7 Tanda Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati di berbagai kampus. Salah satu alasannya adalah karena luasnya kesempatan kerja bagi lulusan manajemen. Semua bidang dan sektor membutuhkan orang dengan kemampuan manajerial yang baik untuk memastikan sebuah bisnis bisa terus mengalami kemajuan.

Dan buat kalian yang berminat untuk kuliah, berikut ini adalah 7 tanda jika kamu cocok untuk kuliah di jurusan manajemen.

Kamu ingin punya kesempatan kerja yang luas

Prospek Kerja Manajemen

Apapun bidang usahanya, semua perusahaan membutuhkan manajemen yang bagus untuk bisa berjalan dengan baik. Mulai dari manajemen waktu, manajemen aset, manajemen pegawai, manajemen produksi, semuanya harus dikelola secara efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan mengambil jurusan Manajemen, kalian tidak hanya berkesempatan untuk punya lapangan pekerjaan yang luas, tapi juga mempunyai pilihan bidang yang sangat beragam. Karena semua bidang usaha membutuhkan manajemen.

Kamu suka melihat dari sudut pandang lebih luas

Seorang manajer harus selalu melihat dari sudut pandang yang lebih luas daripada para staf. Dengan mengambil studi di bidang manajemen, kamu akan membantu mengkoordinasikan masing-masing aktor yang ada dalam divisi yang kalian kelola untuk berjalan sebagai satu kesatuan. Sehingga divisi yang kamu kelola bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Kamu adalah seorang pendengar yang baik

Tugas manajer adalah mengkoordinasikan semua elemen yang ada di dalam divisi maupun perusahaan secara umum. Maka dari itu, seorang manajer hanya mampu mendengar semua saran, kritik, keluhan dari manapun. Manajer yang baik adalah orang yang mampu mendengarkan semua keluhan dari para stafnya, kemudian mencari jalan terbaik untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada.

Kamu tidak ragu dalam mengambil keputusan

Jurusan Manajemen

Mengambil keputusan adalah bagian tak terpisahkan dari seorang manajer. Maka dari itu, kamu harus punya kemampuan dalam mengumpulkan data, menganalisa, dan mencari solusi agar tidak ragu dalam mengambil keputusan. Karena keragu-raguan seringkali muncul karena minimnya pengetahuan.

Kamu punya kelola diri yang bagus

Salah satu tantangan terbesar seorang yang bekerja di bidang manajemen adalah harus mampu menguasai diri dalam kondisi krisis. Jika sebuah divisi atau perusahaan itu adalah organisasi, maka seorang manajer adalah nahkodanya. Maka dari itu, harus siap menghadapi badai seburuk apapun. Dan siap untuk tidak meninggalkan kemudi dan tetap tenang ketika semua penumpang sedang panik.

Kamu suka memulai pembicaraan

Sebagai seorang yang punya tanggung jawab atas tata kelola divisi atau perusahaan, manajer harus punya inisiatif untuk memulai komunikasi. Karena salah satu tugas manajer adalah melakukan evaluasi. Dan salah satu cara melakukan evaluasi adalah dengan melakukan wawancara, maka dari itu, wajib hukumnya bagi seorang manajer untuk punya inisiatif memulai pembicaraan.

Kamu ingin menjadi pengusaha

Lulusan Jurusan Manajemen

Menjadi seorang pengusaha itu membutuhkan kemampuan mengelola berbagai macam sumber daya yang dimiliki untuk dimaksimalkan demi kepentingan bisnis. Maka dari itu, kemampuan manajerial akan menjadi salah satu faktor penting untuk dimiliki. Dan di antara banyak jurusan di perkuliahan, tidak ada jurusan yang selengkap jurusan Manajemen dalam mengajarkan proses manajemen berbagai macam aspek di perusahaan. Maka dari itu, jika kalian ingin membuka usaha setelah lulus kuliah, memilih jurusan Manajemen adalah salah satu langkah awal terbaik yang bisa kalian ambil.

Itu tadi 7 tanda kalau kamu cocok kuliah di jurusan Manajemen. Selain 7 faktor di atas, tentu masih ada banyak sekali faktor lain yang bisa dijadikan acuan. Tapi setidaknya, semoga 7 faktor di atas bisa memberikan gambaran bagi kalian yang masih bingung seperti apa kesempatan dan tantangan lulusan jurusan Manajemen.

Dan buat kalian yang ingin kuliah, temukan banyak tulisan seputar kuliah di sini.

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back To Top
%d bloggers like this: