Dunia Kerja

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bekerja dari Rumah

2 Mins read
Bekerja dari Rumah

Seperti yang sudah kalian ketahui, sejak tahun 2019 ini saya bekerja secara remote dari rumah saya di Tuban. Sementara kantor saya berada di Surabaya. Dan sebelumnya saya juga sudah bercerita sedikit mengenai suka duka bekerja secara remote.

Kali ini, saya akan membahas beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum bekerja secara remote. Semoga bisa memberikan gambaran buat kalian yang bercita-cita untuk bekerja dari rumah.

Skill

Skill adalah salah satu hal yang harus kalian miliki sebelum bekerja secara remote. Karena modal utama untuk bisa bekerja secara remote adalah skill. Kemampuan teknis. Dan untuk menguasai kemampuan teknis ini tidak ada cara lain kecuali dengan belajar. Baik itu belajar secara formal di sekolah, universitas, maupun lembaga pendidikan formal yang lain. Maupun belajar secara otodidak dengan menggunakan berbagai macam sumber informasi yang ada sekarang ini. Khususnya dari internet.

Dan perlu kalian ketahui, tidak semua pekerjaan itu bisa dilakukan secara remote. Sebagian besar pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote merupakan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan IT. Atau paling tidak harus memanfaatkan perangkat IT. Seperti halnya programming, desain, edit video, dan semacamnya.

Jika kalian mau tahu apa saja skill yang bisa digunakan untuk bekerja remote, silakan buka website penyedia jasa freelance seperti upwork, freelancer, dan semacamnya.

Portofolio

Portofolio sendiri merupakan salah satu hal yang wajib ada sebelum kalian memutuskan untuk bekerja secara remote. Baik itu ikut perusahaan seperti saya atau bekerja secara freelance.

Untuk kasus saya pribadi, karena saya bekerja di sebuah perusahaan, maka portofolio saya tidak lain dan tidak bukan adalah apa saja yang sudah saya kerjakan selama bertahun-tahun di kantor tempat saya bekerja.

Sebelum bekerja remote seperti sekarang, saya sempat ngantor terus tiap hari mulai dari 2014-2017. Baru mulai 2018 saya mulai part time ngantor. Dan kemudian di tahun 2019 ini saya pindah domisili dan akhirnya fulltime remote.

Jadi, buat kalian yang ingin bekerja secara remote, pastikan kalian mempunyai portofolio yang mumpuni. Sehingga orang bisa yakin kalau kalian mampu bekerja kapanpun dan di manapun. Tanpa harus masuk kantor. Karena untuk beberapa bidang pekerjaan seperti IT, yang lebih penting dari masuk kantor adalah selesainya pekerjaan.

Baca Juga  Suka Duka Bekerja Secara Remote

Maka dari itu, pastikan kalian mempunyai rekam jejak yang membuktikan kalau kalian bisa bertanggung jawab atas pekerjaan kalian. Dan itu butuh waktu. Jadi, jangan berharap kalian akan mendapatkan pekerjaan secara remote ketika baru awal terjun ke dunia kerja.

Koneksi Internet

Koneksi internet ini hukumnya wajib. Tidak bisa ditawar. Karena koneksi internet adalah salah satu hal yang bisa membuat kita tetap “terhubung” meski tidak satu lokasi. Tanpa koneksi internet yang mumpuni, kita akan kesulitan untuk berkomunikasi. Dan ketika kita sulit untuk berkomunikasi, maka koordinasi masalah job desk dan target harian akan lebih sulit untuk dicapai.

Maka dari itu, sebelum kalian memutuskan untuk bekerja secara remote, pastikan di sekitar tempat tinggal kalian ada koneksi internet yang memadai. Syukur-syukur kalau lingkungan rumah kalian sudah terjangkau jaringan internet kabel. Sehingga tidak perlu keluar biaya untuk terus-terusan internetan di kafe.

Komitmen dan Tanggung Jawab

Ini merupakan salah satu yang paling susah di antara yang lainnya. Karena ada banyak sekali hal yang perlu dikompromikan ketika kita bekerja secara remote. Lebih-lebih kalau sudah berkeluarga. Tentu waktu kita akan banyak tersita untuk kebersamaan bersama keluarga.

Maka dari itu, dibutuhkan komitmen yang tinggi agar semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Untuk itu, pastikan kalian mempunyai target harian. Karena bekerja secara remote tanpa target hanya akan membuat kita berlama-lama di depan laptop tanpa menghasilkan apa-apa. Kecuali waktu yang terbuang percuma.

Untuk meningkatkan komitmen dan tanggung jawab ini, pastikan kalian menggunakan aplikasi-aplikasi penunjang pekerjaan secara remote. Seperti halnya Asana, Trello, Slack, dan semacamnya. Karena dengan menggunakan aplikasi-aplikasi semacam itu, maka kalian akan terbiasa untuk menentukan target. Baik itu target harian maupun bulanan. Dengan begitu, kalian akan mempunyai kompas yang jelas. Sehingga tidak banyak menghabiskan waktu untuk browsing atau streaming ketika sudah di depan laptop.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum bekerja secara remote dari rumah. Semoga ulasan singkat ini bisa membantu kalian yang berniat untuk bekerja dari rumah.

About author
Man behind @kamuitubeda. Full-time husband and father. Part-time blogger and web developer. For business inquiries, please view my contact page. Thank you.
Articles

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: