Cara Paling Efektif untuk Melaporkan Gangguan Indihome

Setelah saya pindah ke Tuban di awal tahun ini, hal yang pertama saya lakukan adalah memasang jaringan internet di rumah. Karena saya sudah izin kantor untuk kerja remote dari rumah maka mau tidak mau saya harus memasang jaringan internet yang memadai. Apalagi sinyal di lingkungan rumah saya tidak cukup bagus. Jadi, niat saya untuk memasang internet kabel di rumah semakin kuat.

Namun karena lokasi rumah saya di Tuban jauh dari pusat kota, pilihan provider internet fiber pun tidak banyak. Satu-satunya provider internet fiber adalah Indihome dari Telkom yang akhirnya saya pilihan saya.

Saya sendiri memilih paket paling murah. Yaitu paket dualplay dengan gratis telepon. Meskipun pada akhirnya teleponnya tidak pernah saya pakai. Karena memang saya merasa tidak ada lagi yang pakai telepon di zaman seperti sekarang kecuali pemerintahan, kantor, rumah sakit, hotel, dan semacamnya.

Sebenarnya ada paket yang lebih murah yaitu SinglePlay. Tapi di aplikasi MyIndihome tidak ada pilihan paketnya. Jadi terpaksa harus memilih paket DualPlay. Mungkin nanti akan saya urus agar bisa ganti paket ke DualPlay karena sayang sekali jika harus membayar layanan yang tidak pernah saya pakai sama sekali.

Untuk proses pendaftaran dan pemasangan Indihome sendiri cukup cepat. Waktu itu saya daftar melalui aplikasi MyIndihome dan hanya menunggu beberapa hari sampai akhirnya dipasang. Sebenarnya proses dari pendaftaran sampai pemasangan hanya sekitar 1-2 hari kerja. Namun karena kesalahan saya, saya sering tidak angkat telepon ketika dihubungi oleh teknisi Indihome akhirnya internet saya baru dipasang sekitar 5 hari setelah proses pendaftaran.

Dan seiring berjalannya waktu, internet di rumah saya mulai mengalami permasalahan. Yang paling sering adalah internet yang tiba-tiba sangat lemot. Bahkan sering putus-putus. Itu terjadi di sekitar bulan ketiga dan keempat. Saya sendiri kurang paham apa masalah yang terjadi.

Pengalaman Melapor Gangguan Indihome

Ketika saya coba komplain ke Indihome, seringkali jawaban yang saya terima adalah “permasalahan jaringan di sekitar lingkungan bapak”. Itu terjadi hampir beberapa minggu.

Namun kini alhamdulillah selama beberapa minggu terakhir ini internet di rumah sudah mulai stabil lagi.

Buat kalian yang ingin melaporkan gangguan internet Indihome, jangan melapor melalui telepon atau melalui aplikasi. Karena responnya akan cukup lama. Memang benar, melapor melalui aplikasi itu mudah. Tapi biasanya baru direspon beberapa jam atau bahkan sampai beberapa hari. Dan itu sangat tidak efektif.

Begitupun jika kita melapor melalui telepon. Biasanya kita akan diminta menunggu kabar lebih lanjut karena info akan diteruskan ke teknisi atau ke pihak yang lebih mumpuni untuk mengatasi problem. Masalahnya, jika kita melaporkan masalah via telepon, kita akan sungkan untuk menelepon lagi di hari yang sama. Padahal kita sedang butuh internet untuk kerja.

Kalau tidak menelepon via aplikasi atau telepon lalu melapor gangguan via apa yang paling efektif?

Melaporkan Gangguan Indihome Melalui Twitter

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, melaporkan gangguan indihome yang paling efektif adalah melalui social media. Khususnya Twitter. Karena secara teknologi, Twitter memang dirancang untuk bisa digunakan komunikasi dua arah. Tidak seperti Instagram atau Facebook yang seringkali berjalan satu arah.

Maka dari itu, saran saya buat kalian pelanggan indihome, manfaatkan social media untuk melaporkan gangguan yang kalian alami. Karena di Twitter, kita bisa bebas melaporkan gangguan melalui DM atau mention langsung akun @TelkomCare atau @Indihome.

Gangguan Indihome

Berdasarkan pengalaman saya, akun @TelkomCare lebih cepat merespon komplain kita dibandingkan @Indihome. Jadi, buat kalian yang berlangganan indihome di rumah, di kantor, atau di manapun, manfaatkan keberadaan akun Twitter @TelkomCare sebaik-baiknya.

Karena di Twitter kita bebas komplain berkali-kali dalam sehari. Dan biasanya komplain kita akan dibalas dalam hitungan menit saja. Karena akun @TelkomCare memang secara khusus dibuat sebagai akun CS (Customer Service) dan dipegang oleh banyak admin.

Melaporkan gangguan melalui aplikasi memang mudah, tapi responnya tidak secepat ketika melapor melalui Twitter. Pun jika melapor melalui telepon, kita akan merasa sungkan untuk menelepon berkali-kali di hari yang sama untuk menanyakan perkembangan proses perbaikan jaringan internet indihome yang kita punya.

Ahsan

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

2 thoughts on “Cara Paling Efektif untuk Melaporkan Gangguan Indihome

  1. Terima kasih telah menggunakan Indihome Telkom sebagai pilihan internet di rumah 🙂
    Nice info btw, sosmed responnya memang relatif lebih cepat, tapi mungkin berbeda di tiap daerah. Di kota besar seperti Jakarta dan Bandung, melaporkan gangguan via telepon customer care juga bisa ditangani dengan cepat – pengalaman pribadi 😀

    1. Soalnya tidak ada pilihan lain, Mbak. Makanya pakai Indihome XD

      Tapi so far cukup puas sih. Meski beberapa waktu yang lalu sempat desperate pengen ganti provider. Hehehe.

Leave a Reply

Back to top
%d bloggers like this: