Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati di banyak kampus negeri di Indonesia. Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi yang begitu luas adalah salah satu alasan kenapa jurusan yang satu ini sangat diminati. Apalagi di zaman teknologi seperti sekarang ini. Di mana media terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Berikut ini adalah beberapa di antara prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi.

Jurnalis

Prospek Jurusan Ilmu Komunikasi: Jurnalis

Dengan bekal kemampuannya dalam mengolah informasi ke dalam berbagai macam media, lulusan Ilmu Komunikasi sangat cocok untuk menjadi seorang jurnalis. Baik itu jurnalis media cetak, radio, televisi, bahkan media kontemporer seperti halnya portal berita maupun channel berita digital. Karena jurnalis pada dasarnya adalah komunikator profesional. Mereka menceritakan kisah menarik tentang dunia dan membuatnya mudah dibaca, menarik dan penting bagi pembaca atau pendengar.

Selain sebagai jurnalis yang berada di garda terdepan untuk meliput dan membuat reportase secara langsung, seorang lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi editor maupun produser yang bekerja di balik layar sebuah media.

Hubungan Masyarakat (Public Relation Specialist)

Prospek Jurusan Ilmu Komunikasi: Public Relation

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan jurusan Ilmu Komunikasi adalah sebagai pekerja di bidang public relation. Yang mana tugasnya adalah mengembangkan strategi untuk membentuk persona seseorang maupun perusahaan di berbagai macam media. Selain itu, pekerja di bidang public relation juga bertugas untuk mengatasi krisis komunikasi yang terjadi ketika sewaktu-waktu klien atau perusahaan mengalami masalah yang mengancam kepercayaan publik.

Manajer Komunikasi

Prospek Jurusan Ilmu Komunikasi: Manajer Komunikasi

Dengan bekal kemampuan dan pengetahuan berkomunikasi yang baik, seorang lulusan jurusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi seorang manajer komunikasi. Yang tugasnya adalah untuk melakukan koordinasi di antara para staf komunikasi untuk mengembangkan narasi dari organisasi atau perusahaan ke publik. Untuk itu, seorang manajer komunikasi harus mengetahu secara detail seluk beluk perusahaan, visi, misi, produk atau jasa dari perusahaan. Untuk selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan dalam mengembangkan strategi komunikasi yang tepat.

Manajer Pemasaran

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi: Manajer Pemasaran

Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi selanjutnya adalah sebagai manajer pemasaran. Yang mana tugasnya adalah untuk membuat strategi pemasaran bagi organisasi atau perusahaan. Untuk menjadi seorang manajer pemasaran, seorang lulusan ilmu komunikasi harus mampu menganalisa target pasar, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, serta kreativitas yang tinggi guna mengembangkan strategi pemasaran yang tepat, efektif, dan efisien.

Pakar Media Sosial (Social Media Strategist)

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi: Social Media Strategist

Semakin berkembangnya teknologi serta media sosial menghadirkan kesempatan baru bagi lulusan jurusan Ilmu Komunikasi untuk menjadi pakar di bidang media sosial dan media digital lainnya. Untuk menjadi pakar media sosial ini, seorang lulusan Ilmu Komunikasi harus akrab dengan media sosial. Karena masing-masing media sosial punya karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, lulusan Ilmu Komunikasi yang ingin menjadi ahli media sosial juga harus memiliki kemampuan komunikasi dan kreativitas yang tinggi untuk mengembangkan konten yang menarik bagi target pasar.

Perencana Acara (Event Planner)

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi: Event Planner

Koordinasi dan perencanaan acara membutuhkan banyak koordinasi dan komunikasi dengan tim staf dan vendor. Apakah itu untuk festival, konferensi, pernikahan, atau akomodasi wisatawan, komunikasi adalah salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah acara. Untuk itu, lulusan jurusan ilmu komunikasi adalah kandidat yang sangat baik untuk posisi tersebut. Karena keterampilan berorganisasi dan berkomunikasi merupakan materi utama yang diajarkan di jurusan ilmu komunikasi.

Agen Properti

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi: Agen Properti

Meskipun tampaknya tidak terkait langsung, agen properti yang memiliki gelar di bidang komunikasi memiliki keunggulan dibandingkan sesama agen yang lain. Karena seorang lulusan ilmu komunikasi sudah dibekali dengan kemampuan komunikasi dan keterampilan interpersonal yang memungkinkan mereka untuk memasarkan produk properti dengan baik kepada klien.

Pemasar Digital (Digital Marketer)

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi: Digital Marketer

Pemasaran digital merupakan promosi produk dan layanan melalui berbagai saluran digital, menggunakan internet dan teknologi seluler. Sebagai seorang pemasar digital, lulusan ilmu komunikasi akan terlibat dalam mengembangkan strategi komunikasi multi-saluran bagi organisasi maupun perusahaan.

Termasuk di dalamnya adalah meneliti peluang media online baru yang dapat menguntungkan bisnis termasuk seluler, media sosial, pengembangan blog, forum, desain banner situs web. Selain itu, seorang pemasar digital juga bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan klien, jaringan afiliasi, dan mitra afiliasi, melakukan penelitian kata kunci dan pelaporan statistik web, serta berkontribusi pada engagement di media sosial.

Peneliti Program dan Media

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi: Peneliti Program dan Media

Sebagai peneliti program, Anda akan memberikan dukungan kepada produser dan tim produksi televisi, radio, film, atau proyek online. Anda akan mencari kontak dan kontributor untuk program, serta memberikan ide Anda sendiri dan bekerja di lokasi. Beberapa peneliti media juga membantu pembuatan film atau rekaman suara.

Selain itu seorang peneliti program juga bertanggung jawab atas pengorganisasian, perencanaan dan penelitian segala sesuatu yang akan terjadi selama program. Ini termasuk mengumpulkan dan memverifikasi informasi, seperti siapa yang akan diwawancarai, lokasi, apakah kru film akan muat, apakah anggaran akan bertambah, dan sebagainya. Anda juga bertanggung jawab untuk memeriksa fakta, menulis ringkasan untuk presenter, dan memastikan bahwa produksi mematuhi undang-undang yang sesuai agar tidak terjerat masalah hukum di kemudian hari.

Peneliti Pasar (Market Researcher)

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi: Peneliti Pasar

Sebagai peneliti pasar, Anda akan mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi untuk disajikan kepada klien Anda. Informasi yang Anda berikan membantu mereka membuat keputusan di bidang politik, sosial, maupun ekonomi.

Sebagai seorang peneliti pasar, kita mungkin akan bekerja di dalam sebuah perusahaan untuk mengumpulkan informasi tentang opini pelanggan, investasi dan tren pemasaran. Tapi jika kalian kurang suka bekerja dalam perusahaan, kalian bisa menjadi seorang peneliti pasar lepas. Dengan melakukan penawaran jasa penelitian pasar untuk berbagai macam klien dari berbagai macam industri.

Penulis Teknis (Technical Writer)

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi: Penulis Teknis

Penulis teknis adalah orang yang bertanggung jawab untuk menulis informasi spesialis tentang produk dan layanan, beserta cara kerjanya. Anda perlu menjelaskan bagaimana sesuatu digunakan dengan cara yang mudah dimengerti. Informasi dapat disajikan dalam bentuk panduan pengguna untuk aplikasi perangkat lunak, referensi dan instruksi manual, panduan pelatihan, maupun video instruksional.

Untuk menjadi penulis teknis, kita harus memahami produk atau aplikasi dengan baik lebih dulu baru kemudian merancang dan menulis dokumentasi untuk menjelaskannya kepada pengguna. Dokumentasi dan penjelasan bisa dibuat dalam berbagai macam bentuk. Mulai dari demo perangkat lunak dan tutorial interaktif, wiki, blog, podcast, video tutorial, ilustrasi, dan juga grafik.


Itu tadi beberapa di antara prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi. Buat kalian yang ingin kuliah, pastikan kalian benar-benar mengetahui seluk beluk jurusan yang ingin kalian tuju. Karena perkuliahan merupakan fase transisi antara masa remaja dengan masa remaja. Antara masa SMA dengan dunia kerja. Maka dari itu, harus dipikirkan secara matang agar tidak muncul penyesalan di kemudian hari.

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back To Top
%d bloggers like this: