat. Apalagi jika melihat fakta bahwa kursi yang disediakan untuk jurusan ini melalui SBMPTN cuma 20 kursi. Jadi, secara umum, peluang untuk masuk jurusan paling sepi peminat di UI pada SBMPTN 2018 adalah sekitar 6%. Itu artinya, jika kalian mendaftar jurusan ini, peluang kalian untuk tidak lolos adalah sebesar 94%. Itulah sedikit gambaran bagaimana ketatnya persaingan untuk masuk UI melalui SBMPTN.

Itu tadi daftar 10 jurusan paling jarang diminati di UI pada SBMPTN 2018. Apakah ada di antaranya jurusan yang kalian idam-idamkan? Atau apakah kalian baru kepikiran untuk memilih jurusan tersebut setelah tahu bahwa jumlah peminatnya tidaklah sebanyak jurusan-jurusan lain di UI?

Untuk melihat daftar lengkap jumlah peminat, daya tampung, dan peluang masuk masing-masing jurusan di UI, silakan baca tulisan berikut.

Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa sedikit memberikan gambaran buat kalian yang sedang bingung menentukan pilihan jurusan.

Ahsan

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

2 thoughts on “10 Jurusan yang Paling Jarang Diminati di UI pada SBMPTN 2018

Leave a Reply

Back to top
%d bloggers like this: