);

3 Tempat yang Wajib Dikunjungi Sebelum Lulus SMA

Toko Buku

Masa-masa SMA merupakan salah satu masa-masa yang paling berkesan dalam hidup. Karena di masa SMA kita status kita masih remaja. Jadi seringkali kita melakukan apa saja yang kita sukai tanpa berpikir panjang lebar apa dampaknya ke depan. Sampai akhirnya kita dihadapkan pada sebuah pertanyaan: “mau ke mana setelah lulus SMA?”

Meskipun masa SMA merupakan masa-masa yang menyenangkan, kita harus sadar bahwa masa SMA itu tidak lama. Rata-rata cuma 3 tahun. Kecuali yang kelas akselerasi karena cuma 2 tahun. Dan yang tidak naik kelas atau pertukaran pelajar ke luar negeri biasanya masa SMA-nya bisa sampai 4 tahun.

3 tahun itu bukan waktu yang lama. Kalau tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya, jangan kaget kalau tiba-tiba kalian merasa belum siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi nantinya.

Buat kalian yang sekarang masih SMP atau SMA, sebisa mungkin kalian mengunjungi 3 tempat ini sebelum lulus SMA. Karena 3 tempat ini akan memberikan banyak manfaat buat masa depan kalian.

1. Bursa Kerja

Tempat pertama yang wajib dikunjungi sebelum lulus SMA adalah bursa kerja. Mungkin di antara kalian ada yang bertanya, “Emang masih ada ya perusahaan yang menerima lulusan SMA?”. Sejauh pengamatan saya, masih ada perusahaan yang menerima lulusan SMA. Meskipun lapangan kerja dan posisi yang disediakan sangat terbatas.

Job Fair
Sumber gambar

Tapi tujuan utama pentingnya siswa SMA ke bursa kerja itu bukan itu. Tujuan utama kenapa siswa SMA harus pernah ke bursa kerja adalah agar mereka bisa melihat prospek kerja secara rill untuk masing-masing jurusan. Karena di bursa kerja biasanya lapangan kerja yang disediakan cukup beragam. Sehingga kita bisa melihat secara langsung apa saja lapangan kerja yang tersedia buat masing-masing jurusan.

Selain itu, di bursa kerja biasanya kita akan menemukan banyak mahasiswa dan sarjana dari berbagai macam jurusan. Dengan begitu, kita bisa mewawancarai secara langsung mereka, khususnya mahasiswa dan sarjana dari jurusan-jurusan yang kita inginkan. Sehingga kita bisa tahu bagaimana proses perkuliahan, apa saja yang dibutuhkan, pesan, kesan, dan apa saja tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dan sarjana dari jurusan-jurusan yang kalian impikan.

Belum lagi di bursa kerja biasanya ada forum diskusi atau seminar-seminar terkait karir dan dunia kerja yang bisa kita hadiri. Tentu itu akan menjadi modal yang sangat berharga bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Karena dengan begitu, mereka punya cukup ‘amunisi’ untuk menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi.

2. Kampus Impian

Kampus impian merupakan tempat kedua yang wajib dikunjungi sebelum lulus SMA. Saya yakin, hampir semua siswa SMA sudah punya kampus impian masing-masing.

Kampus impian
Photo by delfi de la Rua on Unsplash

Buat kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, khususnya ke PTN yang memiliki persaingan cukup ketat, saya sarankan kalian untuk sesekali main ke kampus impian kalian. Kalau bisa datanglah ke kampus kalian pas hari aktif. Sehingga ketika sampai di kampus impian kalian, setidaknya ada mahasiswa, dosen, atau karyawan, yang bisa kalian ajak bicara.

Kenapa main-main ke kampus impian itu penting? karena dengan begitu, kalian bisa langsung bertanya kepada mahasiswa di kampus yang kalian inginkan. Mulai dari pengalaman perkuliahan, kurikulum, suka duka, maupun tips dan trik agar bisa masuk di jurusan yang kalian inginkan.

Sederhananya, dengan datang langsung ke jurusan yang kalian inginkan, kalian bisa belajar langsung kepada ahlinya. Yaitu orang-orang yang sudah berpengalaman di jurusan yang kalian inginkan. Apalagi datang langsung ke kampus impian juga bisa meningkatkan semangat dan meningkatkan afirmasi kepada diri sendiri agar lebih semangat dalam mempersiapkan tes masuk dan semacamnya.

Sebagai catatan, meskipun saya merekomendasikan untuk mengunjungi kampus impian kalian, perlu dipahami bahwa kita juga harus paham kondisi. Datang ke kampus favorit itu wajib dilakukan hanya jika kampus yang kalian inginkan ada di dalam negeri dan masih bisa kalian jangkau dengan tabungan kalian sendiri. Kalau misalnya kalian sekarang tinggalnya di Sulawesi atau Papua, dan kampus impian kalian ada di Jawa ya sebaiknya tidak usah dilakukan. Mending coba cari kampus terdekat saja, dan silakan kunjungi jurusan yang menarik minat kalian. Lalu silakan wawancarai mahasiswa yang ada di sana.

Meskipun tidak merepresentasikan kampus yang kalian inginkan, setidaknya dengan mendatangi kampus di sekitar tempat tinggal kalian kalian punya gambaran awal bagaimana iklim di dunia perkuliahan. Khususnya di jurusan-jurusan yang kalian inginkan.

3. Perpustakaan dan Toko Buku

Tempat ketiga yang wajib dikunjungi sebelum lulus SMA adalah perpustakaan dan toko buku. Kenapa semua siswa SMA wajib pernah ke perpustakaan dan toko buku? karena perpustakaan dan toko buku tidak pernah keliru.

Toko Buku
Photo by Amelie Ohlrogge on Unsplash

Perpustakaan dan toko buku merupakan cermin. Di perpustakaan dan toko buku kita akan lebih mengenali diri kita. Terutama apa yang menjadi minat kita. Karena saya yakin, semua orang suka membaca. Hanya saja, tidak semua orang cukup beruntung untuk bisa menemukan bacaan yang sesuai dengan minatnya.

Maka dari itu, jika kalian sekarang sekolah kalian punya koleksi buku yang lumayan beragam, manfaatkan itu sebaik mungkin. Pun jika kalian tinggal di kota-kota besar, manfaatkan keberadaan toko buku dan perpustakaan daerah dengan sebaik-baiknya. Karena di sanalah kalian akan menemukan apa yang kalian minati dan kalian sukai.

Karena bagaimanapun, menemukan minat adalah salah satu langkah menuju tidak bingung memilih jurusan.

Itu tadi 3 tempat yang harus dikunjungi sebelum lulus SMA. Jika kalian sekarang masih SMP atau SMA, pastikan kalian pernah mengunjungi semuanya sebelum lulus SMA. Atau jika kalian sekarang sudah mahasiswa dan sudah bekerja, tidak ada salahnya untuk mengunjunginya. Karena jika kebaikan yang menjadi tujuan, maka usia tidak pernah jadi persoalan.

Sekian. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact. Thank you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *