KuliahPengembangan Diri

5 Cara Efektif untuk Mengenali Minat

3 Mins read

Seperti yang sudah pernah saya singgung di tulisan saya sebelumnya mengenai 5 penyebab salah jurusan, mengenali minat merupakan salah satu faktor terpenting dalam memilih jurusan. Karena minat pada dasarnya adalah bahan bakar dalam proses pembelajaran. Apapun materinya, selama ada minat untuk mempelajarinya pasti akan ada jalan untuk bisa paham.

Meskipun minat ini sangat penting, nyatanya sistem pendidikan yang ada sekarang ini masih belum cukup memfasilitasi kita untuk lebih mengenal minat kita. Coba kita ingat-ingat lagi, seberapa sering kita diminta untuk merenung dan berkontemplasi di sekolah? hampir tidak ada. Persis. Seperti itulah faktanya.

Karena sistem pendidikan sekarang belum bisa memfasilitasi kita untuk mengenali minat kita, maka dari itu kita harus mencari cara lain untuk mengenali minat kita. Berikut ini adalah beberapa cara yang berdasarkan pengalaman saya pribadi cukup efektif untuk mengenali minat yang kita miliki.

1. Berkunjung ke Toko Buku atau Perpustakaan

Mengenali minat dengan berkunjung ke toko buku atau perpustakaan
Photo by Pixabay from Pexels

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, cara paling mudah dan efektif untuk mengenali minat adalah dengan berkunjung ke toko buku atau perpustakaan. Karena toko buku atau perpustakaan itu merupakan miniatur dunia ilmu pengetahuan. Karena di sana kita disuguhkan buku dari berbagai macam topik. Semakin sering kita ke toko buku atau perpustakaan, akan semakin mudah bagi kita untuk mengenal apa saja topik dan bidang yang kita minati.

Karena tiap kali kita ke toko buku atau perpustakaan, sudah pasti kita hanya akan membeli atau meminjam buku yang paling membuat kita penasaran. Buat kalian yang belum tahu, rasa penasaran itu adalah bentuk lain dari minat. Jadi tiap kali kalian menemukan buku yang menurut kalian menarik, di situlah momen di mana kalian menemukan minat kalian.

Percayalah, kalau kalian sekarang sama sekali buta mengenai minat kalian, sempatkan sesekali berkunjung ke toko buku atau perpustakaan. Karena di sanalah tempat paling mudah untuk mengenali minat yang kita miliki.

2. Cek History Browser atau Youtube

Mengenali minat dengan cara melihat histry browser
Photo by Tranmautritam from Pexels

Cara kedua yang menurut saya cukup efektif untuk mengenali minat adalah dengan mengecek history browser atau Youtube. Mengapa harus browser atau Youtube? karena manusia itu tempatnya lupa, sementara aplikasi-aplikasi zaman sekarang merekam segala data. Maka dari itu, manfaatkan teknologi sebaik mungkin untuk kepentingan dan tujuan kita. Salah satunya adalah dengan menggunakannya untuk mengenal diri.

History browser atau Youtube merupakan salah satu sumber data minat yang paling orisinil. Karena apa yang kita baca dan lihat di Youtube seringkali merupakan konten-konten yang topiknya kita minati. Dari data history yang ada di berbagai aplikasi tersebut, silakan dicek apa saja topik yang paling sering kita cari dan konsumsi. Baru selanjutnya kita pilah mana saja topik yang benar-benar menjadi minat kita, mana yang cuma rasa penasaran sesaat saja.

3. Pergi ke Bursa Kerja

Mengenali minat dengan cara berkunjung ke bursa kerja
Photo by Ricardo Esquivel from Pexels

Cara untuk mengenali minat yang selanjutnya adalah dengan pergi ke bursa kerja. Karena di bursa kerja kita akan menemukan banyak sekali bidang keilmuan dan keahlian. Karena jumlahnya yang begitu besar, kemungkinan untuk menemukan bidang-bidang yang kita sukai juga akan semakin besar.

Selain itu, poin plus dari berkunjung ke bursa kerja adalah kita jadi punya gambaran mana minat yang benar-benar prospektif, mana yang kurang prospektif untuk dijadikan cita-cita. Dengan begitu, kita jadi menghemat banyak waktu daripada harus mengenali minat dan prospek kerja masing-masing bidang dari website ke website maupun dari kampus ke kampus.

4. Coba Tes Minat Secara Online

Mengenali minat dengan cara tes secara online
Photo by Burst from Pexels

Mengikuti quiz adalah salah satu cara paling efektif untuk mengenali minat. Ada banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas untuk interest assessment. Berikut ini beberapa tes penelusuran minat secara online dari beberapa institusi ternama di dunia yang bisa kalian coba:

  1. Careeronestop.org interest assesment
  2. Washington.edu
  3. Careerwise.minnstate.edu
  4. Truity.com
  5. Princetonreview.com
  6. Yourfreecareertest.net
  7. Qualifax.ie
  8. Hawaiipublicschools.org
  9. Mynextmove.org

5. Tanya Orang-orang Terdekat Kita

Mengenali minat dengan cara bertanya kepada orang-orang terdekat
Photo by mentatdgt from Pexels

Dan salah satu cara mengenali minat yang bisa dicoba juga adalah dengan bertanya kepada orang-orang terdekat kita. Bisa kepada orang tua, anggota keluarga, kerabat, teman, atau siapapun yang sering berkomunikasi dan berinteraksi dengan kita. Mengenali minat itu kadang layaknya seperti melihat wajah sendiri. Susah dilakukan jika tanpa cermin. Di sinilah peran orang-orang terdekat kita. Mereka inilah yang menjadi cermin bagi kita untuk mengenali minat kita.

Silakan tanya orang-orang terdekat kamu mengenai topik atau bidang yang sering kamu pikirkan, membuat kamu bersemangat ketika membicarakannya, dan terus-terusan membuat kamu penasaran.

Itu tadi 5 cara simpel dan efektif untuk mengenali minat. Semoga bermanfaat, khususnya buat kalian yang hendak menempuh jenjang perkuliahan.

101 posts

About author
Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.
Articles

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: