);

10 Kampus Paling Diminati pada SBMPTN 2018

Kampus Paling Diminati 2018

Jika kualitas yang jadi ukuran, hampir semua sepakat kalau 3 kampus terbaik di Indonesia adalah UI, ITB, dan UGM. Tapi jika jika ukurannya adalah jumlah peminat, ternyata UI, ITB, dan UGM bukan merupakan kampus paling banyak diminati pada SBMPTN 2018. Bahkan ITB sendiri tidak masuk dalam 10 kampus paling diminati di Indonesia pada SBMPTN 2018.

Itu berarti, kualitas kampus tidak selalu berbanding lurus jumlah peminat. ITB yang menurut rangking QC Top Universities di peringkat 2, nyatanya jumlah peminatnya cuma sekitar 35 ribuan saja pada SBMPTN 2018. Sangat jauh jika dibandingkan kampus-kampus lain yang jumlah peminatnya bisa sampai 80 ribu bahkan sampai 100 ribu lebih.

Kampus Paling Terkenal tidak Selalu Berarti Kampus Paling Diminati

Kalau ditelusuri lebih lanjut, tentu ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kenapa kampus sebaik ITB jumlah peminatnya hanya 35 ribuan pada SBMPTN 2018. Salah satu faktor tersebut adalah jumlah daya tampung yang disediakan. Karena seperti yang kita tahu, jumlah fakultas yang ada di ITB sangat terbatas. Hanya ada 18 pilihan fakultas yang bisa kita pilih ketika mendaftar di ITB.

Bandingkan dengan UGM, Unpad, atau UB yang menyediakan setidaknya 60 pilihan jurusan untuk dipilih. Selisihnya tentu sangat jauh. Yang jelas, jumlah peminat ini tidak selalu menggambarkan secara pasti persaingan yang ada. Karena persaingan untuk masuk sebuah kampus itu tidak hanya ditentukan oleh jumlah peminat dan jumlah daya tampung saja. Tapi juga oleh nilai ujian para pesertanya.

Bisa jadi yang daftar di ITB cuma sedikit, tapi persaingannya lebih ketat karena rata-rata nilai yang dibutuhkan untuk masuk ITB lebih dari 85 misalnya. Kampus-kampus lain peminatnya mungkin lebih banyak dari ITB. Tapi sangat mungkin nilai rata-rata yang dibutuhkan untuk masuknya lebih rendah daripada yang dibutuhkan untuk masuk ITB. Jadi, sekali lagi, jumlah peminat itu tidak bisa dijadikan satu-satunya parameter mengukur tingkat persaingan masuk.

Selanjutnya kalau ITB yang begitu terkenal saja tidak masuk dalam 10 kampus paling diminati pada SBMPTN 2018, lalu apa saja kampus yang menjadi favorit peserta SBMPTN 2018? ini dia daftarnya.

#10. Universitas Negeri Malang (UM)

Kampus Paling Diminati: #10. UM
sumber gambar

Di peringkat kesepuluh kampus dengan jumlah peminat paling banyak pada SBMPTN 2018 ada Universitas Negeri Malang atau yang biasa dikenal sebagai UM. Kampus yang dulunya bernama IKIP Malang ini merupakan salah satu kampus pendidikan paling terkenal di Jawa Timur. Secara umum, Universitas Negeri Malang merupakan kampus yang fokus memberikan pendidikan bagi calon tenaga pendidik. Jadi, sebagian besar jurusan yang ada di Unversitas Negeri Malang merupakan jurusan yang ada kaitannya dengan pendidikan.

Jumlah Peminat UM pada SBMPTN 2018

Total peminat UM pada SBMPTN 2018 ada sebanyak 52.621 orang. Dengan jumlah peminat sebanyak itu, UM merupakan kampus paling banyak diminati kedua di Jawa Timur setelah Universitas Brawijaya.

#9. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Sementara itu di peringkat kesembilan kampus dengan jumlah peminat paling banyak ada Universitas Jenderal Soedirman yang biasa dikenal dengan Unsoed. Pada SBMPTN 2018, Unsoed hanya membuka 41 pilihan jurusan bagi peserta SBMPTN. Tidak banyak jika dibandingkan kampus lain yang bisa sampai lebih dari 60 pilihan jurusan. Itu berarti persaingan untuk masuk Unsoed pada SBMPTN 2018 lumayan ketat.

Jumlah Peminat Unsoed pada SBMPTN 2018

Jumlah peminat Unsoed pada SBMPTN 2018 sendiri ada 57.954 orang. Dengan jumlah sebanyak ini, Unsoed menjadi salah satu dari 4 kampus di Jawa Tengah yang diminati lebih dari 55 ribu orang.

#8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Kampus Paling Diminati: #8. UNY
sumber gambar

Selanjutnya di peringkat kedelapan kampus paling diminati pada SBMPTN 2018 ada Universitas Negeri Yogyakarta yang biasa dikenal sebagai UNY. Secara umum, UNY hampir sama dengan UM. Sama-sama fokus memberikan pendidikan bagi calon tenaga pengajar di sekolah. Jadi, sebagian besar jurusan yang ada di UNY merupakan jurusan yang terkait pendidikan.

Jumlah Peminat UNY pada SBMPTN 2018

Pada SBMPTN 2018, UNY diminati oleh 60.189 orang. Dengan jumlah sebanyak itu, UNY merupakan salah satu di antara 2 kampus pendidikan yang mempunyai peminat lebih dari 60 ribu. Pada SBMPTN 2018 sendiri, UNY menyediakan 60 pilihan jurusan bagi peserta SBMPTN. Itu artinya, jika dirata-rata, tiap jurusan di UNY diperebutkan oleh lebih dari 1.000 orang. Sangat ketat untuk ukuran kampus pendidikan.

#7. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Di peringkat ketujuh kampus paling diminati pada SBMPTN 2018 ada Universitas Negeri Semarang yang biasa dikenal sebagai Unnes. Kenapa Universitas Negeri Semarang tidak disingkat UNS? Karena UNS sudah menjadi milik Universitas Negeri Sebelas Maret. Secara umum, Unnes merupakan kampus pendidikan terakhir dalam daftar ini. Itu artinya, Unnes merupakan kampus pendidikan yang paling diminati di Indonesia pada SBMPTN 2018.

Jumlah Peminat Unnes pada SBMPTN 2018

Jumlah peminat Unnes pada SBMPTN 2018 ada 60.479 orang. Sekitar 300 orang lebih banyak dibandingkan peminat UNY. Tapi meskipun secara umum peminat Unnes lebih banyak, persaingan untuk masuk UNY lebih ketat. Karena pada SBMPTN 2018, Unnes menyedikan 70 pilihan jurusan. Sedangkan UNY hanya menyediakan 60 pilihan jurusan. Itu berarti, setiap jurusan di Unnes rata-rata diperebutkan oleh 800-900 orang pada SBMPTN 2018.

#6. Universitas Diponegoro (Undip)

Di peringkat keenam kampus yang paling diminati pada SBMPTN 2018 ada Universitas Diponegoro atau yang biasa disingkat sebagai Undip. Kampus yang berlokasi di ibukota Jawa Tengah ini merupakan kampus kedua dari Semarang yang masuk dalam 10 kampus paling diminati pada SBMPTN 2018 setelah Unnes.

Jumlah Peminat Undip pada SBMPTN 2018

Pada SBMPTN 2018, Undip diminati oleh 86.316 orang. Di tahun yang sama, Undip membuka kesempatan kepada peserta SBMPTN untuk memilih di antara 53 jurusan yang tersedia. Dan jika dirata-rata, masing-masing jurusan di Undip diperebutkan oleh sekitar 1.628 orang pada SBMPTN 2018. Sangat ketat sekali.

#5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Lanjut ke peringkat kelima kampus yang paling banyak diminati pada SBMPTN 2018 ada Universitas Gadjah Mada atau yang biasa disingkat jadi UGM. UGM sendiri merupakan kampus dari Jogja kedua yang masuk dalam 10 kampus paling diminati pada SBMPTN 2018 setelah UNY.

Jumlah Peminat UGM pada SBMPTN 2018

Jumlah peminat UGM pada SBMPTN 2018 ada 87.439 orang. Sedangkan jumlah jurusan yang disediakan oleh UGM pada SBMPTN 2018 ada sebanyak 69 jurusan. Itu artinya, rata-rata jurusan di UGM diperebutkan oleh 1.267 orang pada SBMPTN 2018. Termasuk masih sangat ketat. Karena rata-rata peminatnya lebih dari 1.000 orang per jurusan. Meski tidak seketat persaingan untuk masuk Undip.

Untuk lebih detailnya berapa jumlah peminat, daya tampung, dan peluang masuk UGM, silakan baca tulisan berikut.

#4. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Kampus Paling Diminati: #3. UNS
sumber gambar

Menuju ke peringkat keempat kampus paling banyak diminati pada SBMPTN 2018 ada Universitas Negeri Sebelas Maret atau yang biasa disingkat jadi UNS. Kampus yang sering salah disebut sebagai Universitas Negeri Solo ini merupakan satu-satunya kampus dari Solo dalam daftar ini. Dan merupakan kampus keenam dari wilayah II SBMPTN setelah Unsoed, UNY, Unnes, Undip, dan UGM.

Jumlah Peminat UNS pada SBMPTN 2018

UNS sendiri pada SBMPTN 2018 diminati oleh 87.746 orang. Sementara pilihan jurusan yang disediakan oleh UNS pada SBMPTN 2018 ada 68. Itu artinya, rata-rata jurusan di UNS diperebutkan oleh 1.290 orang pada SBMPTN 2018. Jauh lebih ketat daripada UGM.

#3. Universitas Indonesia (UI)

Sementara itu, di peringkat ketiga kampus yang paling banyak diminati di Indonesia ada Universitas Indonesia atau yang biasa disingkat jadi UI. Mungkin banyak dari kalian yang menganggap UI sebagai kampus paling banyak diminati. Saya juga demikian. Tapi ternyata, pada SBMPTN 2018 UI hanya menempati peringkat ketiga.

Jumlah Peminat UI pada SBMPTN 2018

Jumlah peminat UI pada SBMPTN 2018 ada sebanyak 97.382 orang. Sementara pilihan jurusan yang disediakan oleh UI pada SBMPTN 2018 ada 65. Secara matematis, masing-masing jurusan di UI diperebutkan oleh 1.498 orang. Secara umum jauh lebih ketat daripada UNS dan UGM. Tapi masih kalah ketat jika dibandingkan dengan Undip.

Selengkapnya terkait jumlah peminat, daya tampung, dan peluang masuk masing-masing jurusan di UI, bisa kalian baca tulisan berikut.

#2. Universitas Brawijaya (UB)

Dan kampus kedua yang menjadi kampus paling banyak diminati pada SBMPTN 2018 adalah Universitas Brawijaya atau yang biasa disingkat jadi UB. Secara umum, UB merupakan kampus kedua dari Malang dan dari wilayah III SBMPTN setelah UM yang masuk dalam daftar ini.

Jumlah Peminat UB pada SBMPTN 2018

Pada SBMPTN 2018, UB menjadi pilihan kampus dari 102.218 orang. Dengan jumlah sebanyak itu, UB merupakan satu di antara dua kampus yang diminati oleh lebih dari seratus ribu orang pada SBMPTN 2018. UB sendiri pada SBMPTN 2018 menyediakan 76 pilihan jurusan bagi peminatnya. Jika dirata-rata, masing-masing jurusan di UB diperebutkan oleh setidaknya 1.344 orang pada SBMPTN 2018. Termasuk sangat ketat.

#1. Universitas Padjajaran (Unpad)

Universitas Padjajaran
sumber gambar

Dan inilah kampus yang paling banyak diminati pada SBMPTN 2018: Universitas Padjajaran. Universitas yang berlokasi di Bandung ini merupakan satu-satunya Universitas di Jawa Barat yang ada dalam daftar ini. Dan merupakan kampus kedua dari wilayah I SBMPTN yang masuk dalam daftar ini. Setelah UI.

Jumlah Peminat Unpad pada SBMPTN 2018

Jumlah peminat Unpad pada SBMPTN 2018 sendiri ada sebanyak 113.542 orang. Dengan jumlah sebanyak itu, kalau ujiannya diadakan di GBK misalnya, akan ada lebih dari 37 ribu orang yang tidak mendapatkan tempat duduk di tribun penonton. Sebanyak itulah jumlah peminat Unpad pada SBMPTN 2018.

Unpad sendiri pada SBMPTN 2018 menyediakan 60 pilihan jurusan bagi peminatnya. Jadi, rata-rata jurusan di Unpad diperebutkan oleh 1.892 orang pada SBMPTN 2018. Itu artinya, Unpad pada SBMPTN 2018 tidak hanya menjadi kampus paling banyak diminati. Tapi juga kampus dengan persaingan paling tinggi. Di mana tiap jurusan diperebutkan oleh 1.892 orang.

Kalau kalian mau tahu lebih detail jumlah peminat dan daya tampung masing-masing jurusan di Unpad, silakan baca tulisan berikut ini. Karena di sana saya ulas secara lengkap berapa jumlah peminat, daya tampung, dan peluang masuk Unpad pada SBMPTN 2019.

Penutup

Itu tadi 10 kampus paling diminati di Indonesia pada SBMPTN 2018. Apakah ada di antaranya kampus impian kalian? jika iya, persiapkan diri kalian sebaik mungkin. Karena kalian akan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan orang untuk bisa masuk di kampus yang ada dalam daftar di atas.

Sekian yang bisa saya sampaikan tentang 10 kampus paling diminati di Indonesia. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.



Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact. Thank you.

1 Comment

  1. […] Dengan jumlah pendaftar sebanyak itu, Ub merupakan kampus kedua paling diminati pada SBMPTN 2018. Jumlah peminat UB sendiri hanya kalah dari Unpad. Untuk daftar selengkapnya, silakan baca 10 kampus paling diminati di Indonesia pada SBMPTN 2018. […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *