Laptop Mahasiswa

Memilih Laptop yang Cocok untuk Kuliah

Laptop merupakan salah satu perangkat yang wajib dimiliki oleh semua mahasiswa. Karena apapun jurusan kuliahnya, pasti akan ada tugas yang membutuhkan penggunaan komputer. Dan karena komputer memakan banyak tempat dan kurang fleksibel untuk dibawa ke mana-mana, maka laptop merupakan pilihan paling pas bagi mahasiswa.

Sebagai mahasiswa, tentu kita tidak ingin terus-terusan meminjam teman ketika ingin mengerjakan tugas. Belum lagi jika kita dan teman kita mendapatkan tugas dengan deadline yang sama. Tentu akan sangat merepotkan sekali. Maka dari itu, wajib hukumnya bagi mahasiswa untuk memiliki laptop sendiri. Setidak-tidaknya agar kita bisa mandiri dan tidak tergantung kepada orang lain.

Memilih laptop kuliah
Photo by Burst from Pexels

Bagaimana seharusnya memilih laptop yang cocok untuk kuliah?

Sebenarnya tidak ada rumus yang pasti bagaimana laptop yang bagus untuk kuliah. Karena ada banyak sekali variabel yang perlu dipikirkan sebelum membeli laptop. Dari sekian banyak faktor yang perlu dipikirkan, menurut saya ada 2 yang paling penting. Yang pertama kebutuhan dan yang kedua ketersediaan dana.

Mau cari laptop apapun, pastikan untuk mempertimbangkan kedua hal tersebut. Apalagi jika dana kita sangat terbatas. Pastikan membeli laptop yang benar-benar sesuai kebutuhan. Jangan sampai kebutuhannya hanya untuk aplikasi office tapi belinya laptop gaming yang harga bisa belasan bahkan puluhan juta. Kasihan orang tua. Karena biasanya mahasiswa baru semuanya masih bergantung pada orang tua. Maka dari itu, dalam memilih laptop, sebisa mungkin jangan sampai terlalu memberatkan orang tua ketika membeli laptop untuk kuliah.

Secara umum, masing-masing jurusan itu membutuhkan laptop yang berbeda-beda. Karena memang kebutuhan dan penggunaannya berbeda-beda. Dan jika dikelompokkan secara lebih spesifik, setidaknya laptop untuk kuliah itu ada 3 macam.

Laptop Mahasiswa Desain
Photo by Moose Photos from Pexels

Laptop untuk jurusan Arsitektur, Desain, Multimedia, dan Animasi

Jurusan desain, multimedia, maupun animasi merupakan beberapa jurusan yang membutuhkan spesifikasi laptop tingkat tinggi. Karena mahasiswa jurusan arsitektur, desain, multimedia, dan animasi membutuhkan spesifikasi laptop yang cukup mumpuni untuk melakukan render.

Maka dari itu, kita butuh laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi agar proses rendering bisa semakin cepat. Untuk mahasiswa jurusan arsitektur, desain, multimedia, dan animasi, sebisa mungkin membeli laptop dengan kualitas prosesor yang tinggi. Untuk processor intel, minimal Core i5. Atau jika AMD, minimal A10 atau A12.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa jurusan Arsitektur, Desain, Multimedia, dan Animasi ketika hendak membeli laptop untuk kuliah adalah RAM. Pastikan laptop yang kalian beli mempunyai RAM 8GB. Atau jika tidak, pastikan laptop yang kalian beli mempunyai 2 slot RAM dengan satu slot masih kosong. Agar di kemudian hari bisa diupgrade kapasitas RAM-nya jadi lebih besar. Karena RAM ini nantinya akan sangat berpengaruh ketika kita hendak menggunakan laptop untuk multitasking.

Dan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh mahasiswa jurusan Arsitektur, Desain, Multimedia, dan Animasi adalah VGA (Video Graphic Array). VGA biasa dikenal sebagai kartu grafis (Graphic Card) atau GPU (Graphical Processing Unit) merupakan instrumen yang mengatur pemrosesan visual dalam laptop. Buat kalian yang kuliah di jurusan Arsitektur, Desain, Multimedia, atau Animasi, pastikan laptop yang kalian beli mempunyai Graphic Card yang memadai. Kalau memungkinkan, beli laptop yang mempunyai dedicated VGA dengan kapasitas 2GB. Agar laptop lancar dan tidak mengalami lag atau kendala berarti ketika sedang digunakan untuk desain dan render.

Untuk hardisk, kalau memungkinkan beli laptop yang memiliki hardisk SSD. Karena SSD secara umum lebih tahan goncangan dan lebih cepat dalam melakukan pemrosesan daripada hardisk berbasis piringan cakram. Tapi yang jelas, SSD lebih mahal daripada HDD biasa.

Laptop Jurusan Teknik

Laptop untuk jurusan Sains dan Teknik.

Selanjutnya untuk kalian yang kuliah di jurusan Sains atau Teknik, dua hal yang perlu kalian perhatikan dalam membeli laptop adalah Processor dan RAM. Sementara yang lain opsional saja.

Untuk processor, pastikan kalian membeli laptop dengan processor minimal Core i5 untuk processor intel. Atau minimal A10 untuk processor AMD. Karena kuliah di jurusan Sains dan Teknik seringkali membutuhkan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan tenaga lebih untuk memproses kalkulasi atau rekayasa teknologi.

Sementara untuk RAM, pastikan kalian menggunakan RAM 8GB agar bisa leluasa melakukan multitasking. Karena seringkali mahasiswa Sains dan Teknik membutuhkan banyak aplikasi yang jalan bersamaan dalam satu waktu. Maka dari itu, pastikan RAM yang kalian gunakan cukup memadai untuk digunakan multitasking. Untuk beberapa jurusan, laptop dengan RAM 4GB mungkin cukup. Tapi agar bisa lebih nyaman lagi, sebaiknya pilih laptop yang memiliki RAM 8GB.

Selain Processor dan RAM, yang perlu dipertimbangkan juga oleh mahasiswa Sains dan Teknik dalam memilih laptop adalah hard disk. Kalau mau pemrosesan laptop kalian lebih cepat, pilih laptop yang menggunakan SSD. Tapi jika memang dananya terbatas, laptop dengan HDD biasa saja tidak jadi masalah. Karena SSD secara umum cukup mahal. Perannya pun tidak sevital processor dan RAM.

Sementara untuk VGA, tidak ada syarat khusus VGA bagi kalian yang ingin beli laptop untuk kuliah di jurusan sains dan teknik. Karena secara umum, kuliah di jurusan sains dan teknik tidak terlalu membutuhkan pemrosesan visual. Maka dari itu, pilih VGA sesuai dengan budget saja. Kalau memang dananya cukup silakan beli laptop dengan dedicated VGA. Tapi kalau dananya terbatas, VGA on board tidak akan jadi masalah. Apalagi buat kalian para perempuan yang tidak seberapa hobi main game. Mending pilih yang laptop dengan VGA on board dan sisa uangnya digunakan buat yang lain.

Laptop Kuliah
Photo by Mustafa ezz from Pexels

Laptop untuk jurusan Ilmu Sosial dan Humaniora.

Secara umum, kuliah di jurusan Ilmu Sosial dan Humaniora tidak terlalu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Karena seringkali tugas yang diberikan hanya sebatas tugas membuat makalah dan presentasi yang notabene hanya membutuhkan aplikasi office.

Maka dari itu, buat kalian yang kuliah di jurusan ilmu sosial dan humaniora, pilih laptop yang sesuai dengan budget yang kalian miliki saja. Kalau memang dananya sangat-sangat terbatas, pilih saja netbook dengan processor intel atom. Karena biasanya netbook harganya sangat terjangkau. Tidak sampai 3 jutaan. Dan sudah bisa digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah sehari-hari.

Tapi kalau memang punya dana lebih, pilih laptop dengan kualitas lebih juga tidak masalah. Yang jelas, kuliah di jurusan ilmu sosial dan humaniora itu tidak membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Kecuali jurusan Ilmu Komunikasi mungkin. Karena di jurusan Ilmu Komunikasi ada mata kuliah komunikasi visual yang biasanya mengharuskan desain dan membuat video.

Laptop Murah untuk Kuliah
Photo by bruce mars from Pexels

Laptop Tidak Menentukan Prestasi

Terakhir, laptop apapun yang kalian pakai, tidak akan mempengaruhi prestasi kalian di perkuliahan. Karena pada akhirnya, laptop hanya alat. Yang lebih penting dari alat adalah pemanfaataannya. Apapun alatnya, kalau kita bisa memaksimalkan penggunaannya hasilnya tetap akan lebih baik daripada alat yang canggih yang tidak dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Maka dari itu, jangan kaget jika di perkuliahan ada teman-teman kalian yang laptopnya biasa-biasa saja tapi ternyata prestasinya luar biasa. Ini juga pengingat bagi kalian yang ingin membeli laptop agar tidak terlalu memberatkan orang tua.

Sekian. Semoga bermanfaat buat kalian, khususnya yang akan membeli laptop untuk kuliah.

Leave a Reply