Daya Tampung dan Peminat SBMPTN Unpad 2019

Setelah sebelumnya kita bahas daya tampung dan peminat di UI, ITB, dan UGM, kali ini akan membahas daya tampung Unpad pada SBMPTN 2019.

Unpad merupakan salah satu kampus negeri ternama di Bandung, selain ITB. Berdasarkan data data QS Top Universities, Unpad menempati posisi keempat kampus terbaik di Indonesia. Setelah UI, ITB, dan UGM. Melihat reputasinya sebagai kampus terbaik keempat di Indonesia versi QS, tidak mengherankan jika Unpad banyak diminati calon mahasiswa.

Kampus Terbaik Indonesia 2019

Pada tahun 2018, Unpad diminati oleh 113.542 orang calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN. Daya tampung yang disediakan oleh Unpad pada tahun 2018 untuk jalur SBMPTN ada sebanyak 4.161 kursi. Jadi, secara matematis, peluang untuk masuk Unpad melalui jalur SBMPTN pada tahun 2018 adalah sebesar 3,67 persen. Itu artinya, dari 100 pendaftar, yang diterima cuma sekitar 3-4 orang.

Di tahun 2019, Unpad hanya menyediakan 3.203 kursi untuk diperebutkan melalui jalur SBMPTN. Itu artinya, persaingan untuk masuk Unpad melalui jalur SBMPTN akan lebih ketat dibandingkan tahun 2018. Jika peminat Unpad tidak berubah dari tahun kemarin, peluang untuk masuk Unpad melalui jalur SBMPTN pada tahun 2019 adalah sebesar 2,82 persen saja. Itu berarti hanya ada 2-3 orang yang diterima dari setiap pendaftar yang ada

Jumlah Peminat, Daya Tampung, dan Peluang Masuk Unpad 2019

Untuk daftar lengkap daya tampung, peminat, dan peluang masuk Unpad pada SBMPTN 2019, silakan lihat tabel di bawah ini.

[table id=7 /]

Perlu dipahami bahwa peluang yang kami tampilkan di atas merupakan prediksi peluang berdasarkan data daya tampung tahun 2019 dan jumlah peminat di tahun 2018. Jadi bukan peluang pasti. Selain itu peluang yang kami tampilkan di atas juga peluang secara terbuka hanya berdasarkan jumlah peminat dan jumlah daya tampung. Kami tidak membandingkan nilai ujian dari masing-masing peserta. Sehingga peluang masuk yang lebih akurat mungkin berbeda dengan prediksi peluang yang kami tampilkan di atas.

Demikian daftar daya tampung, jumlah peminat, dan peluang masuk Unpad pada SBMPTN 2019. Semoga bisa memberikan tambahan informasi bagi kalian yang berminat untuk masuk Unpad melalui jalur SBMPTN di tahun 2019.

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back To Top
%d bloggers like this: