Daya Tampung dan Peluang Masuk Unsoed 2019

Unsoed merupakan salah satu kampus negeri yang berlokasi di Jawa Tengah. Selain Undip, Unnes, dan Unissula. Sebagai salah satu kampus negeri, Unsoed tentu menjadi salah satu kampus paling banyak diminati. Sebagai gambaran saja, pada SBMPTN 2018, Unsoed diminati oleh 57.954 calon mahasiswa.

Sementara itu, kuota yang disediakan oleh Unsoed pada 2019 adalah sejumlah 1924 kursi. Jadi peluang untuk masuk Unsoed secara umum adalah sekitar 3,32 persen. Sangat ketat sekali. Itu artinya dari setiap 100 peserta yang mendaftar yang diterima hanya sekitar 3-4 orang saja. Sementara 96 sisanya tidak diterima.

Jadi buat kalian yang ingin masuk Unsoed melalui jalur SBMPTN, pastikan kalian mempersiapkan semuanya dengan baik. Apalagi jika jurusan yang kalian cita-citakan adalah jurusan-jurusan favorit seperti halnya kedokteran, ilmu hukum, manajemen, teknik informatika, dan semacamnya.

Dan berikut ini adalah beberapa fakta seputar jurusan-jurusan yang ada di Unsoed pada 2019.

Jurusan Paling Diminati di Unsoed 2019

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, Unsoed diminati lebih dari 50 ribu orang pada SBMPTN 2018. Mereka semua memperebutkan satu kursi di salah satu jurusan dari 39 jurusan yang disediakan oleh Unsoed.

Dari 39 jurusan yang ada di Unsoed, beberapa di antaranya diminati oleh lebih dari 2000 peserta. Bahkan ada yang peminatnya mencapai hampir 5 ribu. Berikut ini 10 jurusan yang memiliki peminat paling banyak di Unsoed pada 2018.

[table id=46 /]

Jurusan Paling Tidak Diminati di Unsoed 2019

Jika sebelumnya kita sudah membahas jurusan-jurusan paling banyak diminati di Unsoed, kali ini kita akan membahas jurusan-jurusan yang paling tidak diminati di Unsoed. Jurusan-jurusan yang masuk dalam daftar ini merupakan jurusan yang peminatnya berkisar antara 366-700. Masih lumayan banyak sebenarnya.

Karena itu, meskipun jurusan impian kalian ada di dalam daftar jurusan paling tidak di Unsoed berikut ini, kalian harus tetap belajar dengan rajin. Karena meskipun peminatnya jika dibandingkan jurusan-jurusan yang lain paling sedikit, nyatanya jumlahnya masih ratusan. Itu artinya, kalian harus bersaing dengan ratusan calon mahasiswa lainnya.

Berikut ini daftar jurusan-jurusan yang paling tidak diminati di Unsoed pada 2018.

[table id=47 /]

Jurusan dengan Peluang Masuk Paling Besar di Unsoed 2019

Selanjutnya berikut ini adalah daftar 10 jurusan yang memilik peluang masuk paling besar. Jurusan-jurusan yang masuk dalam daftar ini sebagian besar merupakan jurusan yang paling tidak diminati. Tapi meskipun begitu, tidak semua jurusan yang tidak diminati merupakan jurusan dengan peluang masuk paling besar.

Berikut ini daftar lengkap jurusan-jurusan dengan peluang masuk paling besar di Unsoed pada 2019.

[table id=48 /]

Jurusan Paling Ketat di Unsoed 2019

Sementara untuk jurusan-jurusan dengan persaingan masuk paling ketat di Unsoed, berikut ini adalah daftarnya.

Jika ada jurusan impian kalian di atas, pastikan kalian belajar dengan sangat giat. Karena peluang masuk untuk jurusan-jurusan di atas sangat kecil sekali. Dari tiap 100 peserta yang mendaftar yang diterima hanya sekitar 1-3 orang saja.

[table id=49 /]

Daya Tampung, Peminat, dan Peluang Masuk Unsoed 2019

Untuk daftar lengkap mengenai daya tampung, peminat, dan peluang masuk Unsoed pada 2019 bisa kalian lihat pada tabel berikut ini.

[table id=50 /]

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai daya tampung, peminat, dan peluang masuk Unsoed 2019. Semoga bermanfaat. Khususnya buat kalian yang berminat untuk masuk Unsoed pada 2020 melalui jalur ujian tulis.

Sementara jika kalian penasaran dengan daya tampung kampus lain di Indonesia, silakan klik link berikut ini. Terima kasih. Dan sampai jumpa.

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back To Top
%d bloggers like this: