Dunia Kerja

Calon Mahasiswa Harus Pernah Ke Bursa Kerja

2 Mins read
Calon Mahasiswa Harus Pernah ke Bursa Kerja

Bursa kerja merupakan salah satu lokasi yang wajib dikunjungi oleh calon mahasiswa. Mungkin banyak di antara kalian yang penasaran dan bertanya-tanya, “masih SMA kok datang ke bursa kerja? buat apa? Emang masih ada ya perusahaan yang menerima lulusan SMA?”.

Memang benar, saat ini hampir tidak ada perusahaan nasional dan multinasional yang menerima lulusan SMA. Kualifikasi minimal di perusahaan BUMN, perusahaan nasional, dan multinasional rata-rata S1. Kalaupun ada lowongan untuk lulusan SMA sederajat, jumlahnya sangat terbatas. Itupun hanya untuk posisi-posisi tertentu.

Meskipun sekarang hampir jarang sekali perusahaan yang menerima lulusan SMA, bagi kalian yang masih di bangku SMA ada baiknya untuk berkunjung ke job fair.

Alasan utama kenapa para calon mahasiswa itu harus pernah ke job fair adalah karena di sanalah mereka akan menemukan jawaban atas segala uneg-uneg dan pertanyaan mereka terhadap dunia kuliah dan dunia kerja.

Dengan datang langsung ke lokasi job fair, setidak-tidaknya ada 4 manfaat yang bisa didapatkan oleh calon mahasiswa:

1. Lebih Paham Pangsa Pasar Jurusan

Dengan berkunjung ke bursa kerja, kalian jadi punya gambaran yang jelas, pangsa pasar masing-masing jurusan itu seperti apa di dunia kerja. Pekerjaan seperti apa saja yang membuka lowongan untuk semua jurusan, jurusan apa saja yang diperlukan untuk bekerja di perusahaan tertentu, dan semacamnya.

Karena salah satu penyebab kebingungan ketika memilih jurusan adalah karena tidak adanya tujuan dan cita-cita yang jelas. Dengan berkunjung ke bursa kerja, setidaknya kalian akan menjadi lebih aware tentang pentingnya cita-cita. Sehingga kalian punya cita-cita yang jelas. Dan dengan begitu, kalian tidak akan kebingungan lagi akan memilih jurusan apa ketika kuliah.

2. Bisa Bertanya Langsung pada Ahlinya di Bursa Kerja

Bursa kerja merupakan salah satu tempat di mana kalian bisa bertanya langsung kepada ahlinya. Ada banyak sekali orang-orang yang bisa menjawab kegelisahan kalian tentang dunia perkuliahan dan dunia kerja. Di bursa kerja ada banyak sekali pekerja divisi HRD yang bisa kalian tanyai apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja.

Baca Juga  Suka Duka Bekerja Secara Remote

Selain itu, di bursa kerja kalian juga sangat mungkin untuk bertemu dengan para sarjana dari berbagai macam jurusan. Sehingga memungkinkan kalian untuk mencari tahu lebih banyak informasi mengenai dunia perkuliahan.

Syaratnya satu: kalian harus berani membuka diri. Karena jika kalian hanya berkunjung saja tanpa ada keberanian untuk berkomunikasi dengan orang yang kalian temui, maka tidak akan ada hasilnya.

3. Tahu Skill Apa yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Seperti yang sudah saya singgung di poin sebelumnya, di bursa kerja kalian bisa menemukan banyak sekali pekerja divisi HRD dari berbagai macam perusahaan. Sehingga kalian bisa bertanya langsung kepada mereka apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja.

Selain bertanya langsung kepada HRD, di bursa kerja kalian juga akan menemukan banyak sekali pamflet mengenai lowongan kerja. Yang seringkali juga dilengkapi dengan info kualifikasi pekerja yang dibutuhkan.

Sehingga dengan begitu, kalian menjadi punya pengetahuan yang lebih luas mengenai dunia kerja. Dan tentu itu akan lebih membantu kalian dalam menentukan pilihan jurusan ketika mendaftar kuliah.

4. Lebih Yakin Dalam Memilih Jurusan Setelah Dari Bursa Kerja

Masih terkait dengan poin-poin sebelumnya, ini merupakan alasan terpenting mengapa anak SMA itu setidak-tidaknya harus pernah ke job fair. Karena ada banyak sekali informasi penting yang bisa kalian temukan di sana.

Di bursa kerja, kita akan lebih hemat waktu dalam memperoleh informasi. Karena kita tidak perlu berkunjung satu-satu ke masing-masing perusahaan maupun jurusan. Karena semuanya sudah kumpul di sana. Jadi kita cukup hanya datang dan membuka diri saja.

Dengan berkunjung ke job fair, kalian akan menjadi semakin paham keilmuan apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu, kalian juga akan belajar jurusan apa saja yang banyak dibutuhkan di dunia kerja. Belum lagi kalian juga akan paham apa saja prospek kerja untuk masing-masing jurusan.

Di mana semua informasi tersebut akan sangat bermanfaat buat kalian dalam menentukan pilihan jurusan.


Demikian ulasan mengenai pentingnya berkunjung ke bursa kerja bagi siswa SMA. Semoga bermanfaat.

About author
Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.
Articles

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: