);

Kabar Baik Bagi Pecinta Layar Penuh Tanpa Notch di 2019

Salah satu yang menjadi trend smartphone di 2018 adalah adanya notch di bagian atas layar. Semenjak Apple menggunakan notch di layarnya, hampir semua pabrikan smartphone berlomba-lomba memunculkan smartphone dengan model layar dengan bagian tengah ada bagian yang kosong untuk kamera.

Bagi sebagian orang, notch bukanlah sesuatu yang enak dilihat. Saya sendiri termasuk yang demikian. Adanya notch pada layar menurut saya bukanlah kemajuan, malah kemunduran. Karena membuat desain jadi tidak simetris. Belum lagi jika kita adalah pengembang aplikasi atau game, tentu akan sangat tidak nyaman jika harus mendesain aplikasi atau game yang bisa menyesuaikan notch antar masing-masing pabrikan smartphone yang berbeda satu dengan yang lain.

Kabar baiknya, di tahun 2019 ini sudah ada beberapa pabrikan yang mengumumkan akan mengakhiri penggunaan notch dengan melakukan beberapa pendekatan. Seperti yang dilakukan oleh Xiaomi melalui Xiaomi Mi Mix 3 dengan membuat kamera depan ada di belakang layar utama. Sehingga jika mau menggunakan kamera depan harus menggeser (slide) layar depan agak ke bawah. Seperti yang dulu sering kita jumpai pada seri Nokia.

Selain Xiaomi, beberapa pabrikan yang menggunakan mekanisme sliding camera untuk menghilangkan notch di bagian depan layar di antaranya adalah Oppo (Oppo Find X), Honor (Honor Magic 2), dan Lenovo (Lenovo Z6).

Sementara Samsung menggunakan pendekatan yang lain untuk menghilangkan notch dari layar. Yaitu dengan menggunakan teknologi paten mereka sendiri yang memungkinkan mereka untuk bisa menanamkan kamera ke dalam layar. Sehingga kamera depan menjadi satu dengan lcd smartphone. Secara umum layar semacam ini disebut sebagai “Infinity O Display”. Dan produk Samsung pertama yang menggunakan teknologi ini adalah Samsung Galaxy A8s.

Selain Samsung Huawei juga sudah mulai mengadopsi layar sebagaimana Samsung. Produk Huawei yang sudah mengadopsi Infinity O Display sejauh adalah Huawei Nova 4.

Melihat fenomena di atas, besar kemungkinan notch akan semakin ditinggalkan di tahun 2019 ini. Karena sejak awal kemunculannya, notch memang banyak memunculkan pro dan kotra di kalangan pecinta gadget di seluruh dunia.

Sementara ini, jika dilihat dari pendekatannya, pendekatan yang dilakukan oleh Oppo, Xiaomi, Honor, dan Lenovo menggunakan slider banyak diapresiasi secara positif oleh reviewer kelas dunia. Sebut saja Marques Brownlee. Karena dengan menyembunyikan kamera depan di belakang layar, pengguna akan semakin merasa aman dari ancaman penyadapan dan pencurian data melalui kamera depan.

Menurut kamu, di antara sliding front camera dan infinity o display, mana yang akan lebih banyak diadopsi oleh pabrikan smartphone di seluruh dunia?

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact. Thank you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *