Dunia KerjaTeknologi

Berbagai Solusi Ekonomi dari Internet di Tengah Pandemi

12 Mins read

Pandemi covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setengah tahun ini telah membuat banyak sekali perusahaan gulung tikar. Mulai dari perusahaan transportasi, perusahaan jasa akomodasi, pariwisata, properti, otomotif, layanan pendidikan, semuanya terdampak oleh pandemi. Dan di antara begitu banyak perusahaan-perusahaan yang mengalami penurunan pendapatan, Teknologi Informasi adalah bidang paling sedikit terdampak oleh pandemi. Bahkan ada yang mengalami peningkatan. Seperti halnya perusahaan penyedia layanan pembelajaran online, meeting online, serta jual beli online.

Online, itulah salah satu kata kunci dari beberapa perusahaan yang sukses bertahan di tengah pandemi yang masih belum jelas kapan akan usai. Maka dari itu, buat kalian yang ikut terdampak oleh pandemi Covid-19 secara ekonomi, ada baiknya kalian mulai mendalami internet mulai saat ini. Karena di internet ada berbagai macam kesempatan dan lapangan pekerjaan baru yang bisa kita tekuni. Beberapa di antara peluang kerja di internet bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Kecuali akses internet yang memadai. Maka dari itu, sangat cocok untuk dijadikan salah satu alternatif solusi ekonomi di tengah pandemi.

Dan berikut ini adalah beberapa di antara beberapa lapangan pekerjaan berbasis internet yang bisa dijadikan solusi ekonomi di tengah pandemi.

Cara Menajdi Affiliate Marketer

1. Menjadi Reseller atau Affiliate Marketer

Buat kalian yang minim modal, opsi paling aman untuk menghasilkan pendapatkan dengan memanfaatkan internet adalah dengan menjadi reseller atau dropshiper. Karena kita tidak perlu mengeluarkan modal untuk membuat produk. Sebagai gantinya, kita cukup memikirkan bagaimana cara menjual produk atau jasa yang dimiliki oleh pihak lain. Dengan begitu, kita bisa langsung fokus memikirkan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

Model bisnis reseller atau dropshiper sebenarnya bukan sebuah model yang asing. Karena pada prakteknya, metode ini sudah banyak dilakukan oleh pebisnis pemula di Indonesia. Dan buat kalian yang ingin memulai bisnis secara online tapi minim modal, sebenarnya ada satu lagi opsi, yaitu dengan menjadi affiliate marketer. Secara umum, afiliate marketer tidak jauh berbeda dengan reseller dan dropshipper.

Perbedaan Reseller dengan Affiliate Marketer

Yang membedakan antara reseller dengan affiliate marketer ada pada proses akhirnya. Jika reseller harus mengurusi semua hal mulai dari menjaga stok barang, pemasaran, penjualan, pembayaran, dan seterusnya, affiliate marketer hanya fokus pada pemasaran saja. Jadi, tugas utama affiliate marketer adalah untuk mengantarkan calon konsumen kepada pemilik bisnis atau pemilik toko. Jadi, kita tidak menjual produk secara langsung. Tapi mendapatkan komisi setiap kali ada konsumen yang membeli produk maupun jasa dari pemilik bisnis tersebut.

Sampai saat ini, ada banyak sekali program afiliasi di dunia. Salah satu yang paling populer adalah afiliasi jasa hosting. Karena dibandingkan program afiliasi yang lain, program afiliasi jasa hosting memberikan komisi yang jauh di atas rata-rata program afiliasi lainnya yang seringkali hanya berkisar antara 1-10% saja.

Buat kalian yang minim modal dan ingin memulai bisnis secara online, Exabytes Indonesia membuka kesempatan buat kalian dengan menghadirkan program afiliasi terbaik. Karena kalian berkesempatan untuk mendapatkan komisi sampai dengan 25% dari setiap transaksi.

Program Afiliasi Terbaik
credits: www.exabytes.co.id/program-afiliasi

3 Hal Yang Perlu Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Afiliasi

Sebagaimana bisnis pada umumnya, memulai bisnis afiliasi juga membutuhkan beberapa persiapan dan pertimbangan. Buat kalian yang ingin memulai bisnis afiliasi, berikut ini beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan.

Pilih Program Afiliasi yang Berkualitas

Untuk kasus afiliasi, ada 2 kualitas yang perlu diperhatikan. Pertama adalah kualitas dari produk atau jasa yang kita tawarkan kepada calon konsumen. Di era seperti sekarang, salah satu cara paling mudah untuk mengukur kualitas sebuah produk adalah dengan melihat rating. Karena menjual produk yang berkualitas itu secara umum lebih mudah untuk dilakukan. Karena kita tidak perlu bersusah payah untuk menutupi kekurangan dari produk yang kita tawarkan. Pastikan produk atau jasa yang kalian tawarkan itu minimal mempunyai rating 4,5/5 atau 9/10, Semakin tinggi tentu semakin baik.

Ini juga alasan kenapa saya menyarankan kalian yang ingin mulai terjun di dunia bisnis online atau internet marketing untuk mencoba program afiliasi dari Exabytes. Karena berdasarkan rating di Google My Business, Exabytes mempunyai rating 4,9/5. Jadi kalian akan lebih mudah untuk memasarkannya. Karena produknya memang sangat berkualitas.

Review Exabytes Indonesia

Selain kualitas produk, pastikan program afiliasi yang kalian jalankan benar-benar membayarkan komisi. Karena di zaman seperti sekarang, tidak sedikit yang melakukan penipuan dengan mengatasnamakan program afiliasi. Berikut ini beberapa cara mengidentifikasi penipuan berkedok program afiliasi.

Pastikan program afiliasi yang kalian ikuti itu mempunyai produk atau jasa yang jelas

Salah satu cara paling mudah untuk mengidentifikasi penipuan berkedok inventasi atau afiliasi adalah dengan memastikan produk yang dijual itu benar-benar ada dan berkualitas. Karena salah satu modus penipuan paling banyak digunakan di Indonesia adalah skema ponzi. Di mana sistemnya hanyalah memutar uang para anggotanya. Tanpa ada produk atau jasa yang dijual kepada publik. Maka dari itu, hati-hati dengan program afiliasi yang mewajibkan kalian untuk merekrut anggota daripada menjual produk atau jasa.

Pastikan program afiliasi yang kalian ikuti memberikan komisi yang wajar

Karena biasanya salah satu modus yang digunakan para penipu adalah dengan memberikan iming-iming persentase komisi yang di luar batas kewajaran (> 50%). Maka dari itu, jangan mudah tergiur dengan iming-iming persentase yang secara logika kurang masuk akal.

Pastikan program afiliasi yang kalian ikuti tidak mewajibkan kalian untuk membayar di awal

Jika kalian ditawari program afiliasi tapi di awal harus membayar biaya pendaftaran yang mencapai jutaan, maka kalian harus hati-hati. Karena umumnya program afiliasi, khususnya afiliasi hosting seperti yang dilakukan oleh Exabytes itu tanpa biaya sama sekali. Jadi, benar-benar tanpa modal. Inilah yang menjadi kelebihan program afiliasi dibandingkan sistem reseller atau MLM yang tidak jarang mengharuskan membernya untuk membayar biaya pendaftaran lebih dulu.

Siapkan Tempat Promosi

Setelah memilih program afiliasi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan bagi calon internet marketer adalah menyiapakan tempat promosi. Untuk tempat promosi ini, kita bisa memanfaatkan berbagai macam akun social media yang kita miliki.

Atau jika kalian mempunyai modal lebih, tidak ada salahnya kalian coba membuat blog atau website. Karena blog atau website merupakan salah satu tempat promosi paling disarankan oleh para ahli internet marketing. Khususnya bagi pelaku program afiliasi. Karena tidak seperti promosi di social media yang cenderung to the point dan membutuhkan banyak biaya agar bisa menjangkau banyak orang, promosi dengan menggunakan website itu lebih murah dan lebih mudah diterima. Karena seringkali promosinya dilakukan secara soft-selling.

Buat kalian yang berniat untuk membuat website, kalian tidak perlu khawatir masalah biaya. Karena cukup dengan 25 ribu per bulan kalian sudah bisa mendapatkan domain murah dan hosting dari penyedia hosting terbaik Indonesia.

Atau jika kalian ingin lebih cepat lagi dalam proses pembuatan websitenya, kalian bisa menggunakan CMS seperti WordPress. Yang sangat cocok untuk disandingkan dengan WordPress Hosting. Yang jelas, membuat website itu sangat mudah untuk dilakukan di saat ini.

Tempat Promosi

Selalu Tanamkan Dalam Diri Bahwa Konten Adalah Kunci

Konten adalah kunci dari proses pemasaran di internet atau yang biasa dikenal sebagai internet marketing. Termasuk di dalamnya adalah pemasaran produk program afiliasi. Karena rata-rata program afiliasi itu berbasis internet.

Jadi, buat kalian yang berminat untuk menekuni affiliate marketing, pastikan kalian rajin membuat konten yang sesuai dengan program afiliasi yang kalian jalankan. Agar kalian bisa menyisipkan link produk ke dalam konten yang telah kalian buat. Karena affiliate marketing itu lebih mudah diterima ketika dimasukkan ke dalam bagian dari konten, daripada dipromosikan secara langsung sebagai gambar banner atau semacamnya.

Cara Menjadi Freelancer

2. Menjadi Freelancer

Peluang kedua yang bisa kalian dapatkan dari internet untuk tetap berpendapatan di masa pandemi ini adalah dengan menjadi freelancer. Adanya internet membuka kesempatan seluas-luasnya bagi setiap orang untuk memasarkan kemampuannya ke seluruh dunia.

Secara umum, menjadi freelancer itu tidak jauh berbeda dengan berjualan produk secara online. Yang membedakan hanyalah pada jenis produknya saja. Yakni berupa jasa. Sampai saat ini, ada banyak sekali situs yang bisa kita gunakan untuk menawarkan jasa kita. Mulai dari yang ada di dalam negeri, maupun yang mancanegara.

3 Modal Utama Sebagai Freelancer

Meskipun sekilas terkesan simpel, pada dasarnya menjadi seorang freelancer itu membutuhkan persiapan yang tidak sedikit. Berikut ini adalah beberapa hal pokok yang perlu kalian siapkan untuk menjadi freelancer yang mampu bersaing di jagat internet.

Skill

Skill ini merupakan modal utama dari seorang freelancer. Karena skill inilah yang menjadi ‘produk’ mereka. Maka dari itu, wajib hukumnya bagi seorang freelancer untuk mempunyai skill. Karena kalau tidak ada skill yang dimiliki, lalu apa yang akan ditawarkan kepada calon client kita?

Beberapa skill yang banyak dibutuhkan di dunia freelance di antaranya adalah skill mengenai teknologi informasi (programming, desain web, membuat aplikasi), desain (desain logo, modeling 3d, desain banner, desain interior, dll.), multimedia (fotografi, videografi, animasi, dan semacamnya), dan tulis menulis (menerjemah, membuat transkrip, membuat laporan, membuat artikel blog, dll.).

Di dunia freelance sendiri, jarang sekali ada yang mewajibkan adanya ijazah. Jadi, kesempatan menjadi freelance itu terbuka bagi mahasiswa semua jurusan sampai dengan yang tidak pernah kuliah sama sekali. Jadi, buat kalian yang terdampak secara ekonomi di masa pandemi ini, pastikan kalian mempunyai skill untuk dijual. Karena peluang untuk menjadi seorang freelancer itu sangat besar sekali.

Kemampuan Komunikasi

Karena freelancer seringkali bekerja secara remote (jarak jauh), maka dari itu harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Karena komunikasi ini nantinya akan digunakan dalam banyak fase. Mulai dari promosi, negosiasi, koordinasi, sampai dengan presentase hasil kerja. Jadi, buat kalian yang berminat untuk bekerja secara freelance, pastikan kalian mulai mengasah kemampuan komunikasi kalian. Dan akan sangat lebih baik lagi jika kalian mempunyai kemampuan bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. Karena peluang menjadi freelancer di skala internasional itu jauh lebih menggiurkan. Baik dari segi banyaknya lapangan kerja, maupun dari segi besarnya gaji yang ditawarkan.

Website Portofolio

Portofolio

Selain skill dan kemampuan komunikasi, salah satu modal lain yang dibutuhkan oleh seorang freelancer adalah portofolio. Portofolio ini bentuknya bisa bermacam-macam. Tegantung skill dan jenis pekerjaan. Bagi seorang fotografer, tentu portofolio yang baik adalah feed Instagram atau website. Bagi web developer, tentu portofolio berupa website jauh lebih meyakinkanbagi calon klien daripada portofolio berupa blog gratisan misalnya.

Dari sekian banyak model portofolio, website merupakan salah satu portofolio paling banyak digunakan oleh para profesional. Karena memiliki website merupakan salah satu bukti profesionalitas kita kepada calon klien. Selain juga karena dari segi tampilan dan fungsionalitas, website jauh lebih lengkap dan lebih mudah untuk dikustomisasi daripada portofolio berbasis social media. Dan yang tidak kalah penting lagi, dengan mempunyai website, kita juga berkesempatan untuk melakukan promosi dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Yang tentunya sangat sulit untuk dilakukan dengan hanya bermodalkan akun social media saja.

Cara sukses berjualan online

3. Jualan Online

Jualan online adalah salah satu model bisnis paling umum dilakukan di internet. Apalagi setelah semakin banyaknya marketplace yang membuat proses jual beli secara online menjadi lebih mudah dan aman. Selain marketplace, media lain yang sering digunakan untuk jual beli secara online saat ini adalah social media. Meskipun harus diakui kalau jual beli barang melalui social media itu jauh lebih beresiko karena seringkali dilakukan hanya berbasis kepercayaan. Tidak seperti jual beli barang melalui marketplace yang memungkinkan pembeli untuk mendapatkan lagi uangnya ketika barang tidak jadi dikirim atau jauh berbeda dengan apa yang dipesan.

Buat kalian yang berminat untuk melakukan jual beli secara online, pastikan produk yang kalian jual itu memang dibutuhkan oleh masyarakat. Meskipun segmented, yang jelas harus ada calon konsumen yang ditarget. Salah satu cara paling mudahnya adalah dengan melihat apa saja produk yang laris di marketplace. Dari situ kalian jadi punya gambaran seperti apa target pasar yang kalian bidik dan produk seperti apa yang kalian jual.

Awali dengan Menjadi Reseller Dulu

Bagi kalian yang masih pemula, fokuskan perhatian kalian untuk coba menjual dulu. Maka dari itu, salah satu langkah paling mudah untuk memulai bisnis jualan online adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper. Karena dengan begitu, fokus kita tidak terbagi antara produksi dengan pemasaran. Meskipun tentu jangka panjangnya adalah mempunyai produk sendiri. Karena itu jauh lebih menguntungkan dan juga sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Dan karena saat ini sudah ada ribuan, bahkan jutaan toko online di seluruh Indonesia, maka kalian perlu memikirkan cara agar toko kalian itu bisa mudah ditemukan oleh calon konsumen kalian. Salah satunya adalah dengan cara membuat website. Karena dari sekian banyak toko online yang ada di Indonesia, yang mempunyai website mungkin tidak sampai 5 persen. Itu artinya, kalian hanya perlu bersaing dengan 5 persen sisanya itu saja untuk bisa muncul di halaman pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, dan semacamnya.

Untuk membuat website buat toko online dengan mudah, kalian bisa gunakan layakan Hosting WordPress Terbaik dari Exabytes Indonesia. Karena di situ, kalian tinggal order saja paket yang kalian inginkan. Lalu kalian akan mendapatkan hosting yang sudah dioptimasi untuk WordPress + gratis domain. Selain itu kalian juga menggunakan lebih dari 100 pilihan tema yang siap digunakan untuk website kalian. Jadi, kalian tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk membuat websitenya. Dan bisa segera menggunakannya untuk promosi produk yang kalian punya.

Setelah membuat website, pastikan kalian rajin memperbarui kontennya. Karena konten adalah faktor utama dalam proses SEO. Semakin banyak konten berkualitas yang kalian buat, maka peluang website kalian untuk bisa muncul di halaman pertama mesin pencari akan semakin besar. Dan dengan begitu, peluang produk kalian untuk terjual pun akan semakin besar.

Kerjasama dengan UKM Sekitar

Selain menjadi reseller, cara paling mudah untuk berjualan online dengan bekerja sama dengan pelaku UKM yang punya produksi rumahan. Karena umumnya pelaku UKM masih berjualan secara konvensional, jadi kalian bisa membantu mereka untuk memasarkan produk mereka di internet. Jadi sistemnya bisa bagi hasil atau bisa juga kalian membeli produk mereka untuk kalian pasarkan sendiri.

Jadi, kalian tidak perlu membagi fokus kalian untuk memproduksi barang. Tapi cukup hanya berfokus untuk memasarkan produk yang sudah ada. Caranya jualannya bisa bermacam-macam. Bisa dengan menggunakan social media, melalui website jual beli online, atau dengan membuat website sendiri. Yang jelas, masing-masing tempat promosi itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan akan sangat bagus sekali jika kita bisa memaksimalkan semua tempat promosi yang ada.

Buat Produk Sendiri

Membuat produk sendiri merupakan salah satu impian terbesar para pebisnis. Karena dengan mempunyai produk sendiri, kita punya kendali penuh terhadap produk yang kita jual. Mulai dari jenis produknya, desainnya, kemasannya, harganya, semuanya kita yang menentukan. Tapi yang jelas, membuat produk sendiri itu tidak disarankan bagi pengusaha pemula. Karena pebisnis pemula biasanya masih belum mempunyai jaringan pemasaran yang mumpuni sehingga seringkali fokusnya terbagi antara produksi dan pemasaran. Dan akhirnya penjualan produk yang harusnya menjadi ujung tombak bisnis menjadi kurang maksimal.

Membuat produk sendiri ini cocoknya dilakukan oleh pebisnis yang sudah punya nama dan jaringan pemasaran. Atau bisa juga dilakukan oleh artis, influencer, atau tokoh publik yang sudah dikenal. Karena biasanya orang-orang seperti itu sudah punya banyak pengikut di social media, sehingga relatif lebih mudah untuk mempromosikan produk mereka. Dan buat kalian yang masih baru memulai bisnis, baiknya kalian fokus membangun brand dan jaringan pemasaran dulu. Jadi, ketika kalian sudah mempunyai kemampuan untuk produksi sendiri, kalian tidak perlu bingung untuk mempromosikannya.

Cara sukses menjadi content creator

4. Menjadi Content Creator

Menjadi content creator adalah salah satu pekerjaan yang paling umum dilakukan di zaman sekarang. Jika dulu content creator identik dengan blogger, kini content creator lebih luas lagi spektrumnya, Ada yang menjadi content creator dengan konten berbasis teks (blogger), foto (selebgram), video (Youtuber, streamer, TikToker), bahkan audio (podcaster).

Banyak orang berpikir, untuk menjadi seorang content creator itu harus punya komputer, kamera, atau handphone yang kualitasnya jauh di atas rata-rata. Tapi jika melihat fakta yang ada, hampir semua content creator itu mulainya dari yang mereka miliki. Jadi, gunakan apa saja yang sekarang kalian miliki untuk membuat konten. Karena kuncinya ada pada konten. Sebagus apapun alatnya, kalau tidak digunakan untuk membuat konten ya tidak akan pernah membuat kalian jadi content creator.

Mulai dari Hobi

Menjadi seorang content creator adalah sebuah perjalanan panjang. Layaknya sebuah maraton, Jadi kita harus mempunyai strategi dan sumber pendapatan yang lain untuk bisa bertahan di tahun-tahun awal sebelum akhirnya bisa menikmati jerih payah dari hasil konten yang kita buat. Maka dari itu, jika tujuan kalian adalah ingin cepat mendapatkan penghasilan, maka menjadi seorang content creator bukanlah pilihan yang disarankan. Karena memang butuh waktu yang lumayan. Dan karena itu, membuat konten berdasarkan hobi adalah salah satu cara untuk bisa bertahan di tahun-tahun awal. Jadi, kita tidak terlalu merasa terbebani ketika konten kita tidak langsung mendapat sambutan dari calon penikmatnya. Karena memang pada dasarnya kita membuat konten karena memang punya minat dan hobi tentang itu.

Sebagai gambaran saja, seorang Youtuber baru bisa melakukan monetisasi videonya ketika akun mereka sudah mempunyai 1.000 subscriber dan total jam tayang minimal sebanyak 4.000 jam (240.000 menit) dalam satu tahun. Dan rata-rata Youtuber baru bisa mendapatkan angka sebanyak itu ketika sudah 1 tahun. Itu pun belum tentu bisa rutin gajian setelahnya. Karena memang secara nilai, tarif iklan di Indonesia tidak seperti di luar negeri. Jadi kalau kalian memang serius ingin menekuni dunia konten, ada baiknya kalian mempertimbangkan untuk membuat konten yang bisa dinikmati secara global. Yakni dengan cara membuat konten berbahasa Inggris. Karena secara target pasar jauh lebih luas. Dan secara nilai pendapatan pun jauh lebih menggiurkan. Tapi ya itu, kita harus siap karena harus bersaing dengan ratusan juta pembuat konten lainnya dari seluruh dunia.

Jangan takut untuk berbeda

Jangan Takut untuk Menjadi Berbeda

Mengikuti tren itu baik bagi pemula yang baru memulai langkah menjadi seorang content creator. Karena memang hampir semua bisnis itu dimulai dengan cara ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Begitupun seorang content creator. Rata-rata punya tokoh yang dijadikan acuan untuk diikuti jejaknya. Sebelum akhirnya menemukan jalannya sendiri.

Maka dari itu, jangan takut untuk berbeda. Karena kalau meminjam istilah Pandji Pragiwaksono, “sedikit lebih beda, itu jauh lebih baik daripada sedikit lebih baik”. Karena secara natural, kita lebih mudah mengidentifikasi perbedaan daripada kualitas. Maka dari itu, sedikit lebih beda itu jauh lebih mudah untuk viral daripada sedikit lebih baik. Sebagai gambaran saja, jika kalian berada di antara orang-orang yang berpakaian hitam misalnya, tentu kalian akan sangat mudah terlihat ketika kalian menggunakan warna abu-abu misalnya. Itulah fungsinya menjadi berbeda. Agar bisa terlihat di antara kerumunan seperti halnya di social media.

Contoh paling bagus untuk hal ini adalah Bang Haji Bolot. Di mana beliau mempunyai karakter yang unik sebagai seorang pelawak. Sehingga orang-orang sampai mengistilahkan orang yang mempunyai masalah pendengeran sebagai “Bolot”. Dan terbukti, di saat teman-teman pelawak angkatan beliau sudah banyak yang pensiun dari layar kaca, Bang Haji Bolot masih tetap mendapatkan hati di acara-acara TV sampai sekarang. Itulah alasan kenapa kita harus berani berbeda sebagai seorang content creator.

Meskipun di waktu yang sama kita tetap harus memperhatikan norma yang ada. Jangan hanya karena ingin berbeda lalu kita menabrak semua norma yang ada. Karena bukan tidak mungkin itu malah menjadi bumerang bagi kita. Dan menjadikan usia kita sebagai content creator tidak bisa bertahan lama. Karena ada banyak orang yang akan memusuhi dan melaporkan akun kita.

Tawarkan Diri, Jangan Menunggu Ditawari

Menjadi seorang content creator juga berarti harus pro-aktif untuk mencari peluang kerja sama. Karena selain dari iklan seperti halnya adsense, sumber pendapatan seorang content creator yang terbesar biasanya dari kerjasama langsung. Seperti halnya endorsement, content placement, maupun exclusive content. Jadi sebagai seorang content creator kita juga harus tahu kualitas diri. Sehingga mampu menilai mana saja calon klien yang cocok untuk ditawari kerja sama dengan melihat rekam jejak konten yang sudah kita buat.

Tawarkan Diri, Jangan Menunggu untuk Ditawari

Karena pada dasarnya, semua perusahaan itu butuh pemasaran. Maka dari itu, kita harus pandai melihat peluang mana saja produk yang sangat bisa untuk diajak kolaborasi dan membuat konten yang eksklusif untuk produk tersebut. Dan untuk itu, kita juga harus punya data mengenai siapa saja penikmat konten kita, mulai dari jenis kelaminnya, usianya, sampai dengan engagement kita di social media. Karena data-data tersebut nantinya yang akan kita tawarkan kepada calon klien kita. Pastikan perusahaan yang kita targetkan itu beririsan segmen pasarnya dengan penikmat konten kita. Sehingga kita bisa menjadi alternatif tempat pemasaran produk bagi perusahaan tersebut.

Penutup

Pada dasarnya, ada banyak sekali peluang kerja di internet. Kami sadar bahwa sebuah tulisan tidak akan mampu menjelaskan semua peluang yang ada di internet. Maka dari itu, kami hanya menjelaskan 4 di antaranya saja. Berdasarkan pengalaman pribadi. Karena saya sendiri cukup beruntung karena bekerja secara remote di bidang IT sehingga tidak terlalu terdampak secara ekonomi oleh pandemi covid-19. Semoga uraian di atas bisa membantu kalian yang sedang terdampak secara ekonomi oleh pandemi. Syukur-syukur jika bisa terus menjadi sumber pendapatan alternatif kalian di kemudian hari.


Tulisan ini diikutkan lomba blog Exabytes Indonesia yang informasinya bisa dibaca melalui banner di bawah.

102 posts

About author
Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.
Articles

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: