GadgetTeknologi

Asus ROG Phone 3: Smartphone Gaming dengan Performa Tanpa Tanding

14 Mins read

Sebagai seorang web developer lulusan jurusan teknik informatika yang juga aktif nge-blog sejak 2010 sampai sekarang, sudah tidak terhitung seberapa sering saya ditanya mengenai laptop atau komputer yang recommended. Baik itu oleh orang-orang yang ingin mendalami dunia programming maupun oleh teman dan keluarga. 

Rekomendasi Smartphone Terbaik

Meskipun di kampus dulu tidak banyak materi mengenai hardware selain tentang sistem digital dan pemrograman berbasis robot, pengalaman berinteraksi dengan perangkat komputer setiap hari menjadikan saya dan teman-teman sesama lulusan teknik informatika punya preferensi yang hampir sama mengenai laptop atau komputer yang ideal. Khususnya dari sisi performa.

Lalu bagaimana jika seorang programmer memilih smartphone? Kira-kira apa saja faktor yang menjadi pertimbangan seorang programmer dalam memilih smartphone? 

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mendasar antara laptop dengan smartphone kecuali perbedaan sistem operasi dan ukuran perangkatnya. Sementara komponen utama hardware-nya seperti processor, CPU, GPU, monitor, RAM, hard disk (ROM) kurang lebih sama. Meskipun tentu ada perbedaan jenis dan ukuran antara komponen yang dipakai di laptop dengan yang dipakai di smartphone.

Dan buat kalian yang menjadikan performa sebagai faktor utama, Asus ROG Phone 3 merupakan pilihan paling ideal sekarang ini. Kalau hanya melihat namanya yang punya embel-embel ROG (Republic of Gamers), mungkin banyak yang mengira Asus ROG Phone 3 hanya diperuntukkan bagi para gamer kelas berat saja. Tapi kalau diselami lebih dalam lagi, sebenarnya Asus ROG bukan hanya gaming saja. Lebih dari itu, Asus ROG Phone 3 adalah soal performa.

Berikut ini beberapa alasan kenapa Asus ROG Phone 3 adalah smartphone terbaik di mata seorang programmer.

Processor Terbaik di Kelasnya

Kenapa processor penting? karena processor adalah penentu responsibilitas perangkat. Semakin cepat processornya, maka semakin cepat pula responsibilitas perangkatnya. Jadi, buat kalian yang sering mengalami hang ketika menggunakan handphone, bisa jadi salah satunya adalah karena daya processor yang tidak bisa mengimbangi banyaknya request yang sedang dikerjakan. 

Untuk smartphone, Qualcomm Snapdragon merupakan produk processor paling banyak diadopsi oleh perusahaan smartphone. Karena selain kualitasnya yang memang bagus, Qualcomm menaungi semua jenis konsumen. Mulai dari yang entry level, sampai dengan yang super premium. Dan di antara semua produk super premium dari Qualcomm, Snapdragon 865 plus adalah versi paling mutakhir.

Qualcomm Snapdragon 865 Plus

Inilah alasan pertama kenapa Asus ROG Phone 3 istimewa. Karena Asus ROG Phone 3 merupakan smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan Qualcomm® Snapdragon™ 865 plus yang merupakan processor tercepat untuk sistem operasi Android saat ini. Dengan clockrate sebesar 2420 – 3100 MHz dan didukung dengan GPU (Graphical Processing Unit) Adreno 650, menjadikan Snapdragon 865 plus mempunyai performa 10% lebih cepat dari pendahulunya, Snapdragon 865.

Dengan dukungan processor yang secanggih itu, bisa dipastikan Asus ROG Phone 3 tidak akan pernah lelet atau slow response ketika digunakan multi-tasking.

RAM yang Super Lega

Alasan kedua kenapa Asus ROG Phone 3 itu istimewa adalah karena RAM-nya. RAM sendiri merupakan salah satu komponen yang tidak bisa diabaikan ketika memilih perangkat komputer maupun smartphone. Karena jika sebuah aplikasi itu layaknya kendaraan, maka RAM itu layaknya sebuah jalan. Semakin besar RAM yang kita miliki, maka akan semakin banyak aplikasi yang bisa kita jalankan bersamaan.

Bagi seorang programmer sendiri, RAM sebenarnya jauh lebih penting daripada processor. Karena biasanya seorang programmer, khususnya web developer atau backend developer, seringkali menjalankan lebih dari 5 aplikasi secara bersamaan ketika sedang membuat program. Mulai dari Server, DB Client, Git, Text Editor, Browser, REST Client, dan seterusnya. Maka dari itu, jangan kaget kalau banyak programmer menggunakan lebih dari 1 monitor ketika sedang bekerja. Karena programming merupakan aktivitas multi tasking. Mulai dari planning, analysis, design, implementation, dan testing. Tidak jarang beberapa proses tersebut dilakukan secara paralel dan mengalami beberapa looping (perulangan).

Multi Monitor Setup
© stocksnap.io

Dan karena begitu banyaknya aplikasi yang harus dijalankan secara bersamaan dalam satu waktu ketika membuat program, sebagian besar programmer lebih mementingkan RAM daripada Processor. Karena kapasitas RAM yang terbatas merupakan penyebab utama laptop sering hang.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, standar minimal RAM buat programming itu setidaknya 8GB. RAM 4GB mungkin bisa, tapi kurang disarankan karena jika digunakan membuka banyak aplikasi masih sering hang di tengah jalan. Jadi, kalau mau aman, pastikan perangkat kalian punya kapasitas RAM sebesar 8GB. 

Gambar di atas merupakan screenshoot dari laptop saya sendiri yang memiliki RAM 8GB ketika sedang saya gunakan untuk bekerja sebagai web developer. Dengan RAM 8GB, total memori yang bisa digunakan adalah sebesar 6,9GB karena yang 1GB lebih digunakan untuk menjalan sistem. Dan dari 6,9GB memori yang tersedia, yang digunakan mencapai lebih dari 80% atau sekitar 5,4GB.

Maka dari itu, RAM adalah salah satu faktor yang terpenting dalam memilih perangkat buat multi tasking seperti halnya programming. Karena jika RAM tidak memadai, maka yang terjadi adalah perangkat mengalami freeze karena tidak mempunyai cukup memori untuk menjalankan task atau request. Dan yang paling parah, freeze tersebut bisa menyebabkan perangkat sampai restart sendiri. Dan itu adalah momok bagi programmer. Karena kemungkinan ada banyak pekerjaan yang hilang sebab belum disimpan.

Untuk smartphone sendiri, RAM 8 GB itu sudah luar biasa lega. Karena RAM 6GB pun sebenarnya sudah cukup nyaman buat digunakan multi-tasking di smartphone. Ini pula yang menjadi alasan kedua mengapa Asus ROG Phone 3 istimewa. Karena kapasitas RAM-nya jauh di atas rata-rata. Mulai dari 8GB untuk varian terendahnya, 12GB untuk versi sedang, sampai dengan 16GB untuk varian tertinggi. Sementara di Indonesia sendiri, yang tersedia baru yang level bawah (8GB) dan sedang (12 GB).

RAM 4GB vs RAM 8GB
© kamuitubeda.com

Dengan kapasitas RAM 8GB ke atas, kalian tidak perlu khawatir Asus ROG Phone 3 mengalami hang sampai harus di-restart karena tidak punya cukup RAM untuk menjalankan sistem maupun aplikasi. Karena kebanyakan aplikasi dan game mobile hanya menggunakan sekitar 100-500MB RAM saja ketika dijalankan. Sementara game mobile yang berat pun hanya menggunakan sekitar 1-2 GB RAM saja. Jadi, RAM 8GB yang dimiliki oleh varian terendah dari Asus ROG Phone 3 pun sudah luar biasa lega.

ROM yang Bikin Leluasa Menyimpan Data

Seperti halnya RAM, ROM juga komponen yang juga harus mendapatkan perhatian ketika memilih smartphone. Karena apalah artinya mempunyai RAM yang lega kalau kapasitas penyimpanannya hanya cukup untuk menginstall beberapa aplikasi saja. Apalagi dari waktu ke waktu, aplikasi dan game mobile juga selalu mengalami peningkatan ukuran file. Maka dari itu, sebisa mungkin kapasitas ROM di smartphone kalian di atas 32GB. 

Karena biasanya dari 32GB kapasitas yang tersedia, yang bisa digunakan untuk install aplikasi dan menyimpan data hanya sekitar 16-20GB saja. Sementara sisanya digunakan untuk menjalankan sistem operasi Android, cache aplikasi, dan backup data. 

Buat kalian yang sering mengalami storage penuh, kalian tidak akan lagi menemukan hal yang sama ketika menggunakan Asus ROG Phone 3. Karena varian paling rendah dari Asus ROG Phone 3 kapasitas ROM-nya sudah mencapai 128GB. Sementara varian tertinggi yang dijual di Indonesia kapasitas ROM-nya mencapai 256GB. Jadi, kalian bisa simpan berbagai macam data, install aplikasi, dan juga install game sepuasnya.

ROM Asus ROG Phone 3

Apapun hobi dan keahlian yang kalian miliki, Asus ROG Phone 3 akan membantu kalian selalu punya ruang untuk membuatnya terus berkembang.

Jaringan yang Kecepatannya Paripurna

Di zaman internet seperti sekarang ini, kecepatan akses internet merupakan salah satu faktor yang terpenting untuk diperhatikan ketika memilih perangkat smartphone. Karena sebagus apapun perangkatnya, kalau kecepatan internetnya tidak memadai pada akhirnya akan menjadikan smartphone kurang terasa manfaatnya.

Karena sebagian besar aplikasi dan game sekarang membutuhkan akses internet untuk bisa digunakan. Mulai dari aplikasi social media, messenger, video streaming, music streaming, online gaming, sampai dengan belajar dan kuliah online semuanya membutuhkan akses internet yang cepat untuk bisa digunakan secara maksimal. 

Dan bicara soal kecepatan internet, di tahun 2020 ini teknologi 5G mulai banyak diimplementasikan di banyak negara maju. Dibandingkan dengan 4G, kecepatan internet 5G mengalami peningkatan kecepatan lebih dari 1000%. Dan tidak itu saja, latensi 5G juga jauh mengalami peningkatan. Dari yang semula sekitar 20-30 ms pada 4G menjadi kurang dari 10 ms. Kalau pakai contoh komunikasi, itu artinya hampir tidak ada jeda antara waktu pesan dikirim dengan waktu pesan diterima. Karena selisih waktunya kurang dari 0,01 detik.

3G vs 4G vs 5G

Inilah alasan kenapa Asus ROG Phone 3 pilihan yang sangat ideal dan rasional. Karena Asus ROG Phone 3 sudah bisa digunakan untuk jaringan 5G. Jadi, sudah terjamin kecepatan koneksi internetnya. Meskipun di Indonesia sendiri jaringan 5G belum diimplementasikan, kalian tidak perlu khawatir. Karena Asus ROG Phone juga bisa digunakan untuk jaringan GSM, CDMA, HSPA(3G), serta LTE(4G). Dan ketika pada saatnya jaringan 5G diimplementasikan di Indonesia, kalian tidak perlu bingung untuk membeli perangkat baru lagi. Karena Asus ROG Phone 3 sudah support jaringan 5G.

Baterai yang Ekstra Tahan Lama

Bayangkan ketika kamu sedang bertemu dengan calon klien, lalu ketika kamu ingin presentasi portofolio, tiba-tiba laptop kamu mati karena baterainya tidak tahan lama. Sangat mengganggu bukan?

Belum lagi jika di tempat presentasinya tidak ditemukan colokan atau tipe colokannya ternyata berbeda dengan charger adaptop kita. Bukankah itu akan sangat membuat calon klien akan sangat kecewa? Syukur kalau masih cuma kecewa, kalau tiba-tiba calon klien membatalkan kerja sama karena itu? Sangat disayangkan bukan?

Begitupun dengan smartphone. Bayangkan ketika kamu sedang liburan lalu kamu ingin mengabadikan momen liburan kamu dengan mengambil foto atau video, lalu tiba-tiba smartphone kamu mati karena lupa tidak dicas malamnya. Sangat menyebalkan bukan?

Maka dari itu, pilih perangkat yang baterainya tahan lama. Atau jika tahan lama itu susah diukur secara pasti, pilih yang kapasitas baterainya jauh di atas rata-rata. Seperti halnya Asus ROG Phone 3 yang kapasitas baterainya mencapai 6000mAh. Karena dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir kehabisan baterai ketika sedang pergi seharian. Bahkan ketika digunakan bermain game di sela-sela waktu keluar tersebut.

Asus ROG Phone 3 Battery Test

Selain kapasitas baterai yang begitu ekstra, Asus ROG Phone 3 juga mempunyai teknologi penghemat daya yang luar biasa. Sehingga memungkinkan masa pemakaian Asus ROG Phone 3 kamu 2x lebih lama daripada biasanya. Dan jika itu juga belum cukup, kamu bisa membuat sendiri konfigurasi penghemat baterai sesuai dengan kebutuhan kamu menggunakan custom batery mode.

Layar yang Memanjakan Mata

Salah satu alasan yang lain kenapa Asus ROG Phone 3 adalah smartphone paling ideal dari sisi performa adalah karena layarnya yang sangat memanjakan mata. Bagi seorang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan laptop, tentu kejernihan layar menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan dengan seksama.

Sementara sebagian besar layar smartphone saat ini masih menggunakan layar dengan kualitas 60Hz, Asus ROG Phone 3 sudah menggunakan layar dengan 144Hz. Teknologi yang baru diimplementasikan pada layar smartphone di tahun 2020 ini.

Buat kalian yang masih belum paham, Hz itu satuan frekuensi. Jadi, kalau dalam kasus kualitas layar, Hz berarti kemampuan layar untuk menampilkan gambar berbeda dalam 1 detik. Sementara kebanyakan layar saat ini baru bisa menampilkan 60 gambar berbeda dalam 1 detik, Asus ROG Phone mampu menampilkan 144 gambar berbeda dalam 1 detik. Jadi, kualitas animasi yang dihasilkan oleh Asus ROG Phone 3 lebih halus 2,4 kali lipat daripada kebanyakan layar smartphone.

144Hz
144Hz
144Hz
60Hz
60Hz
Perbandingan Layar 60 Hz dengan Layar 144Hz

Dan tidak hanya itu saja, selain kualitas layarnya sudah 144Hz, nilai Delta-E layar Asus ROG Phone juga kurang dari 1. Itu artinya kualitas warna yang ditampilkan oleh layar Asus ROG Phone 3 sangat mendekati warna asli sebagaimana yang dilihat oleh mata manusia. Karena Delta-E merupakan ukuran paling banyak digunakan oleh para profesional untuk memastikan hasil desain tidak mengalami perubahan warna ketika diolah dan ditampilkan di perangkat yang berbeda.

Delta E < 1
Delta E < 1
Delta E < 1
Tanpa Kalibrasi
Tanpa Kalibrasi
Perbandingan Kualitas Delta E pada Layar

Dan jika itu belum cukup, layar Asus ROG Phone 3 juga sudah mendapatkan “Low Blue Light and Flicker Reduced Certification” dari TÜV Rheinland. Itu adalah jaminan bahwa layar Asus ROG Phone 3 lebih aman bagi mata. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi orang yang sehari-hari banyak menghabiskan waktunya di depan layar monitor. Karena kita tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk asuransi kesehatan mata. 

Responsibilitas Layar Tingkat Dewa

Salah satu momen paling mengganggu bagi seorang programmer adalah ketika responsibilitas perangkat atau sistem yang sangat lambat. Seperti halnya ketika menekan keyboard tapi tulisan baru muncul beberapa detik setelahnya. Atau ketika menggerakan mouse tapi kursor di layar tidak juga bergerak.

Kalau untuk kasus smartphone, ketika bicara tentang responsibilitas, maka konteksnya adalah mengenai responsibilitas layar ketika disentuh. Atau yang biasa dikenal sebagai touch latency. Di mana semakin cepat respon layar ketika disentuh maka semakin baik. 

Dalam hal responsibilitas layar ini pun, Asus ROG Phone 3 menjadi yang terbaik di kelasnya. Dengan touch latency mencapai 25ms. Mengalami peningkatan hampir 2 kali lipat daripada pendahulunya, Asus ROG Phone 2, yang mencapai 49ms. 

Touch Latency Asus ROG Phone 3

Dan tidak touch latency saja yang mengalami peningkatan, touch sampling rate Asus ROG Phone 3 juga mengalami peningkatan dari Asus ROG Phone 2 yang sebesar 240Hz menjadi 270Hz. Itu artinya, dalam sedetik, layar Asus ROG Phone 3 bisa memproses 270 sentuhan. Jadi, bisa dibayangkan sendiri seperti apa cepatnya respon layar Asus ROG Phone 3. 

Sensor yang Canggih Luar Biasa

Sampai saat ini, tidak banyak perangkat smartphone yang bisa menghadirkan pengalaman bermain game sebagaimana ketika menggunakan console. Salah satu penyebabnya adalah karena keterbatasan tombol pada smartphone. 

Karena jika hanya mengandalkan layar sentuh saja, maka kemungkinan pilihan tombolnya hanya ada 8 saja. Sementara ketika kita bermain game console atau game PC pilihan tombolnya ada lebih dari 12 tombol. Sehingga manuver yang dihasilkan ketika bermain game console jauh lebih kompleks dan lebih menantang daripada ketika bermain game di smartphone. Maka dari itu, Asus ROG Phone menjadi jawaban buat kalian yang ingin merasakan pengalaman bermain game di smartphone layaknya bermain game console maupun game PC. 

Berikut ini adalah beberapa di antara sensor terbaru dan terupdate yang dimiliki oleh ROG Phone 3.

Dengan kecanggihan sensor sentuhnya, kini kalian bisa mempunyai tombol-tombol tambahan di luar tombol yang bisa kalian tekan di layar Asus ROG Phone 3. Dan itu merupakan sebuah kemajuan luar biasa. Tidak hanya bagi dunia gaming saja. Tapi juga bagi industri smartphone dan mobile apps ke depannya. Karena adanya inovasi sensor ini membuka lebih banyak kemungkinan bagi penggunaan smartphone di masa depan.

Audio yang Lantang, Jernih, dan Nyaman di Telinga

Semakin banyaknya konten berbasis audio dan semakin meningkatnya penggunaan aplikasi music streaming menjadikan kualitas speaker kembali menjadi perbincangan. Belum lagi ditambah kondisi pandemi seperti sekarang yang menjadikan hampir semua sekolah dan kampus melakukan pembelajaran secara online. Belum lagi banyak kantor dan perusahaan yang menerapkan WFH (Work from Home). Jadi, sudah semestinya kualitas speaker juga menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan ketika memilih smartphone. Agar komunikasi tetap berjalan maksimal.

Tidak seperti kebanyakan smartphone yang posisi speakernya ada di salah satu bagian saja, posisi speaker Asus ROG Phone 3 ada di atas dan di bawah, sehingga sangat nyaman ketika digunakan dalam posisi landscape. Baik untuk menonton video, kuliah online, teleconference, maupun bermain game. Karena suara akan merata di kiri dan kanan. Sebagaimana umumnya stereo sound.

Speaker Asus ROG Phone 3

Dan tidak hanya itu, Asus juga berkolaborasi dengan Dirac yang merupakan spesialis di bidang audio untuk meningkatkan kualitas audio pada ROG Phone 3. Dan hasilnya terbukti, Asus ROG Phone mendapatkan skor 75 dari DXOMARK. Jauh melebihi kebanyakan smartphone di pasaran.

Kamera Rangkap Tiga

Tidak dipungkiri bahwa salah satu alasan utama kebanyakan orang membeli smartphone adalah karena kameranya. Karena tidak semua orang nyaman menenteng kamera SLR dan pocket camera ke mana-mana. Maka dari itu, kamera smartphone adalah solusinya.

Bagi sebagain besar orang yang hobi mengabadikan setiap momen dan sangat aktif di social media, punya smartphone dengan kualitas kamera di atas rata-rata adalah harga mati. Tidak bisa ditawar lagi. Apalagi jika sudah menjadi content creator yang mendapatkan penghasilan dari socmed. Maka dari itu, kualitas kamera tidak boleh diabaikan ketika memilih smartphone. Dan ini pula yang menjadikan Asus ROG Phone 3 istimewa. Karena meskipun bukan komponen yang menjadi fokus utama, kamera Asus ROG Phone 3 jauh di atas rata-rata. 

ROG Phone 3 Camera

Karena Asus ROG Phone 3 mempunyai 3 jenis kamera yang berbeda yaitu Sony IMX686 64MP yang merupakan kamera utama, ultrawide 13MP kamera sekunder, serta kamera makro sebagai pelengkapnya. Sementara untuk kamera depan, Asus ROG Phone 3 menggunakan kamera dengan kualitas 24MP yang memungkinkan kalian untuk swafoto atau live streaming dengan lebih leluasa. 

Pengalaman Bermain Game yang Tidak Ada Duanya

Bermain game adalah salah satu aktivitas yang sering dijadikan peregang saraf oleh para programmer. Maka jangan kaget kalau di banyak perusahaan IT, termasuk perusahaan startup besar di Indonesia, ada gaming space yang disediakan secara khusus untuk para pekerjanya. 

Karena berkutat dengan rumus dan kode itu cukup menguras pikiran. Maka dari itu, ada kalanya saraf perlu diregangkan agar bisa kembali digunakan untuk berpikir secara jernih untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Meskipun kini game sudah bisa dimainkan secara leluasa di perangkat smartphone, tapi harus diakui kalau masih belum banyak smartphone yang bisa menghadirkan pengalaman bermain game secara maksimal di perangkat smartphone. Tidak seperti ketika bermain game di PC maupun di console. 

Dan untuk itulah, Asus ROG Phone 3 menjadi sebuah pilihan yang sangat menarik. Karena selain didukung dengan performa hardware yang begitu dashyat, Asus ROG Phone 3 juga menghadirkan pengalaman game layaknya bermain game di PC maupun console dengan berbagai macam teknologi dan aksesorisnya.

Mulai dari layar 144Hz yang memanjakan mata, processor paling cepat di kelasnya, RAM yang sangat lega, kapasitas baterai yang di atas rata-rata, ditambah sensor yang begitu canggihnya, menjadikan bermain game di Smartphone terasa semakin istimewa. 

Spesifikasi Asus ROG Phone 3

Jadi, buat kalian yang ingin bisa bermain game dengan leluasa tapi tidak ingin menambah beban laptop atau komputer dengan menginstall game, Asus ROG Phone 3 adalah solusinya. Karena memang pada dasarnya ROG Phone 3 adalah smartphone yang didesain untuk memaksimalkan pengalaman dalam bermain game di perangkat mobile.  

Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir laptop menjadi lemot atau panas karena digunakan untuk bermain game sekaligus menjalankan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja. Sehingga kita bisa menjaga performa laptop tetap prima untuk digunakan bekerja. Tapi ketika sewaktu-waktu butuh hiburan melalui game pun kita tetap bisa mendapatkan hiburan dengan kualitas istimewa. Meskipun bermain game-nya hanya dengan perangkat mobile saja.

Aksesoris Eksklusif ROG Punya

Sementara untuk semakin memaksimalkan pengalaman pengguna Asus ROG Phone 3, Asus menyediakan beberapa aksesori eksklusif yang membawa pengalaman bermain game kalian ke level berikutnya. Mulai dari casing, cooler, twin view, dock, yang semuanya secara eksklusif dipersembahkan bagi pengguna Asus ROG Phone saja. 

Berikut ini adalah beberapa aksesoris eksklusif yang bisa membawa pengalaman bermain game mobile ke level berikutnya.

AeroActive Cooler 3

AeroActive Cooler 3 merupakan aksesoris eksklusif Asus ROG Phone 3 bagi kalian yang menjaga suhu smartphone kalian untuk bisa tetap dingin meskipun digunakan bermain game selama berjam-jam.

Dengan AeroActive Cooler, kalian dapat menurunkan suhu permukaan Asus ROG kalian hingga 4°C 5, tetapi masih sangat kompak dan mudah dihubungkan ke port yang dipasang di samping, dan juga dapat dipasang bahkan ketika Aero Case dipasang.

Selain itu, sekarang ada juga penyangga di bagian belakang yang dapat menopang ROG Phone 3 untuk pengalaman menonton yang lebih baik.

TwinView Dock 3

TwinView Dock 3 merupakan aksesoris eksklusif ROG Phone yang akan membuat pengalaman bermain game kalian menjadi lebih seru. Karena dengan layar ganda, kalian jadi punya lebih banyak fleksibilitas.

Selain itu, dengan layar ganda kalian juga berkesempatan untuk melakukan multi tasking sebagaimana kebanyakan programmer yang mempunyai 2 layar berbeda ketika sedang melakukan pekerjaannya. Di mana yang satu digunakan untuk coding, dan yang satunya lagi digunakan untuk testing.

Kunai 3 Gamepad

Buat kalian yang merasa layar smartphone terlalu sempit dan lebih nyaman memencet tombol daripada mengetuk layar ketika bermain game, kalian tidak perlu khawatir. Karena Asus menyediakan Kunai Gamepad yang bisa kalian pasang di ROG Phone kalian.

ROG Clip

Sementara buat kalian yang sudah memiliki gamepad sendiri, kalian tidak perlu khawatir. Karena kalian cukup memasang ROG Clip ini dan kalian bisa menggunakan gamepad favorit kalian untuk memainkan game dengan lebih nyaman

ROG-Lighting-Armor-Case-Icon

Lighting Armor Case

Buat kalian yang takut handphone kalian jatuh dan kena goresan, Asus menyediakan 2 case eksklusif buat kalian. Yang pertama ada Lighting Armor Case.

Dengan Lighting Armor Case ini, kalian tidak perlu khawatir handphone kalian terkena goresan lagi. Selain itu, kalian juga bisa tetap tampil stylish karena case yang bisa menyala.

Aero Case

Aero Case

Buat kalian yang lebih suka dengan case yang lebih simpel dan tetap menjaga sirkulasi handphone, kalian bisa menggunakan Aero Case.

Dengan Aero Case ini, kalian bisa tetap menjaga handphone kalian dari gorsesan tapi juga tetap menjaga sirkulasi udara sehingga tidak mudah panas ketika digunakan bermain game-game berat.

Mobile Desktop Dock

Mobile Desktop Dock

Dengan daya pacu Snapdragon 865 Plus dan kapasitas RAM yang sangat lega, kalian bisa menggunakan Asus ROG Phone untuk bermain selayaknya bermain game di PC.

Kalian hanya cukup memasang ROG Phone kalian ke dalam mobile desktop dock kemudian menyambungkannya dengan monitor, mouse, dan keyboard 4K UHD eksternal saat menggunakan ROG Phone 3 sebagai layar tambahan, sambungkan ke LAN gigabit berkabel, dan gunakan output S/PDIF untuk memaksimalkan sistem suara surround saluran 5.1 yang kalian miliki.

Dengan begitu kalian siap menggunakan Asus ROG Phone layaknya sebuah PC Mini.


Lebih Ngebut dengan Booster Performa

Dan seperti yang sudah saya jelaskan dari awal, Asus ROG Phone 3 adalah soal performa. Dengan kualitas hardware yang terbaik di kelasnya, sudah pasti performa Asus ROG Phone 3 akan jauh melampaui smartphone flagship pada umumnya. 

Tapi jika kalian ingin menginginkan yang lebih maksimal lagi, Asus menyediakan beberapa opsi untuk meningkatkan performa ROG Phone 3 dengan sistem optimasi yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Setidaknya ada 2 opsi yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan performa Asus ROG Phone 3.

Game Genie

Game Genie merupakan salah satu fitur untuk meningkatkan kualitas dalam bermain game yang kalian bisa nikmati dari Asus ROG Phone 3. Game genie sendiri merupakan menu yang yang berupa tombol mengambang di layar ketika kalian sedang memainkan game. Dan jika kalian buka, tampilannya kurang lebih seperti gambar di atas. Untuk meningkatkan performa handphone menggunakan Game Genie ini, kalian cukup menekan tombol “Speed up” yang ada di bagian pojok kanan atas dari Game Genie.

X-Mode

Seperti halnya Game Genie, X-Mode adalah fitur bawaan Asus ROG Phone 3. Untuk mengaktifkan X Mode ini, kalian cukup membuka panel menu dengan cara slide bagian atas layar ke bawah sebagaimana ketika membuka notifikasi, kemudian pilih menu X Mode.

X Mode sendiri merupakan booster mode default dari Asus ROG Phone 3 untuk meningkatkan performa secara maksimal. Dalam X Mode, kalian bisa melihat performa Asus ROG Phone 3 kalian secara detail. Mulai dari CPU, GPU, RAM, Storage, sampai dengan temperatur perangkat.

Secara default, X Mode sudah diatur agar performa Asus ROG Phone 3 menjadi maksimal. Tapi jika kalian mau membuat pengaturan sendiri, kalian bisa memanfaatkan custom setting. Baik itu untuk menyesuaikan kinerja sistem, pengaturan tampilan, kontrol sentuh, maupun pengaturan jaringan. Sehingga menjadikan X Mode terasa lebih personal karena sesuai keinginan dan kebutuhan kalian.


Setelah mendalami begitu banyaknya fitur dan kualitas yang dimilikinya, sulit rasanya untuk tidak menyebut Asus ROG Phone 3 sebagai ponsel paling luar biasa dari sisi performa. Apalagi didukung dengan nama besar ROG yang dikenal sebagai jawara laptop dan PC gaming sejak lama. Jadi, sudah pasti kualitas yang kita dapatkan pun akan terbaik di masing-masing kelasnya. Digunakan multi tasking untuk produktivitas sehari-hari sangat bisa, digunakan bermain game pun sangat istimewa.

Asus Phone ROG 3 Controller

Jadi, gimana? Sudah siap untuk upgrade smartphone kamu menjadi smartphone dengan level performa yang belum pernah ada sebelumnya?  


Spesifikasi Asus ROG Phone 3

KomponenSpesifikasi
Ukuran layar6.59 inci, 1080 x 2340 pixels, AMOLED capacitive touchscreen, 1B colors
RAM– 8GB
– 12GB
ROM– 128GB
– 256GB
CPUQualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+) Octa-core up to 3.1 GHz
GPUAdreno 650
Sistem operasiAndroid 10, ROG UI
Kamera UtamaTriple Camera:
– 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
– 13 MP, f/2.4, 125˚, 11mm (ultrawide)
– 5 MP, f/2.0, (macro)
Kamera Depan24 MP, f/2.0, 27mm (wide), 0.9µm
BateraiNon-removable Li-Po 6000 mAh
SIMDual SIM (Nano-SIM)

Referensi dan Sumber Gambar:

107 posts

About author
Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.
Articles

Leave a Reply

%d bloggers like this: