Cara Mudah Menambahkan Signature pada Email

Email merupakan salah satu media komunikasi paling penting saat ini. Tidak seperti aplikasi mobile chat maupun messenger pada umumnya, email merupakan salah satu media komunikasi paling formal. Maka dari itu, banyak perusahaan yang memanfaatkannya sebagai media komunikasi. Khususnya untuk komunikasi dengan para pelamar kerja. Meskipun email sudah umum digunakan, namun sayangnya tidak semua orang memanfaatkan email dengan sebaik-baiknya. Salah satu fitur email yang jarang dimanfaatkan, khususnya oleh orang-orang yang awam teknologi adalah fitur signature. Padahal secara umum cara untuk menambahkan signature pada email sangat mudah.

Signature sendiri merupakan salah satu pembeda antara pengguna email yang pemula dan yang sudah mahir. Maka dari itu, penting sekali menambahkan signature pada email. Agar email kita terkesan lebih profesional. Sehingga email kita lebih dihargai dan dirprioritaskan.

Maka dari itu, buat kalian yang emailnya belum punya signature, pastikan mulai sekarang tambahkan signature. Khususnya para pelamar kerja. Karena biasanya tidak jarang lamaran pekerjaan dan CV dikirimkan melalui email. Sehingga identitas kalian lebih jelas. Dan semakin meningkatkan kemungkinan lamaran dan CV kalian untuk dibuka, dibaca, dan diterima.

Buat kalian yang ingin menambahkan signature pada email, berikut ini adalah caranya menambahkan signature pada email, khususnya gmail.

Menambahkan Signature pada Email Menggunakan Komputer

Untuk kalian yang menggunakan laptop atau komputer, cara menambahkan signature sangat mudah.

Buka Gmail

Membuat Signature Gmail

Yang pertama harus kalian lakukan untuk membuat signature adalah membuka layanan penyedia email. Kali ini saya menggunakan gmail sebagai contoh. Langsung saja ketikkan gmail.com di bagian address bar di browser kalian.

Buka Menu Settings

Setting Signature Gmail

Setelah kalian membuat halaman gmail kalian, pada menu yang ada di samping kanan atas, klik menu settings

Tambahkan Signature

Pada bagian “signature”, tambahkan signature sesuai dengan keinginan kalian. Untuk lebih memperindah signature, kalian bisa mengubah jenis dan ukuran font, menambahkan gambar tanda tangan, ataupun menambahkan icon social media.

Contoh Signature Gmail

Simpan Signature

Menambahkan Signature Email

Jika sudah selesai membuat signature, klik Save Changes agar signature yang sudah kalian buat tidak hilang

Uji Coba Hasilnya

Menambahkan Signature Pada Email

Setelah selesai membuat signature, jangan lupa mencoba melihat hasilnya dengan coba mengirimkan email atau sekadar membuat draft email. Untuk mengurangi kemungkinan adanya kesalahan ketik.

Menambahkan Signature pada Email Menggunakan HP

Buat kalian yang tidak punya komputer, jangan khawatir. Kalian juga bisa menggunakan HP kalian untuk menambahkan signature. Caranya pun sama mudahnya dengan menggunakan komputer. Berikut ini adalah cara menambahkan signature pada email menggunakan HP.

Buka Aplikasi Gmail

Langkah pertama yang harus kalian kalian untuk menambahkan signature adalah dengan membuka aplikasi mail client yang kalian miliki. Di sini saya menggunakan gmail sebagai contoh.

Klik Tombol Menu Pada Bagian Pojok Kiri Atas. Kemudian Pilih Settings.

Menambahkan Signature pada Email

Setelah aplikasi terbuka, klik tombol menu yang berada di pojok kiri atas. Kemudian scroll ke bawah dan pilih menu settings.

Pilih Akun Google yang Akan Ditambahkan Signature.

Memilih Akun Email

Setelah itu, silakan pilih akun Google yang akan kalian tambahkan signature.

Pilih Mobile Signature.

Mobile Signature Gmail

Langkah selanjutnya adalah mengarahkan kursor dengan cara scroll ke bawah sampai muncul pilihan “mobile signature”. Kemudian klik “mobile signature” untuk mengisikan signature yang kalian inginkan.

Masukkan signature yang kalian inginkan.

Edit Signature Gmail

Uji Coba Signature

Contoh Signature Gmail

Penutup

Demikian cara menambahkan signature ke dalam email. Semoga bermanfaat. Khususnya buat kalian yang sedang melamar kerja.

Selain signature, hal lain yang perlu kalian perhatian sebelum mengirim lamaran kerja dan CV melalui email adalah desain cv. Pastikan desain CV kalian tidak terlalu polos dan asal-asalan. Untuk membuat desain CV yang bagus secara gratis kalian bisa simak tulisan berikut. Atau jika kalian ingin menggunakan desain secara gratis, berikut ini kami bagikan lebih dari 50 desain CV yang bisa kalian gunakan.

Ahsan

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back to top
%d bloggers like this: