Peluang dan Prospek Kerja Teknik Elektro

Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati di kampus teknik. Salah satu alasan kenapa Teknik Elektro banyak diminati adalah karena peluang dan prospek kerja Teknik Elektro sangat luas. Sementara untuk alasan-alasan yang lain kalian bisa baca 10 alasan kenapa memilih kuliah di Teknik Elektro.

Di Indonesia sendiri, Teknik Elektro sudah ada sejak lebih dari 70 tahun yang lalu. Dan semenjak itu, Teknik Elektro terus menjadi salah satu jurusan yang menghasilkan tenaga-tenaga ahli yang banyak dibutuhkan oleh pelaku industri di Indonesia.

Buat kalian yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa peluang dan prospek kerja Teknik Elektro.

Electrical Engineer

Prospek Kerja Teknik Elektro: Electrial Engineer
Photo by KML from Pexels

Electrical Engineer atau teknisi elektrik merupakan salah satu prospek kerja bagi lulusan Teknik Elektro. Electrical engineer merupakan orang yang bertanggung jawab melakukan pengecekan dan perbaikan instrumen serta fasilitas untuk memastikan proses produksi berjalan lancar. Selain itu, electrical engineer juga bertugas melakukan pengecekan detektor-detektor terkait keselamatan. Intinya, electrical engineer adalah yang bertanggungjawab melakukan monitoring dan perawatan jaringan dan instrumen listrik yang ada di perusahaan.

Umumnya, posisi electrical engineer diisi oleh lulusan SMK atau D3. Sementara lulusan S1 biasanya menempati posisi manajerial atau minimal supervisor. Tapi meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bagi lulusan S1 Teknik Elektro untuk menjadi teknisi elektrik. Apalagi jika gajinya memang dirasa sangat pantas.

Automation Engineer

Prospek Kerja Teknik Elektro: Automation Engineer
© Gorodenkoff Productions OU

Prospek Teknik Elektro selanjutnya adalah sebagai automation engineer. Automation engineer merupakan orang yang bertugas melakukan rekayasa sistem agar bisa berjalan secara otomatis (berbasis mesin/robot). Untuk kasus teknik elektro, biasanya adalah dnegan menggunakan pendekatan berbasis robotika. Jadi, buat kalian yang mempunyai ketertarikan dengan robotika, kalian bisa menjadi seorang automation engineer ketika sudah lulus kuliah.

Project Engineer (Control System Engineer)

Prospek Teknik Elektro: Control System Engineer
© magazine.engineerjobs.com

Control engineer merupakan orang yang bertugas untuk melakukan rekayasa sistem untuk memudahkan proses kontrol di perusahaan. Kalau kalian tidak asing dengan PLC, Scada, DCS, seperti itulah kira-kira sistem yang akan kalian kembangkan ketika menjadi seorang control engineer. Jadi, tugas kalian ketika menjadi seorang control engineer adalah melakukan perencanaan, analisis, desain, implementasi, testing, dan evaluasi sistem kontrol secara berkala.

Electrical Supervisor

Electrical Supervisor
© rhr.co.me

Prospek kerja bagi lulusan Teknik Elektro selanjutnya adalah menjadi seorang Electrical supervisor. Electrical supervisor sendiri merupakan orang yang bertanggung jawab melakukan pembuatan rencana kerja yang berhubungan dengan kegiatan elektrikal di perusahaan. Electrical supervisor merupakan orang yang melakukan koordinasi dengan manajer untuk kemudian membagi tugas kepada staf teknisi elektrikal.

Inspektor Listrik

Inspektor Listrik
© http://resourcesasia.id

Peluang kerja selanjutnya bagi lulusan Teknik Elektro adalah menjadi seorang inspektor listrik. Inspektor listrik ini merupakan orang yang bertanggungjawab melakukan inspeksi jaringan listrik. Mulai dari melakukan perencanaan, analisis, implementasi, dan juga evaluasi proses inspeksi. Inspektor listrik ini biasanya ada di perusahaan-perusahaan penyedia listrik seperti PLN dan PJB. Tapi tidak menutup kemungkinan juga ada isnpektor listrik di perusahaan-perusahaan BUMN dan multinasional yang mempunyai aset sangat besar dan perlu dilakukan inspeksi secara berkala.

PLC Programmer

PLC Programmer
© http://www.x-zone.com.au

Buat kalian yang kuliah di jurusan Teknik Elektro tentu kalian tidak asing lagi dengan istilah PLC (Progammable Logic Controller). Sebagai lulusan teknik elektro, kalian sangat mungkin untuk menjadi seorang PLC Progammer. Karena memang sejak di perkuliahan kalian diajari untuk mengembangkan sistem berbasis PLC. Jadi ketika masuk di dunia kerja kalian tinggal mengimplementasikan apa yang telah kalian pelajari di perkuliahan.

Pegawai BUMN

Pegawai BUMN
© manado.tribunnews.com

BUMN adalah salah satu tempat kerja favorit lulusan Teknik Elektro dari kampus negeri. Salah satu alasannya adalah karena jenjang karir dan gaji yang lumayan besar. Bahkan untuk fresh graduate. Beberapa BUMN yang umumnya menjadi tujuan dari lulusan Teknik Elektro adalah PLN, Telkom, dan Perbankan.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga bagi kalian untuk daftar di BUMN-BUMN lain seperti KAI, Angkasa Pura, Pelindo, dan lain sebagainya. Karena di semua perusahaan BUMN pasti ada penggunaan jaringan listrik dan perangkat elektronik. Yang semuanya merupakan kompetensi utama lulusan Teknik Elektro.

Pegawai Swasta

Pegawai Swasta Elektro
© www.youtube.com/watch?v=6D2Av1uUrzY

Selain kerja di BUMN, tidak jarang juga lulusan Teknik Elektro bekerja di perusahaan-perusahaan swasta. Meskipun tidak semua perusahaan swasta memberikan kompensasi sebesar BUMN, bukan berarti tidak ada perusahaan swasta yang memberikan gaji setara BUMN, bahkan lebih. Apalagi jika perusahaannya sudah skala multinasional. Beberapa perusahaan swasta multinasional favorit lulusan Teknik Elektro di antaranya adalah Schneider Electric, Siemens, General Electric. Sedangkan perusahaan swasta nasional favorit lulusan Teknik Elektro di antaranya adalah perusahaan telekomunikasi seperti halnya First Media, MNC Media, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan semacamnya.

PNS/ASN

Prospek Teknik Elektro: ASN
© politik.rmol.id

Peluang dan prospek kerja selanjutnya bagi lulusan Teknik Elektro adalah menjadi pegawai negeri sipil atau yang sekarang lebih dikenal sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara). Untuk menjadi ASN, memang tidak ada syarat khusus harus lulusan jurusan tertentu. Karena seringkali lowongan untuk ASN terbuka untuk semua jurusan.

Dosen

Dosen Elektro
© www.kyushu-u.ac.jp

Buat kalian lulusan teknik elektro yang punya minat di bidang pendidikan, kalian bisa menyalurkan minat kalian dengan menjadi dosen. Untuk bisa menjadi dosen, kalian harus minimal lulus S2. Tapi jangan khawatir. Karena ada banyak sekali beasiswa untuk studi S2. Baik di dalam negeri maupun luar negeri. Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini, pastikan kalian mempunyai IP yang lumayan dan kemampuan komunikasi yang mumpuni. Karena ada seleksi dokumen, tes tulis, dan wawancara yang harus kalian lewati.

Entrepreneur

Pengusaha Elektro
© Getty Images

Sebagai lulusan teknik elektro, kalian juga bisa menjadi seorang entrepreneur. Kalian bisa memulai bisnis di bidang elektronika. Atau kalau memang ternyata minatnya di bidang yang lain, kalian juga bisa membuka usaha di bidang yang lain. Yang jelas, untuk bisa membuka usaha sendiri, prosesnya tidak sebentar. Maka dari itu, ada baiknya kalau memang bercita-cita membuka usaha sendiri, hendaknya dimulai sejak kuliah. Karena ada banyak sekali lomba business plan dan dana hibah dari pemerintah yang bisa dimanfaatkan buat modal usaha.

Ahsan

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back to top
%d bloggers like this: