Sukses Kuliah

Sukses kuliah itu satu hal. Kuliah dengan sukses itu satu hal yang lain. Saya sendiri termasuk orang yang sukses di kategori yang pertama namun tidak cukup sukses di kategori yang kedua.

Kenapa bisa dibilang seperti itu? karena saya sukses kuliah di salah satu jurusan paling diminati di Indonesia. Tepatnya di jurusan paling diminati ke-18 di Indonesia untuk bidang Saintek pada SBMPTN tahun 2020. Mengacu pada data yang ada pada video berikut.

Saya sendiri sangat bersyukur bisa sukses kuliah. Apalagi di jurusan yang persaingan masuknya cukup ketat seperti Teknik Informatika ITS. Meskipun saya akui, saya merasa sangat kurang puas dengan perjalanan kuliah saya. Karena ada banyak hal yang mestinya bisa dimaksimalkan lagi selama kuliah.

Tapi meskipun begitu, saya masih tidak akan lupa bagaimana bahagianya saya ketika melihat pengumuman SNMPTN di tahun 2008 yang kini berubah nama menjadi SBMPTN. Dan ternyata, rasa bahagia itu tidak berlangsung lama. Karena di semester pertama, saya tidak sepenuhnya bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Dan ternyata, hal itu terus berlangsung sampai di semester-semester selanjutnya.

Yang pada akhirnya menjadikan saya ‘cukup beruntung’ karena menjadi sedikit di antara mahasiswa yang pernah mencicipi masa perkuliahan S1 secara maksimal, 7 Tahun.

Sebelum memutuskan untuk memilih Teknik Informatika, beberapa di antara jurusan yang menarik minat saya adalah Psikologi dan Sistem Informasi. Namun pada akhirnya, saya memutuskan untuk memilih Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Dan kemudian menghapus Psikologi dari daftar jurusan pilihan saya.

Namun setelah saya menjalani perkuliahan, saya menyadari bahwa jauh di dalam lubuk hati saya terdalam, minat terbesar saya adalah berbagi. Pengalaman saya dalam membuat blog semakin menguatkan itu.

Dan kini, setelah 12 tahun berlalu semenjak pertama kali saya menginjakkan kaki di Teknik Informatika ITS, semangat untuk berbagi itu tidak juga padam. Malah sebaliknya, semangat itu semakin kuat menyala.

Blog ini adalah buktinya. Meskipun dalam perjalanannya saya akhirnya memutuskan untuk semakin jarang memperbarui kontennya. Karena saya merasa penikmat (subscriber) blog ini rata-rata adalah teman saya. Jadi saya merasa kurang enak kalau berbagi informasi seputar dunia perkuliahan di blog ini. Maka dari itu saya memutuskan untuk semakin jarang memperbarui kontennya.

Sampai kemudian muncul ide untuk membuat tempat berbagi baru. Yang isinya khusus seputar dunia perkuliahan. Sehingga teman-teman saya tidak perlu terganggu dengan adanya notifikasi artikel yang tidak begitu mereka sukai.

Ke depan, saya akan mengurangi kuantitas tulisan seputar perkuliahan di blog ini. Atau bahkan meniadakannya sama sekali. Sebagai gantinya, saya akan berbagi seputar hal-hal yang menurut saya menarik untuk diabadikan. Setidaknya sebagai pengingat atas apa yang pernah saya pikirkan dan saya alami. Untuk bisa saya baca kembali di kemudian hari.

Dan untuk semua artikel yang terkait dengan dunia perkuliahan, mulai saat ini akan saya publikasikan di media terbaru saya: SuksesKuliah.com

Salam,
Ahsan.

Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.

Leave a Reply

Back To Top
%d bloggers like this: