Menaksir Pendapatan Blogger Indonesia di Tahun 2019

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mencari info tentang pendapatan blogger Indonesia dari Adsense dan menemukan sebuah tulisan menarik dari Kang Zain. Berdasarkan info dari Kang Zain, di awal tahun ini dia bisa mendapatkan 690 US dollar per bulan dari blog yang dimilikinya. Kang Zain sendiri harus sabar menunggu dan mengurusi blognya selama 3 tahun sampai akhirnya bisa gajian sampai 690 US dollar per bulan.

Dan jika merujuk ke tulisannya yang lain, pendapatannya tembus sampai 10 juta per bulan pada bulan April 2019. Padahal jika perhatikan baik-baik, blognya jarang sekali di-update. Khususnya pada beberapa bulan terakhir ini. Maka dari itu, bisa mendapatkan uang sebanyak itu dari blog tentu prestasi luar biasa. Hal itu sekaligus mematahkan mitos bahwa era blog sudah berakhir semenjak ramainya Youtube.

Setelah membaca postingan tersebut, saya iseng coba mengecek traffic blog Kang Zain di similarweb. Berdasarkan info dari similarweb, selama 6 bulan terakhir blog Kang Zain rata-rata dikunjungi sebanyak 100 ribu kunjungan per bulan. Pernah sekali sampai tembus 330.000 per bulan (11 ribu per hari). Dan di bulan Mei mengalami penurunan sampai cuma 60.000 kunjungan per bulan (2 ribu per hari).

Pendapatan blog Indonesia 2019

Dengan kunjungan sebanyak itu, bisa menghasilkan sampai 700$ per bulan tentu luar biasa. Karena blognya juga berbahasa Indonesia. Setidaknya dalam sehari, Kang Zain menghasilkan sampai 20$ lebih. Jika diambil rata-rata, anggap saja pengunjung blog Kang Zain sekitar 4ribu per hari dan CTR (Click Trough Rate)/RKT (Rasio Klik Tayang) blognya sekitar 3%. Maka, CPC (cost per click) atau BPK (biaya per klik) blog Kang Zain setidaknya sekitar 20/(4000*30/100) dollar. Yakni sekitar 0,167 dollar atau sekitar 2.000 rupiah. Cukup besar untuk ukuran blog berbahasa Indonesia.

Dengan kunjungan yang baru sampai level ratusan ribu per bulan saja bisa sebanyak itu pendapatan Kang Zain. Padahal di Indonesia, tidak sedikit blogger yang bisa sampai tembus jutaan view per bulan.

Berangkat dari fakta tersebut, saya kemudian iseng coba menghitung pendapatan para blogger senior yang pageview per bulan blognya lebih banyak dari blog Kang Zain. Berikut ini daftarnya.

Pendapatan Blog Sugeng.id

Mas Sugeng merupakan salah satu blogger yang terkenal di Indonesia. Berdasarkan penulusuran saya, blog sugeng.id mempunyai kunjungan hampir sama dengan blog Kang Zain. Rata-rata sekitar 100 ribu kunjungan per bulan. Jadi, kalau menggunakan asumsi yang sama dengan blog Kang Zain, maka pendapatan blog sugeng.id dari Adsense tidak jauh dari blog Kang Zain. Perkiraan saya mungkin sekitar 500$ per bulan.

Pendapatan blog sugeng.id 2019

Pendapatan Blog Ngelag.com

Dengan jumlah pengunjung yang stabil di atas 200 ribu per bulan, blog ngelag.com sangat mungkin untuk bisa mendapatkan pendapatan lebih dari Kang Zain. Karena niche-nya pun hampir sama. Seputar blog dan teknologi.

Penghasilan blog Indonesia

Dengan menggunakan asumsi CPC sebesar 0.1 dollar dan CTR sebesar 3%, pendapatan blog ngelag.com adalah sekitar 9.000$ per bulan. Bisa lebih banyak atau mungkin lebih sedikit. Karena CPC dan CTR hanya berdasarkan perkiraan. Kalau CPC-nya lebih besar tentu pendapatannya akan lebih besar lagi. Begitupun dengan CTR.

Pendapatan Blog Mastimon.com

Saya sendiri kurang ingat kapan mulai tahu blog Mas Timon. Yang jelas, semenjak gabung grup FB Adsense Publisher Indonesia, saya sering membaca postingannya terkait Adsense. Karena Mas Timon termasuk salah satu member grup yang paling aktif.

Pendapatan blog mastimon

Berdasarkan penelusuran saya melalui web similarweb, secara umum blog Mas Timon mendapatkan kunjungan sebanyak 400.000 per bulan. Atau sekitar 12.000-15.000 per hari. Dengan menggunakan asumsi yang sama dengan blog Kang Zain. CTR sekitar 3% dan CPC sekitar 0,1 dollar. Maka bisa kita hitung pendapatan blog Mas Timon kurang lebih sekitar 1.200$ per bulan. Atau mungkin kurang dari itu. Karena biasanya blog dengan topik gado-gado (bermacam-macam), CPC-nya lebih rendah. Hanya sekitar 0.01 sampai 0.05 dollar.

Pendapatan Blog Klikmania.net

Blog selanjutnya yang saya amati adalah klikmania.net. Klikmania merupakan salah satu blog yang akan sering muncul pada hasil pencarian kita untuk topik-topik blogging dan internet marketing. Berdasarkan hasil penelusuran saya, blog klikmania.net dikunjungi lebih dari 500 ribu kali per bulan. Jika CPC blognya sebesar 0.05$ dan CTR blognya sebesar 3 persen, maka pendapatan blog klikmania.net adalah sebesar 750$ per bulan.

Pendapatan klikmania.net

Pendapatan Blog Iwanbanaran.com

Blog selanjutnya yang saya telusuri adalah blog iwanbanaran.com. Buat kalian yang suka dengan otomotif tentu tidak asing lagi dengan blogger yang satu ini. Karena Iwan Banaran merupakan salah satu blogger otomotif tersukses di Indonesia. Selain blog, Iwan Banaran juga punya channel Youtube yang fokus membahas otomotif.

Pendapatan blog iwanbanaran.com

Berdasarkan penelusuran saya, blog iwanbanaran.com dikunjungi lebih dari 1 juta per bulan. Bahkan di bulan Mei 2019 kemarin tembus sampai lebih dari 1,5 juta kunjungan. Jika CPC blognya sebesar 0,1 dollar dan CTR sekitar 3%, maka pendapatan blog iwanbanaran.com sekitar 4.500$ per bulan.

Itu baru dari blog saja. Padahal seperti yang sudah saya jelaskan di awal. Mas Iwan Banaran tidak hanya blogger, tapi juga Youtuber. Jadi, bisa jadi pendapatannya jauh lebih banyak dari itu. Mungkin juga kurang. Tapi saya sangat yakin kalau pendapatannya pasti di atas 100 juta per bulan. Karena channel Youtube-nya juga sangat ramai.

Pendapatan Blog Carisinyal.com

Selanjutnya adalah blog carisinyal.com. Saya kurang tahu pasti bagaimana ceritanya saya bisa menemukan blog yang satu ini. Sepertinya karena googling topik teknologi dan gadget. Karena carisinyal.com memang fokus membahas topik terkait gadget dan teknologi.

Pendapatan blog carisinyal.com

Dari gambar di atas, bisa kita ketahui bahwa dalam sebulan, carisinyal.com dikunjungi lebih dari 4 juta kali. Jumlah yang sangat banyak sekali untuk ukuran blog berbahasa Indonesia. Dengan jumlah sebanyak itu, carisinyal.com bisa meraih pendapatan sejumlah 12.000$ per bulan. Dengan catatan CPC blognya minimal sebesar 0,1$ dan CTR blognya minimal 3 persen.

Pendapatan blog gadgetren.com

Blog lain yang hampir mirip dengan carisinyal.com adalah gadgetren.com. Karena trafficnya hampir mirip maka sepertinya pendapatannya juga tidak jauh berbeda. Apalagi niche blognya juga hampir sama. Seputar gadget dan teknologi.

Pendapatan Blog Maxmanroe.com

Blog terakhir yang sempat saya amati adalah maxmanroe.com. Bagi yang tertarik dengan dunia internet marketing, tentu tidak asing lagi dengan blog yang satu ini. Karena maxmanroe.com merupakan salah satu blog berbahasa Indonesia yang sukses menjalankan internet marketing. Maka tidak mengherankan kalau maxmanroe.com merupakan salah satu kiblat bagi internet marketer pemula seperti saya.

Pendapatan blog maxmanroe.com

Bisa dilihat sendiri melalui gambar di atas berapa jumlah pengunjung blog maxmanroe.com per bulan. Iya, benar. Sekitar 7 juta kunjungan. Sebanyak itulah kunjungan yang diterima oleh blog maxmanroe.com. Maka tidak mengherankan kalau maxmanroe.com sering dijadikan sebagai media partner dan media promosi oleh banyak pihak.

Dengan jumlah pengunjung lebih dari 7 juta per bulan, blog maxmanroe.com berpotensi untuk mendapatkan 21.000$ per bulan. Dengan catatan, CPC blognya harus di atas 0,1$ dan CTR blognya harus 3 persen. Tapi jika melihat tulisan di maxmanroe.com yang bermacam-macam, sepertinya CPC blognya hanya sekitar 0,01 sampai 0,05 dollar saja. Itu artinya, pendapatan maxmanroe.com dari Adsense mungkin sekitar 10.000$ per bulan.

Pendapatan Blogger Indonesia yang Lain

Untuk pendapatan blogger yang lain, kalian bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus yang sama. Yakni jumlah pageview dikalikan CTR dikalikan CPC. Untuk mengetahui jumlah pageview, kalian bisa menggunakan situs similarweb.com. Tapi tidak semua web bisa kita lihat pagweview-nya melalui similarweb.

Perlu diketahui bahwa semua blog di atas sudah berusia lebih dari 3 tahun. Jadi, buat kalian yang berniat investasi melalui blog, jangan pernah berharap bisa mendapatkan banyak dalam waktu singkat. Karena blog itu investasi jangka panjang. Buahnya hanya bisa dinikmati ketika sudah mendapatkan banyak traffic.

Demikian yang bisa kami sampaikan terkait pendapatan blogger Indonesia di tahun 2019 ini. Semoga bisa meyakinkan kalian yang berniat untuk melakukan investasi melalui blog.

Ahsan

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back to top
%d bloggers like this: