Cara Menambahkan Daftar Isi di Dalam Postingan

Seperti yang bisa kalian lihat pada postingan saya sebelumnya, saya menambahkan daftar isi di dalam postingan saya. Karena saya merasa keberadaan daftar isi bisa memudahkan pengunjung untuk bisa melihat poin-poin penting dari postingan saya. Sehingga kalau mereka merasa tidak membutuhkannya, mereka bisa segera cari tulisan lain yang lebih relevan bagi mereka.

Buat kalian yang ingin menambahkan daftar isi di dalam postingan, caranya sangat mudah. Kalian cukup melakukan install plugin dan melakukan pengaturan singkat di mana daftar isi akan tampil. Perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa dilakukan pada CMS WordPress self host. Itu artinya, jika kalian menggunakan Blogger (blogspot) atau WordPress.com, kalian tidak akan bisa menggunakan fitur ini.

Berikut ini cara menambahkan daftar isi di dalam postingan menggunakan CMS WordPress self host.

Install Plugin Easy Table of Contents

Yang pertama harus kalian lakukan untuk bisa menambahkan daftar isi di dalam postingan adalah menginstall plugin Easy Table of Content. Untuk installnya, silakan akses menu Plugin, kemudian pilih sub menu Add New, dan masukkan “Easy Table of Content” pada kolom pencarian. Setelah itu, langsung tekan tombol Install. Tunggu sampai proses instalasi selesai dan selanjutnya tekan tombol Activate untuk mengaktifkan plugin. Atau jika kalian kesulitan melakukan download melalui menu plugin, kalian bisa download pluginnya secara manual melalui halaman berikut.

Menambahkan Daftar Isi WordPress

Melakukan Pengaturan Plugin

Setelah sukses melakukan instalasi dan aktivasi plugin, yang perlu kalian lakukan akan melakukan pengaturan. Untuk pengaturan ini, kalian bisa memilih daftar isi akan muncul di mana saja. Saya sendiri hanya mengaktifkan daftar isi di postingan dengan jumlah header lebih dari 3. Kalau kalian mau mengaktifkan daftar isi di halaman dan di tempat lain selain postingan dan halaman, silakan centang pilihan yang kalian inginkan.

Daftar Isi WordPress

Setelah memilih di mana saja kalian ingin menampilkan daftar isi, kalian juga bisa mengatur di mana daftar isi akan muncul. Secara default, daftar isi akan muncul sebelum heading. Tapi kalau kalian ingin menampilkan daftar isi di atas postingan atau di akhir postingan juga bisa. Kalau menurut saya pribadi sih sebaiknya sebelum heading. Karena umumnya daftar isi di buku-buku itu ditempatkan sebelum masuk bab utama buku.

Mengatur Letak Daftar Isi di Postingan

Selain itu kalian bisa juga mengubah kata “Daftar Isi” sesuai dengan yang kalian inginkan. Secara default, kata yang muncul adalah “Table of Content”. Jika kalian ingin mengubahnya, silakan hapus kata tersebut dan masukkan kata yang kalian inginkan.

Jika sudah, tekan tombol save yang ada di bagian paling bawah.

Melakukan Pengaturan di Postingan

Setelah kalian melakukan pengaturan plugin, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan pengaturan di postingan. Jika kalian sudah install plugin Easy Table of Content, maka di bagian bawah postingan kalian akan muncul sebuah segmen baru. Yakni segmen pengaturan table of content.

Pengaturan Daftar Isi di Postingan

Pada menu pengaturan ini, kalian bisa menonaktifkan daftar isi jika kalian memang tidak ingin mengaktifkan daftar isi di tulisan tersebut. Dan yang terpenting adalah, kalian bisa memilih, heading mana saja yang bisa tampil pada menu daftar isi. Kalau mau semua heading yang ada di postingan muncul, silakan centang H2 sampai H6. kalau mau judul juga muncul, silakan centang H1. Kalau mau H2 saja yang muncul, silakan centang H2 saja. Dan seterusnya.

Kalau sudah, langsung saja tekan tombol publish atau update yang ada di bagian kanan atas halaman agar tulisan kalian segera dipublikasikan atau diperbarui dengan dilengkapi daftar isi. Seperti yang ada di postingan saya sebelumnya yang bisa kalian lihat di bawah ini.

Tampilan Daftar Isi pada Postingan

Penutup

Demikian cara untuk menambahkan daftar isi di dalam postingan menggunakan CMS WordPress self host. Secara umum, caranya adalah dengan menginstall plugin Easy Table of Content, melakukan pengaturan plugin, dan melakukan pengaturan di bagian postingan. Sekian. Semoga bermanfaat.

Ahsan

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back to top
%d bloggers like this: