Daya Tampung, Peminat, dan Peluang Masuk IPB 2019

IPB merupakan salah satu institut paling terkenal di Indonesia. Setelah semua Institut Agama Islam Negeri berubah menjadi Universitas Islam Negeri, predikat Institut sekarang hanya digunakan oleh beberapa kampus yang secara khusus fokus mempelajari keilmuan tertentu. Seperti hanya institut teknologi, institut pertanian, dan institut pemerintahan dalam negeri.

Dari beberapa institut yang masih ada di Indonesia, IPB merupakan salah satu yang paling unik. Karena IPB satu-satunya kampus institut pertanian negeri yang ada di Indonesia. Jadi, buat kalian yang memang punya ketertarikan dengan dunia pertanian, IPB merupakan salah satu kampus yang paling direkomendasikan.

Karena di IPB semuanya lengkap. Mulai dari fasilitas kuliah dan praktikum yang memadai, tenaga pengajar yang berkualitas, kurikulum yang sudah teruji. Semuanya lengkap.

Belum lagi ditambah fakta bahwa IPB berlokasi di Bogor yang terkenal sebagai kota hujan. Sebagai kota hujan, Bogor terkenal sebagai daerah yang sejuk. Dan itu tentu akan sangat mendukung proses pembelajaran. Khususnya ketika harus beraktivitas di luar ruangan.

Tapi sebelum kalian menentukan pilihan, buat kalian yang ingin masuk IPB, berikut ini adalah beberapa fakta seputar daya tampung, jumlah peminat, dan peluang masuk IPB pada 2019.

Jurusan Paling Diminati di IPB 2019

Berikut ini adalah 10 jurusan paling banyak diminati di IPB pada 2019. Buat kalian yang bercita-cita masuk di jurusan-jurusan berikut, pastikan kalian belajar dengan semaksimal mungkin. Karena kalian harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lainnya.

[table id=41 /]

Jurusan Paling Tidak Diminati di IPB 2019

Jika sebelumnya kita sudah tahu tentang 10 jurusan paling banyak diminati di IPB pada 2019, berikut ini adalah 10 jurusan paling jarang diminati di IPB pada 2019. Buat kalian yang berminat untuk masuk jurusan-jurusan berikut, kalian juga harus mempersiapkan semuanya dengan baik. Karena tidak menutup kemungkinan jurusan yang peminatnya sedikit ternyata rata-rata nilainya lebih tinggi.

[table id=42 /]

Jurusan dengan Peluang Masuk Paling Besar di IPB 2019

Sementara itu, berikut ini adalah jurusan-jurusan yang memiliki perbandingan antara jumlah daya tampung dan jumlah peminat paling besar yang ada di IPB pada 2019. Buat kalian yang bercita-cita masuk IPB tanpa memedulikan jurusan, coba pertimbangkan untuk masuk di jurusan-jurusan berikut ini.

[table id=43 /]

Jurusan Paling Ketat di IPB 2019

Dan jika kalian orang yang suka tantangan, jurusan-jurusan berikut ini adalah jurusan yang cocok buat kalian. Karena jurusan-jurusan berikut ini persaingannya cukup ketat. Dari setiap 100 peserta yang mendaftar, yang diterima hanya sekitar 1-3 orang saja. Jadi bisa dibayangkan bagaimana ketatnya persaingan untuk masuk di jurusan-jurusan berikut ini.

[table id=44 /]

Daya Tampung, Jumlah Peminat, dan Peluang Masuk IPB 2019

Untuk data selengkapnya mengenai daya tampung, jumlah peminat, dan peluang masuk IPB 2019 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

[table id=45 /]

Demikian sedikit info mengenai daya tampung, peminat, dan peluang masuk IPB. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian. Khususnya yang berminat untuk masuk IPB. Sehingga kalian bisa mempersiapkan semuanya dengan lebih maksimal. Guna meraih impian kalian untuk masuk di jurusan-jurusan yang kalian impikan.

Jika kalian penasaran dengan daya tampung kampus negeri lainnya, silakan klik link berikut ini mengenai daya tampung, peminat, dan peluang masuk kampus-kampus negeri yang lain di Indonesia.

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back To Top
%d bloggers like this: